Tips Tutorial Cara Membuat Lagu / Musik Yang Baik

cara membuat lagu dan musik yang baik, bagus dan berkualitas


TIPS CARA MEMBUAT LAGU / MUSIK YANG BAIK, BENAR, INDAH, CERDAS DAN BERKUALITAS


1. Siapkan Lirik / Syair Lagu Yang Bagus

Siapkan tema lirik yang bagus dan faktual, penyampaian lirik yang baik serta berhubungan dengan kejadian kekinian bisa mempengaruhi pendengar. Lirik yang mengandung suasana yang positif akan mendidik para pendengar. Lirik memiliki jangkauan pengaruh yang luas kepada pendengar karena adanya unsur pesan didalamnya. Oleh karenanya usahakan lirik dibuat sebaik mungkin dan hindari lirik-lirik yang tidak mendidik.

2. Cari Referensi Musik Yang Bagus

Cari referensi (acuan) musik yang kompeten, contoh kalau kita mau bikin lagu britpop / alternativepop, ya dengerin band-band tenar di genre tersebut, cara mereka mengaransemen serta pemilihan nada-nadanya diperhatikan, gak mungkin kan kalau kita mau nge-poprock ala Goo Goo Dolls tapi yang didenger BB king, jadi cari inspirasi / referensi yang nyambung.. untuk melodi lagu perhatikan "nada-nada racun" yang terdapat di lagu-lagu yang booming supaya kita bisa belajar bagaimana cara membuatnya.

3. Susun Progresi Chord / Kunci Lagu Yang Menarik

Siapkan progresi chord yang bagus serta menarik, untuk itu diperlukan pemain instrumen yg bagus juga, jadi ada penyesuaian antara tema lirik dengan aransemen musiknya, jadi gak matching kan temanya tentang kesedihan lalu diiringi dengan aransemen yang girang.. untuk memulai bisa dipilih antara chord atau kunci mayor dan minor, intinya chord mayor itu lebih menggambarkan suasana normal, biasa, ceria, dan bisa juga sedih, sedangkan minor itu lebih kepada suasana galau, murung, khidmat, renungan, moody dan bisa juga girang..jadi tentukan lagunya mau dibawa kemana.

4. Bentuk Karakter Lagu Yang Khas

Usahakan jika kita membuat lagu yang banyak, tiap lagunya memiliki karakter yang berbeda-beda, tujuannya supaya pendengar gak bosen denger dan juga biar karya kita tidak monoton, caranya gimana? akalin di aransemen musik terutama mencari format ritem (irama) yang bervariasi, karena sugesti yang bisa memancing para pendengar musik adalah dari iramanya baru setelah itu mereka menyimak melodi lagunya bersamaan dengan lirik.. walaupun sejujurnya untuk dapat memainkan irama yang bervariatif itu memang susah karena dibutuhkan player yang berwawasan musik luas.

5. Bentuk Grup Band Yang Kompak  

Agar lagu / musik yang dibuat bisa diwujudkan dalam bentuk karya yang pantas maka bentuklah band yang kompak dan punya skill minimal lumayan, jangan cari personil yang kurang skillnya sebab biasanya di kemudian hari akan menjadi masalah, jika kita sudah cocok dengan partner kita namun masih ada kendala skill, sarankan dia untuk ikut les musik, karena dengan pengalaman les musik akan membuka banyak tabir (rahasia) serta trik-trik bermusik yang akan sulit kita dapati jika hanya belajar otodidak.. player tidak perlu terlalu hebat yang penting bisa bermain dengan baik.. selain skill perhatikan juga sifat masing-masing personil, karena terkadang karakter ego berlebihan bisa memunculkan banyak problem, satukan chemistry, tujuan/misi serta komitmen.

6. Usahakan Membuat Karya Lagu/Musik Yang Mumpuni

Buatlah karya yang mumpuni yakni dengan tiga syarat, pertama: lagu yang baik, kedua: berkualitas (tidak ngasal) dan komersil (punya nilai jual), jika kita bisa memenuhi syarat-syarat ini maka karya kita akan terhormat,, perlu diingat banyak juga lagu-lagu yang komersil namun kurang memiliki kualitas musikal yang baik walaupun laku secara bisnis .. untuk menghindari situasi itu diperlukan minimal tiga syarat diatas.. cari kesimbangan antara unsur komersil dan unsur musikal karena musik itu punya minimal dua tujuan pokok yakni menghibur dan mendidik, jika kita tidak mampu memenuhi unsur-unsur bermusik ini maka karya kita belum masuk dalam timbangan seni yang baik, masih sebatas penghibur atau penyemarak / penggembira...


Selamat berkarya...




(Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik)



rahasia ilmu musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

2 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama