Psikologi Musik: Kondisi Waktu Itu Mempengaruhi Mood / Ide / Inspirasi Musik

Apakah kondisi waktu itu berpengaruh pada karakter kejiwaan seorang pemusik ketika akan membuat lagu/musik?

1) ya, di pagi hari; karyanya cenderung segar / happy, tema objektif dan adanya keseimbangan penggunaan chord-chord major dan minor, cocok untuk membuat trend & mengatasi keluhan kekalahan / kekecewaan / kejenuhan.

2) ya, di siang hari; karyanya cenderung hot, tema protes / berontak dan masuknya pengaruh chord-chord dominant7 diantara major dan minor, cocok untuk nuansa cadas dan pembakaran semangat asal jangan chaos sebab musisi yang baik hati itu tidak didapati didalam kekerasan, sinisme dan cabulisme / pornoistik.

3) ya, di sore hari; karyanya cenderung sensitif, tema bisa romantis bisa glum (suram), unsur minor oriented sedikit lebih banyak, cocok untuk mengeluarkan uneg-uneg hati yang remuk maupun yang berbunga-bunga, this could be bad or lovely time for lovers.

4) ya, di malam hari; karyanya cenderung smooth, tema agak subjektif bisa seputar kehidupan / percintaan / renungan, dan lain-lain... selain major, minor dan dominant7, unsur chord-chord diminished, augmented dan slash chord manis untuk diterapkan… cocok untuk orang yang sedang dikeroyok oleh macam-macam perasaan, waktu yang maksimal untuk merenung dengan banyak variasi-variasi hati dan pikiran. 

Selamat menyesuaikan…



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...