Cara, Metode Dan Tips Belajar Musik Yang Benar, Mudah Dan Cepat

belajar musik, metode belajar musik, cara belajar musik


CARA, METODE DAN TIPS BELAJAR MUSIK YANG BENAR, MUDAH DAN CEPAT UNTUK PEMAIN GITAR, BASS, DRUM, KEYBOARD / PIANO DAN VOKAL


(*HARAP DIPERHATIKAN BAGI YANG SERIUS INGIN JADI MUSISI)

Wawasan Musik

Perbanyak wawasan musik, karena wawasan adalah segalanya dalam ilmu musik, tanpa kenal, hafal dan menganalisa banyak lagu / musik maka kita bermain musik seperti robot kecil yang dikasih 2 baterai lemah.

Wawasan musik menjadi pondasi pokok ilmu musik karena dengannya kita bisa memiliki feel, soul dan naluri musik yang baik, bahkan les atau sekolah musik itu masih kalah penting daripada wawasan musik.

Dasar Bermain Alat Musik

Mulai berlatih sendiri pelajaran-pelajaran dasar bermusik, dasar GITAR; chord, basic scale, tempo, petikan, kocokan dan lead sederhana, untuk BASS; chord, basic scale, tempo, plucking, basic rhythm.

Untuk KEYBOARD / PIANO; chord, basic scale, tempo, basic rhythm, latihan koordinasi, untuk DRUM; teknik pukulan-pukulan dasar, basic rhythm, tempo.

Untuk VOKAL; modal paling dasar seorang vokalis adalah suara yang bagus serta hafal dan kenal banyak lagu.

Les Musik

Ikut Les Musik, mengikuti program les musik adalah proses pembentukan, pematangan dan eksplorasi skill, jadi sebaiknya yang ingin les musik minimal sudah punya dasar-dasar yang ada di poin 2 diatas, jika tanpa dasar maka akan sangat lama proses belajarnya.

Pengalaman

Pengalaman, semakin kita sering tampil (on stage, session playing, teaching, etc..) maka semakin matang musikalitas kita, semakin berisi dan berbotot permainan kita, semakin tajam naluri musikal kita, dan efek-efek bagus lainnya.

Pengalaman adalah proses yang harus dijalani jika ingin permainan kita dianggap layak dengar maupun layak seni.

Penyakit-Penyakit Kronis Kebanyakan Gitaris, Bassis Maupun Kibordis Yang Seharusnya Bisa Dihindari

Kelemahan terbesar kebanyakan gitaris, bassis dan keyboardis adalah bermain chord tapi tidak tahu chord-tones (nada-nada pembentuk chord / nada-nada yang kita bunyikan saat bermain chord) berikut progresi chordnya dan diperparah lagi gak mudeng dengan scale yang sedang berjalan.

Si gitaris bermain melodi hanya mengandalkan feeling, ini SALAH BESAR ! feel itu seharusnya berada di posisi setelah paham jalur dan teknik. lalu apa akibat buruk cuma mengandalkan feeling? ya mainnya gak santai sebab takut salah, takut fals, grogi, keringet dingin, bunyinya ala kadarnya malah kebanyakan kurang enak didengar.

Jika tahu jalur dan teknik, maka kita bisa main dengan penuh percaya diri, disaat sudah ada rasa percaya diri baru feel itu bermain dan taste yang kita berikan akan terasa indah bagi yang mendengarnya.

Si bassis cuma bermain di 'root' (nada dasar), misalkan main di kunci C, dia main di nada C juga, padahal dalam ilmu harmoni, cara seperti ini adalah cara 'tidak bagus' untuk berharap terdengar bagus.

Si keyboardis, gitaris dan bassis mati ritem dan timing, cuma bermain aman, bernada tapi rata dan hambar, tidak ada gigitan, cubitan dan bantingan.. rata, flat, lurus, satu sudut tanpa perspektif lain..

Padahal tanpa ritem (irama) dan timing yang tepat maka permainan seperti itu hanya membuat gaduh, tidak memberi efek apa-apa selain hanya menumpuk 'sound' yang nabrak kanan kiri.


-> MARI OBATI PENYAKIT-PENYAKIT INI DENGAN OBAT YANG PALING MUJARAB YAKNI MAU BELAJAR DAN BERLATIH... INGAT ! ketika seseorang berilmu maka tidak ada jalan 'buntu' baginya...




(Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik)



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

10 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama