Tips Mencari Guru Musik Atau Instruktur Musik Yang Tepat

Tips Mencari Guru Musik / Instruktur Musik Yang Tepat


Mau belajar alat musik ? sedang mencari guru musik atau instruktur alat musik gitar, piano keyboard, bass, drum atau instrument lainnya ? ... berikut ini adalah tips-tips mencari guru musik yang tepat agar proses belajar kalian menjadi lebih efektif, efisien dan maksimal.
 

Tanya Materi Ajarannya

Tanya materi yang diajarkan apa (rencana dan target ajarannya seperti apa). Guru yang baik dan berkualitas wajib memiliki metode belajar dan kurikulum belajar yang bagus serta target yang bisa diraih.

Lihat Kemampuan Skill Dan Testimoni

Lihat kemampuan skillnya lewat karya yang dibuatnya sendiri maupun permainan yang dimainkannya. Di jaman yang serba social media seperti saat ini sangat mudah menemukan info, profil, testimoni maupun video bukti skill, simak skillnya sebelum memutuskan untuk berguru. Cek juga testimoni dari murid-murid yang pernah belajar kepadanya sebagai bukti kesuksesan mengajar dan pengalamannya.

Punya Kemampuan Multi Dan Gaya Komunikasi Yang Baik

Tanya apakah ia memiliki kemampuan general (multi) atau parsial / sektoral. Guru yang bagus itu adalah yang memiliki kemampuan multi (memahami banyak musik dan bisa memainkan lebih dari satu instrumen musik serta punya gaya komunikasi yang lancar / mudah dicerna penyampaiannya).

Utamakan Skill, Bukan Lulusan Mana

Jangan tanya ia lulusan mana. ini pertanyaan yang terlalu naif/lugu, tidak ada jaminan mutlak bahwa seorang guru sekalipun ngaku lulusan luar negeri maupun 'luar bumi' mampu mengajar dengan baik. Begitupun sebaliknya, guru yang tidak melalui jenjang formal akademik bisa saja lebih baik secara skill mengajar.

Menjadi guru atau kemampuan mengajar itu adalah bakat alamiah karena untuk menjadi guru yang baik harus memenuhi banyak syarat, diantaranya; punya bawaan bakat mengajar, punya skill, komunikasi yang baik, ide yang cemerlang, metode penyampaian ilmu yang sifatnya memudahkan, inovatif, berwawasan luas, dan lain-lain.. 

Fakta juga membuktikan musisi-musisi yang luar biasa secara skill bermain musik belum tentu bisa secara otomatis mampu mengajar musik dengan baik, jadi musisi hebat atau pemain musik hebat belum tentu secara otomatis menjadi guru musik yang hebat pula, karena antara bakat skill musik dan skill mengajar itu adalah dua hal yang berbeda atau dua bakat yang berbeda. Walaupun secara ideal seorang guru musik yang baik itu adalah juga seharusnya musisi yang bagus juga skillnya. Usahakan cari yang seperti ini, musisi sekaligus guru yang skillful.




Bagaimana Cara Menemukan Guru Musik Yang Baik, Bagus Dan Tepat? 


Lihat skillnya, karyanya, cara ia berkomunikasi, sifatnya, daya pengaruhnya, kemampuan multinya, targetnya, metodenya, dan lain-lain, inilah guru yang ideal, yang dilihat kemampuan asli yang dimilikinya.

REYAL MUSIK membuka program belajar musik dengan menggunakan metode belajar musik tersendiri dan paling efektif, membuang pelajaran-pelajaran yang tidak penting, langsung ke pokok inti ilmu, mengajarkan kepada murid untuk tidak fanatik genre berlebihan dan justru diarahkan untuk bisa memainkan banyak genre (multi styles / multi genres) sehingga potensi dari setiap murid bisa dimaksimalkan serta kelak diharapkan mampu bermain musik secara inovatif.

Metode belajar menggunakan pendekatan musikal / feel / soul bukan semata teknik. Memahami karakter murid supaya bisa memaksimalkan materi yang diajarkan. Target hasil belajar yang cepat dan efektif (target tercepat 6 bulan, di tempat lain mungkin bisa tahunan), dan lain-lain.

PERTANYAAN: Lalu bagaimana caranya agar kita tahu bahwa kita belajar di guru musik yang tepat ?

JAWAB: Mudah saja, cari tahu skill guru tersebut lewat video-video permainannya, jika ada guru yang tidak memiliki bukti video permainannya maka itu meragukan, cari tahu karya-karya musikalnya (dari karya yang dihasilkannya kita bisa mengetahui skill yang lebih spesifik).

Cari tahu tulisan-tulisan / artikel-artikel yang dibuatnya mengenai ilmu-ilmu musik (jika lewat artikel itu dia bisa menjabarkan banyak hal serta merupakan hasil tulisan original sendiri maka dia layak), tanyakan padanya sistematika belajar yang ditawarkan serta target belajar seperti apa.

Dan tak kalah pentingnya adalah cari tahu testimoni dari murid-murid yang pernah belajar kepadanya, karena testimoni ini adalah bukti pengakuan nyata dari orang-orang yang pernah berguru atau orang-orang yang pernah menyaksikan skillnya sehingga ini bisa dijadikan poin penting sebelum memutuskan untuk memilih berguru kepada yang bersangkutan.

# kami REYAL MUSIK menerapkan metode belajar yang sistemik, step by step, tiap murid ada penanganan tersendiri (* tidak dipukul rata karena kemampuan tiap orang berbeda-beda), multi styles (* mencetak murid yang fleksibel) serta multi skill (*mampu untuk berada di berbagai medan dan lahan musik), dan tak kalah menariknya adalah program belajar ditawarkan dengan biaya murah, terjangkau oleh semua... ajaran profesional dengan biaya membumi..langsung dibimbing oleh guru yang sangat berpengalaman yang sudah mengajar lebih dari 25 tahun

~> semoga mencerahkan.. :) 



(Words By Dani MKD @ReyalMusik) 


Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

3 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama