Bermain Musik Dengan Harmoni Instrument, Tips Gitar, Piano Keyboard, Bass, Drum

Cara Bermain Harmoni Instrument Antara Gitar, Piano Keyboard, Bass, Drum





Setiap kali seorang gitaris, bassis dan keyboardis bermain bersama, cobalah untuk berperan berbeda. maksudnya? misalkan seorang gitaris bermain minor scale, maka sang bassis cukup memainkan chord-tones dari progresi latar chordnya serta memberikan motif ritem, 

Dan si keyboardis / pianis memainkan mode dari scale yang sedang berjalan sambil secara bergantian bermain chording supaya ada keseimbangan vertical dan horizontal dalam permainan secara keseluruhan.

Cara atau teknik bermain seperti inilah yg menyebabkan terbungkusnya suatu permainan yang harmonik, wide (lebar), indah, vertical, horizontal, colorful (berwarna) dan tidak monoton pada beberapa instrument alat musik yang dimainkan.

CONTOH BERMAIN HARMONI INSTRUMENT MUSIK

  • Gitaris memainkan dan mengolah minor scale A (DO=C) : A,B,C,D,E,F,G
  • Bassis, misalkan progresi chord-chord yang berjalan seperti ini; Am, F, G, C, Em maka bassis cukup memainkan chord-tones nya sekaligus memberikan irama (rhythm), corak atau style.
  • Keyboardis / pianis, memainkan pola / mode dari minor scale, kebetulan minor scale A ini memiliki hubungan relatif atau masuk harmonisasi C (DO=C) serta juga merupakan mode ke 6 dari major scale C, maka tinggal mengambil / memilih mode dari major scale C, misalkan mengambil mode mixolydian G : G,A,B,C,D,E,F atau dorian D : D,E,F,G,A,B,C, mode-mode ini jangan hanya dimainkan horizontal (berbentuk melodi) tapi juga chording (vertical) serta diberikan corak ritem.
  • Drummer, ketika terdengar beberapa permainan yang condong melodius maka drummer cukup bermain normal, jika ada part-part yang cenderung bermain chording (vertical) dan butuh hentakan maka sang drummer sebaiknya memainkan beberapa variasi fill in, dan seterusnya..drummer juga berperan sebagai penentu corak ritem.

Ketika semua diatas disinergikan, maka akan melahirkan permainan yang tidak tumpang tindih, saling mengisi, tidak terjadi tabrakan sound, dan tentunya harmonis didengar serta kaya nada / irama…
 


Video dibawah ini salah satu contoh melatih cara bermain harmoni instrument....








(Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik)




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama