Betapa Pentingnya Feel Dan Soul Dalam Musik

Hubungan Hati Dengan Kemampuan Feel / Soul / Touching Musikal 

- Hati yang keras akan sulit menyelami nada-nada yang lembut, hati yang terlalu lembut juga sulit memberi aksen pada nada hentakan, hati yang terbiasa senang / gembira / bergelimang kemudahan akan sulit membuat nada-nada yang menyentuh, hati yang terbiasa suram juga akan kesulitan membuat nada-nada yang ceria, ini persoalan klasik dalam dunia musik. bisa imbang jika rajin belajar, menyelami berbagai proses dan berwawasan.

- Dinamika dan perjuangan hidup seseorang bisa mempengaruhi kemampuan bermusik yang bersangkutan, orang yang terbiasa berjuang lebih inovatif cara bermusiknya.

- Nada-nada 'liar' penanda kecerdasan, siapa yang bisa mengolahnya berarti dia cerdas dalam banyak hal. siapa yang sanggup mengolah kromatik yang rata itu maka dia pasti cerdas !!!

- Teori musik dan teknis bermusik mendukung kualitas feel / soul tapi tidak mutlak dan bukan jaminan, feel / soul yang berujung pada touching yang baik berangkat dari kemampuan menyerap, menangkap, menganalisa sesuatu yang ada diluar dirinya, intinya kepekaan rasa dan interpretasi (daya tafsir) adalah kunci semua ini, apakah feel / soul bisa diajari ? tidak, berbeda dengan teori dan teknis bermusik yang memang diproyeksikan untuk dipelajari, feel / soul tidak bisa diajarkan tapi bisa dibimbing, feel / soul adalah hasil pengalaman diri sendiri. hati yang bagus adalah hati yang berpengalaman dalam merasa (feel) dan menjiwai (soul).


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...