Cara Membuat Lagu Yang Bagus, Baik, Berkualitas, Indah Dan Enak Didengar

Cara Membuat Lagu Sendiri Yang Bagus, Enak, Indah Dan Berkualitas


Tips, teknik, trik, metode, rahasia membuat lagu yang enak nadanya dengan konsep tertentu.


Selamat membaca dan semoga bermanfaat untuk anda terutama untuk para pembuat lagu, penulis lagu, pengarang lagu, pembuat lirik lagu, songwriter, song composer, penggubah lagu, penyanyi, dan lain-lain.


cara membuat lagu, cara bikin lagu, tips membuat lagu, teknik membuat lagu, penulis lagu, pencipta lagu, pengarang lagu, lagu enak, lagu bagus



Cara membuat lagu, menulis lagu, mengarang lagu, mencipta lagu yang bagus



Ada yang tanya,"om, kasih tahu dong gimana caranya bikin lagu dengan nada-nada yang gak monoton tapi gak sulit juga serta enak didenger dan gak ngebosenin gitu trus karakternya juga kuat, kasih tahu ya om, please?"...

JAWAB: trik sederhana untuk membuat nada-nada lagu yang enak adalah lewat referensi lagu, yakni jika kita menyukai lagu-lagu yang populer, maka simak pergerakan-pergerakan nadanya, simak penggunaan jarak-jarak nadanya, simak progresi akordnya.

Simak sentuhan-sentuhan nadanya, simak irama nadanya, dan lain-lain, setelah itu baru susun nada-nadanya sebaik mungkin sesuaikan dengan lirik.

Karena nada lagu yang bagus akan lebih terangkat kualitasnya jika dibarengi lirik / syair lagu yang baik dan bermutu, bahkan terkadang lirik bisa menutupi kualitas nada lagu yang kurang baik.

Umumnya pembuatan nada-nada lagu berputar di scale (tangga nada) mayor dan minor, karena jumlah lagu itu jika dikalkulasi mencapai miliaran lagu di seluruh dunia, dan banyak berputar di 7 nada major ataupun minor (* ada juga yang bermain di 12 nada kromatik, tapi pendekatan ini banyak diterapkan di musik-musik yang sedikit rumit) maka logisnya kemungkinan adanya kemiripan nada pasti terjadi.

Apalagi pola pengambilan cara membuat melodi lagu itu menggunakan pola-pola yang terlalu umum, maka kemiripan itu sangat mungkin terjadi, sehingga kita cenderung memiliki karya yang 'tak berciri khusus' atau 'tak kuat karakternya' bahkan cenderung mendekati 'plagiatisme'.
    


Tutorial Cara / Tips Membuat Lagu Ciptaan Sendiri Yang Bagus, Enak, Baik Dan Berkualitas

  • Bagaimana cara membuat lagu agar nada-nada lagu yang kita buat itu terdengar berbeda tapi tetap enak, baik dan bagus didengar ?
  • Bagaimana cara membuat melodi lagu yang bagus dan memiliki sugesti yang kuat ?


Banyak musisi / penyanyi / songwriter yg membuat lagu hanya mengambil nada berlandaskan pada basic chord seperti C,Am,F,G. Mereka cuma mengambil chord-tones mayor / minor, padahal ada banyak trik untuk memperindah nada dengan chord-chord sederhana, simak berikut ini;
 

1. Membuat nada lagu dengan formula suspended chord (kunci sus)

Coba bikin nada lagu di chord C, chord-tones C : C (do), E (mi), G (sol).. nah jangan ambil chord-tones ini tapi ambil nada suspended C yakni D (re) atau F (fa) sebentar saja lalu balik ke chord-tones nya.

Ingat! chord pengiringnya tetap C gak perlu dirubah jadi sus2 atau sus4, jadi nada suspendednya dinyanyikan oleh vocal, sedangkan instrumen tetap di chord dasar.

Ini trik bagus untuk memberi kesan sedikit 'float' dan bikin penasaran...
 

2. Gunakan nada poros dengan pedal note

Coba bikin satu nada poros atau biasa disebut pedal note, misal mainkan nada E (mi) di semua pergerakan chord mulai dari Am, Am/G, Am/F, E.

Jadi ketika pindah chord kamu tetap menyanyikan nada E (mi) ini.

Trik ini akan memberikan kesan 'journey' dan classy.
 

3. Merangkai nada lagu dari scale sequencing 

Coba bikin scale sequencing (rangkaian nada berpola yang diambil dari tangga nada), dengan cara notes skipping (lompatan nada-nada)

Contoh: nada awal C (do), D (re), E (mi) lalu lompat langsung ke C' (do, 1 oktaf lebih tinggi), B (si), A (la), G (sol).

Trik ini akan menaikkan tensi lagu.
 

4. Nada dan chord statis untuk lirik lagu yang panjang

Terkadang ada nada lagu yang lebih enak jika statis (tidak pindah), misalkan nada lagunya C (do) dibunyikan untuk banyak lirik dengan chord yang statis juga.

Trik ini bagus untuk lirik-lirik yang panjang.
 

5. Nada lagu berkelas dengan menerapkan nada blues (blue notes)

Mau tahu salah satu nada paling unik dan classy (berkelas) untuk lagu genre apapun ? rahasianya mudah saja, cukup masukkan nada blue note (nada blues). Caranya ?

Contoh : jika anda memainkan progresi chord (DO=C) = C - Am - F - G maka rubah chord terakhir menjadi kunci dominant7, progresinya menjadi seperti ini C - Am - F - G7, kunci G mayor ubah menjadi G7.

Nah saat anda memainkan kunci terakhir G7 ini coba anda sisipkan nada blues disitu (blue note), nada blues yang diambil bukan nada blues dari G tapi nada blues dari C yaitu nada D#.

Rasakan sensasi nada D# ini saat anda bermain di kunci G7, unik dan cerdas sekali bunyinya kan ?
 

6. Progresi chord penentu enak tidaknya nada lagu

Nada-nada lagu yang baik pastinya tergantung juga dengan penggunaan progresi chord nya, chord bisa menghadirkan berbagai mood dan suasana yang mendukung tema lirik maupun nada lagunya.

Untuk itu kita wajib mengetahui sugesti (kesan) chord-chord yang kita mainkan, ingin tahu detil tentang sugesti chord? kunjungi artikel Cara Mencari Chord Kunci Lagu Dan Belajar Lengkap Chord / Kunci Gitar, Piano & Bass

dan lain-lain...


Semoga tips membuat lagu ini bisa bermanfaat untuk ; 

  • penulis lagu
  • pengarang lagu
  • pencipta lagu
  • pembuat lagu

Tutorial membuat lagu ini meliputi ; 

  • cara membuat lagu
  • cara menulis lagu
  • cara mengarang lagu
  • cara membuat nada lagu
  • cara mencipta lagu
  • tutorial membuat lagu
  • tips membuat lagu
  • tips menulis lagu
  • cara buat lagu, bikin lagu
  • tips tutorial bikin lagu
  • cara membuat lagu karya sendiri
  • cara membuat lagu sederhana
  • cara membuat lagu buatan sendiri
  • cara sederhana membuat lagu yang istimewa
  • cara membuat lagu yang puitis dan indah

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah perbendaharaan wawasan musik khususnya tentang cara membuat lagu, dan bagi anda yang khusus menekuni profesi kreatif ini.


*trik-trik ini cukup mudah untuk dipraktekkan, juga mampu menaikkan kualitas dari lagu yang dibuat, jadi gak kedengaran 'picisan' atau pasaran...

trik-trik ini juga berlaku dan bisa dipraktekkan di instrument gitar, bass, keyboard, biola, dan lain-lain.

Jika anda ingin benar-benar mendalami cara membuat lagu dengan berbagai metode, tips dan triknya silahkan ikuti program les yang diadakan oleh Reyal Musik yakni Les / Kursus Kilat Music Arranging, Songwriting & Music Production (Aransemen Musik, Bikin Lagu & Produksi Musik)

Les kilat intensif akan membahas segalanya mulai dari instrumentasi (alat musik), teknik aransemen, cara membuat lagu, cara membuat lirik lagu hingga produksi musik (cara merekam lagu / musik).

Sangat komprehensif dan program ini siap mencetak anda menjadi handal sebagai arranger musik (penata musik), songwriter (penulis lagu), instrument player (pemain alat musik), music producer.



DAN SEKALI LAGI, NADA LAGU YANG BAIK TENTUNYA AKAN JAUH LEBIH BAIK LAGI JIKA MEMILIKI LIRIK SYAIR LAGU YANG BAIK PULA, BACA ARTIKEL CARA MEMBUAT LIRIK SYAIR LAGU YANG BAIK DAN JUGA SEBAGAI PENOPANG UTAMA KARYA UTUH YANG BAIK PASTINYA JUGA MEMILIKI IRINGAN / PROGRESI CHORD YANG BAGUS, BAGAIMANA CARA MENENTUKAN CHORD-CHORD YANG BAIK & BENAR? MAKA KITA HARUS PAHAM PROGRESI DASARNYA, SUGESTI CHORD, CHORD TONES, BRIDGE CHORD, DAN LAIN-LAIN.

* Ingin tahu contoh lagu yang mampu mengkombinasikan lirik yang baik dengan nada lagu dan aransemen musik yang berbobot (*lagu ini mendapat ribuan komentar positif dari musisi-musisi dan penyanyi-penyanyi seluruh dunia di situs musik terkemuka Reverbnation), penasaran dengan lagunya? tonton RANTAIAN LETIH by LING-LING ALFARI


Reyal Musik membuka program belajar / kursus / les musik, diantaranya ada 2 opsi pilihan yakni les reguler (umum) dan les kilat intensif (khusus).

Program belajar disini bersifat komprehensif (menyeluruh), artinya ketika anda belajar alat musik maka secara langsung maupun tidak langsung anda juga belajar menyerap nada-nada yang berkualitas berikut memahami pola ritmiknya.

Dan program les disini menyediakan materi khusus yang membahas tentang konsep-konsep dasar songwriting (cara menulis lagu) dan arranging (cara membuat aransemen musik), terutama untuk program les kilat intensif arranger dan songwriter.

Untuk perincian lengkapnya silahkan kunjungi blog REYAL MUSIK

Mungkin banyak yang penasaran sebenarnya siapa orang atau sosok di belakang layarnya REYAL MUSIK sekaligus Pendiri, Pengajar, Composer, Arranger, Songwriter, dan lain-lain… ya dialah DANI MKD.

Jika ingin tahu pendapat atau testimoni dari orang-orang yang pernah dibimbingnya langsung lewat les musik, yang pernah menggunakan jasa profesionalnya baik recording, arranging, directing, dan lain-lain.. serta pendapat-pendapat dari musisi-musisi atau penyanyi-penyanyi berbagai negara yang sudah menyimak smua karya-karya musiknya, nah silahkan klik TESTIMONY DANI MKD



Kami Menawarkan Jasa Pembuatan Lagu & Jasa Aransemen Musik / Lagu (berbagai genre, mulai dari pop, rock, blues, klasik, alternative, akustik, metal, jazz, funk, country, ballad, RnB, reggae, rock and roll, pop anak, pop daerah, religi islam, rap, electro, bossa, dan lain-lain).

MINAT ??? Silahkan Hubungi 0812 8095 1862 (WA/Telegram/Call)

Berikut ini adalah portofolio kami, video yang berisikan sekitar 100 potongan lagu produksi reyal musik dari berbagai klien dan berbagai aliran musik, selamat menyimak...




Kami juga membuka Jasa Pembuatan Jingle, Mars, Hymne, Soundtrack / Theme Song, Scoring dan lain-lain.

Kami sudah berpengalaman menggarap jingle, mars, hymne, themesong.

Bahkan beberapa jingle yang viral di youtube adalah hasil produksi Reyal Musik, klien-klien yang kami tangani mulai dari klien-klien umum hingga klien-klien besar.

Untuk info selengkapnya klik DISINI dan untuk mendengar sample produk dari klien-klien yang pernah kami tangani, tonton video berikut ini...






(Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik)




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

50 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama