Cara Mudah Cepat Belajar Gitar Akustik, Teknik Dasar Picking & Finger Style

Gitar akustik adalah gitar yang paling populer di kalangan masyarakat, alat musik ini juga adalah alat musik atau instrument terfavorit, mengapa demikian ? karena faktor mudah untuk dipelajari, praktis untuk dilatih, enak digunakan sebagai pengiring lagu serta harga yang terjangkau, hampir dipastikan setiap rumah yang ada di muka bumi ini biasanya didalamnya ada alat musik ini dengan kata lain semua orang suka dan memilikinya.. ya seperti disebut diatas bahwa alat musik ini memang mudah untuk dipelajari dan praktis bisa dimainkan dan dilatih dimana saja, tidak membutuhkan tempat khusus atau persiapan khusus, bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siapa saja, tapi perlu dicatat bahwa kalau hanya sekedar mempelajari dasar-dasarnya memang mudah, yang sulit itu ketika kita mau mendalaminya, sebab permainan gitar yang enak dan bagus itu hanya bisa dimainkan oleh orang yang sungguh-sungguh mendalaminya, bukan cuma sekedar bisa ala kadarnya... 

cara memainkan gitar akustik umumnya menggunakan tiga cara untuk teknik tangan kanan (*tangan kanan ini fungsinya untuk membunyikan, jadi harap dilatih secara baik sebab kualitas permainan gitar sangat tergantung pada kemampuan / ketangkasan tangan kanan maupun kiri); 

1. Menggunakan jari (fingerstyle)
2. Menggunakan pick gitar (picking style)
3. Kombinasi keduanya atau biasa disebut teknik hybrid 

Untuk tangan kiri atau biasa disebut tangan fretting (*karena tugasnya adalah menekan nada-nada yang ada di fretboard) latihan dasarnya meliputi latihan kekuatan tekan (strenght), jangkauan (stretch) serta independent (latihan khusus jari agar masing-masing bisa mandiri, tidak tumpang tindih di fretboard).

Kedua teknik dasar diatas baik untuk tangan kanan maupun kiri harus benar-benar terlatih agar kita mampu menyajikan permainan gitar akustik yang baik, benar, indah dan keren.












CARA MEMEGANG DAN MENGGUNAKAN PICK GITAR YANG BENAR & TEPAT





(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik) 


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...