Lebih Penting Mana Dulu Sih Belajar Musik Atau Langsung Bikin Rekaman Lagu Sendiri Aja Dengan Skill Pas-Pasan ?



PERTANYAAN: kemarin seorang murid bertanya kepada saya, mas lebih penting mana dulu sih belajar musik atau langsung bikin rekaman lagu sendiri aja dengan skill pas2an??? ....

JAWAB: didalam dunia musik, ada perkara yang kurang baik yakni "kepala didalam batu", maksudnya? ada pemusik yg sibuk bermimpi menjadi selebritis namun malas belajar atau meningkatkan mutu diri, akibatnya? hari-harinya cuma diisi dengan buaian mimpi berharap menjadi 'sesuatu', seandainya ia mau belajar setidaknya sembari menunggu keajaiban menjadi "selebritis/orang terkenal" ia masih bisa ikut event2 musik lainnya seperti show band di cafe2, ikut festival, mengajar, menjadi session player/additional player, mengaransemen, dan banyak lagi sehingga waktu2nya yg banyak kosong itu masih bisa produktif setidaknya untuk kebaikan dirinya sendiri,,, jika hanya menunggu keajaiban di tengah industri musik yg amat lesuh ini maka itu sama saja dengan "bunuh" umur alias buang2 waktu, belajarlah..belajarlah..belajarlah, dengan belajar kita tak akan pernah rugi,,, dan perlu juga diingat belajar itu memang tidak harus selalu ikut les/kursus, belajar otodidakpun tidak apa2 selama ia tahu metode belajarnya, yang penting terus belajar! sebab menjadi pintar itu memungkinkan kita untuk bertemu dengan banyak keajaiban :) .... keep learning !



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

 
*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...