Pentingnya Wawasan Musik

Wawasan Musik


Wawasan musik adalah penentu kualitas bermain musik seseroang - faktor yang paling mengganggu dan melemahkan musikalitas seorang pemusik adalah faktor minimnya wawasan musik.

Wawasan musik sering disepelekan padahal ia adalah penentu ide dan kreatifitas serta imajinasi, seringkali kita perhatikan seorang pemusik hanya mendengarkan musik yang ia sukai dan menutup diri terhadap lainnya, ini justru yang membuat ia menjadi seperti 'katak didalam kotak', tidak berkembang serta mudah kehabisan ide sehingga mutu diri menjadi 'mandek' alias cuma berputar-putar di putarannya sendiri,

Wawasan musik lah yang membuat seseorang mampu menghasilkan karya yang lebih fresh, asik, unik, cerdas, enak bahkan bisa 'booming', menjadi pionir / inovator (bukan pengekor), menjadi penentu keberhasilan seseorang ketika mengikuti les / kursus / sekolah musik,

Menjadi 'pembeda' diantara sesama pemusik, menjadi fleksibel / luwes / mampu bersinergi dengan apapun dan siapapun, menjadi penyerap dan pembaur, menjadi seniman musik sejati dan lain-lain...
 




Menghapal Banyak Lagu / Musik Membentuk Feel (Rasa) Dan Soul (Penjiwaan) Musik Yang Baik


Wawasan musik inilah yang meningkatkan kualitas merasa (feel) dan menjiwai (soul) dalam permainan musik, semakin kenal banyak lagu, banyak musik dari berbagai macam aliran, warna, karakter, genre dan style maka itu akan memungkinkan kita menjadi sosok yang komplit, kombinatif dan bahkan siap berinovasi, sanggup mengerti sisi idealisme maupun komersialisme musik secara baik dan imbang.

Wawasan musik yang baik akan mampu menghasilkan karya-karya musik yang bukan hanya bagus tapi fresh sekaligus unik bahkan mendidik, inilah sekilas tentang betapa luar biasanya seorang pemusik / musisi yang memiliki wawasan musik yang luas.



cara cepat bisa bermain musik


Fakta lapangan menemukan bahwa mayoritas pemusik itu bermasalah dengan wawasan musik alias minim wawasan musik. inilah yang menjadi sumber 'malapetaka' ide musikalitas, artinya banyak yang tidak mampu menghasilkan ide sendiri, rata-rata hanya mem'follow' apa-apa yang sudah ada alias hanya tampil sebagai ekor bukan kepala, amat disayangkan...


Manfaat Besar Dari Wawasan Musik Yang Luas 


1. Meningkatkan kepekaan rasa dan naluri bermain musik

Wawasan musik adalah tahapan pertama atau modal paling utamanya seorang pemusik, dengan banyak mendengar maka kualitas telinga, hati, tangan dan kaki kita akan ikut terpoles, teruji dan terakreditasi dalam timbangan seni musik yang baik, benar, bermanfaat dan cerdas.
 

2. Penentu musikalitas atau kualitas bermain musik seseorang

Intinya wawasan musik adalah faktor utama penentu musikalitas seseorang, wawasan musik bukan hanya menghapal banyak lagu/musik dari berbagai style atau genre, namun juga menyerap apa yang didengar, menganalisa serta melakukan banyak experiment untuk menyegarkan ide-ide musikal.

3. Bisa cepat menguasai alat musik yang dipelajari

Saking hebatnya pengaruh wawasan musik, seseorang yang memiliki wawasan musik luas lalu ia menekuni atau mempelajari musik atau alat musik, maka ia akan bisa secara kilat menguasainya sekalipun ia belajar berangkat dari nol alias belum bisa sama sekali.

Kok bisa? karena walaupun ia belum terlatih secara teknis namun telinganya sudah terasah secara musikal, ibaratnya ia seperti tampungan air yang tinggal dibuka keran airnya maka air akan mengalir dengan cepat dan lancar.

Sebaliknya bagi yang wawasan musiknya sempit, sekalipun ia sudah punya dasar bermain yang teknis namun cenderung lebih sulit mengajarinya secara musikal karena ia tidak memiliki bekal yang alami (natural) yakni kuping yang terasah yang bermuara pada feel (rasa) serta soul (penjiwaan) yang mumpuni.

Kesimpulannya, perbanyaklah wawasan musik, maka skill musikalitas kita akan ter-upgrade secara otomatis.



( Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik )


rahasia ilmu musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama