2 Jenis Pemain Musik, Musisi Spesialis Dan Generalis

Mau Jadi Pemusik / Musisi Spesialis Atau Generalis ?



Dalam dunia musik, ada 2 kelompok besar jenis pemain musik yang memiliki karakter dan visi yang agak berbeda terutama dalam hal kemampuan penerapan teknik maupun musikal nya, berikut ini penjelasan singkat tipe atau jenis pemain musik / musisi.

Pemain Musik / Musisi Spesialis


Adalah orang yang mempelajari musik tertentu (genre tertentu) secara khusus dan berusaha untuk mencapai tingkatan 'master' dalam proses belajarnya, pemain musik tipe ini memang tergolong mahir tapi kurang fleksibel karena penguasaan musiknya tidak global tapi parsial (cuma genre tertentu). Secara teknik, musisi jenis ini lebih teknikal, rapi dan mendalam.

Pemain Musik / Musisi Generalis


Adalah orang yang mempelajari musik secara global atau bahasa sederhananya mempelajari hampir semua genre musik, tidak terpaku pada genre tertentu, bahkan cenderung bisa memainkan lebih dari satu instrumen musik, pemain musik tipe ini lebih fleksibel, inovatif dan kreatif, cocok menjadi musisi yang musikal, arranger musik dan mentor (guru) musik, pemain tipe ini juga lebih toleran dalam menyerap dan meng-aplikasikan banyak genre. Secara teknik, musisi tipe ini tidak semendalam musisi spesialis tapi secara musikal lebih mendalam.

Pemain gitar, piano keyboard, bass, drum, vokal, apakah harus spesialis atau generalis ? 


Semua adalah pilihan dan kecenderungan, kedua pilihan tipikal pemain musik / musisi yang dijelaskan diatas adalah opsi bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia musik secara profesional, kalau ditanya lebih banyak mana musisi spesialis dan generalis ? tentu lebih banyak spesialis karena fokus belajarnya yang hanya satu maka konsentrasi belajarpun bisa total, sehingga tidak terlalu memaksa kita untuk mempelajari hal-hal diluar yang kita fokuskan. Pilihan ini cocok untuk calon musisi yang punya minat besar pada style musik tertentu.

Jika anda adalah seorang yang eksploratif, suka dengan improvisasi, suka dengan hal-hal yang tidak terlalu umum alias unik, suka dengan yang kombinatif serta multi-stylish (bisa beragam aliran genre musik), maka anda cocok masuk ke karakter musisi / pemain musik generalis


musisi, pemusik, musikus, pemain musik, spesialis, generalis, jenis, tipe, macam


** KESIMPULAN : kedua jenis atau tipe pemain musik / musisi yang disebut diatas sama-sama bagus dan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun kalau ditanya jika perspektifnya dilihat dari sudut pandang alami atau naturalnya bermain musik maka yang paling mendekati hakikat idealnya musik adalah poin nomer 2 yakni Pemain Musik Generalis, karena musisi tipikal ini punya kelebihan memiliki skill kombinatif, mampu memainkan banyak genre musik sehingga lebih mudah bekerjasama, menghibur, mendidik dan melakukan berbagai inovasi musikal. 

Dan tipe musisi generalis tergolong langka, jarang, barangkali karena faktor cakupan belajarnya yang banyak serta harus membekali diri dengan wawasan musik yang sangat luas sehingga banyak yang lebih memilih spesialis.

Dan Reyal Musik menawarkan pembelajaran musik metode generalis dan spesialis yang di-combine sehingga bisa memunculkan skill yang imbang dalam teknikal maupun musikal, suatu pendekatan belajar yang sedikit lebih memberi porsi yang lebih musikal lalu dihiasi dengan skill teknikal yang proporsional.

Suatu metode yang sangat efektif dan unik karena sanggup mencetak calon musisi-musisi yang lebih fleksibel, progresif, unik, musikal dan multi stylish. Jika berminat silahkan datang ke studio Reyal Musik, info lengkap chat WA 081280951862.





(Words & Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)




rahasia ilmu musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama