Latihan Gitar Dan Bass Reflek Transisi Jari (Perpindahan Jari)

BELAJAR MELATIH “REFLEK TRANSISI” JARI PADA GITAR ATAU BASS ?


Yakni posisi kesiapan jari-jari tangan kita di fretboard (fretting hand) ketika terjadi perpindahan dari satu nada / chord ke nada / chord berikutnya. 

Contoh sederhana: misalkan kita main chord C lalu chord berikutnya adalah G maka jari2 kita harus sudah siap diposisikan ke chord G, jangan sampai terdengar ada ‘delay’ (tertahan / tertunda walau cuma sepersekian detik) ketika ganti chord sebab akan terdengar janggal. 

Nah reflek transisi ini adalah penentu seseorang itu bisa dikatakan lancar atau tidaknya permainan instrumentnya, dan akan berakibat sangat fatal jika tidak lancar sebab akan merusak tempo dan birama. Latihan ini memang butuh kesabaran ekstra.

Dibawah ini beberapa contoh latihan yg sangat efektif untuk melancarkan reflek transisi..


*LATIHAN UNTUK GITAR

1--------0-------------1-----------
2------1-------10---1-------12--
3----0--------9----2-------12----
4-----------10------------12-----
5--3------0-------------10-------
6-----------------1----------------

Keterangan: latihan diatas adalah latihan petikan gitar untuk transisi chord dari C – Am – F – G, chord C diwakili angka tab; 3-0-1-0 lalu Am; 0-10-9-10 lalu F bar; 1-2-1-1 dan terakhir G bar; 10-12-12-12


*LATIHAN UNTUK BASS

1--------------------------------------
2-----2-5--------14----------9-12--
3---3-----12-15------0-3-10-------
4--------------------1-----------------

Keterangan: latihan diatas adalah latihan transisi chord seperti latihan gitar diatas yakni dari C – Am – F – G, chord C diwakili angka tab; 3-2-5 lalu Am; 12-15-14 lalu F; 1-0-3 dan terakhir G; 10-9-12


#--> Jarak perpindahan chord-chordnya memang jauh-jauh, sangat baik untuk melatih ketangkasan, latih ini secara rutin, jika lancar maka reflek tanganmu akan meningkat dan tentunya bisa meningkatkan kualitas permainan kamu secara keseluruhan karena mampu bermain tangkas, gesit, cepat dan presisi (tepat).


~~> GOOD LUCK FOLKS... 



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)

Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama