Betapa Pentingnya Feel Dan Soul Dalam Musik

Hubungan Hati Dengan Kemampuan Feel / Soul / Touching Musikal 

- Hati yang keras akan sulit menyelami nada-nada yang lembut, hati yang terlalu lembut juga sulit memberi aksen pada nada hentakan, hati yang terbiasa senang / gembira / bergelimang kemudahan akan sulit membuat nada-nada yang menyentuh, hati yang terbiasa suram juga akan kesulitan membuat nada-nada yang ceria, ini persoalan klasik dalam dunia musik. bisa imbang jika rajin belajar, menyelami berbagai proses dan berwawasan.

- Dinamika dan perjuangan hidup seseorang bisa mempengaruhi kemampuan bermusik yang bersangkutan, orang yang terbiasa berjuang lebih inovatif cara bermusiknya.

- Nada-nada 'liar' penanda kecerdasan, siapa yang bisa mengolahnya berarti dia cerdas dalam banyak hal. siapa yang sanggup mengolah kromatik yang rata itu maka dia pasti cerdas !!!

- Teori musik dan teknis bermusik mendukung kualitas feel / soul tapi tidak mutlak dan bukan jaminan, feel / soul yang berujung pada touching yang baik berangkat dari kemampuan menyerap, menangkap, menganalisa sesuatu yang ada diluar dirinya, intinya kepekaan rasa dan interpretasi (daya tafsir) adalah kunci semua ini, apakah feel / soul bisa diajari ? tidak, berbeda dengan teori dan teknis bermusik yang memang diproyeksikan untuk dipelajari, feel / soul tidak bisa diajarkan tapi bisa dibimbing, feel / soul adalah hasil pengalaman diri sendiri. hati yang bagus adalah hati yang berpengalaman dalam merasa (feel) dan menjiwai (soul).


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 

Pentingkah Aransemen Musik Itu ? Apakah Setiap Musisi Harus Berjiwa Arranger ?

Aransemen Dan Jiwa Arranger Itu Sangat Penting Bagi Setiap Pemain Musik
seorang arranger adalah seorang koki dalam urusan memasak nada / irama, seorang ahli strategi dalam siasat nada / irama, seorang peneliti bakteri-bakteri positif maupun negatif yang ada didalam nada / irama, seorang penyuplai nutrisi dan vitamin untuk stamina nada / irama, seorang pembludak ide di ruang-ruang yang sepi nada / irama, seorang perantau yang sukses menaklukkan berbagai medan nada / irama... arranger adalah pemberi pakaian bagi nada / irama yang polos telanjang, arranger bisa merubah suatu bahan yang remeh menjadi sesuatu yang bernilai… inilah hakikat arranger… musisi yang bagus adalah yang memiliki jiwa ‘arranging’ bukan hanya bermental ‘player’. 

Jika anda tidak bisa, tidak yakin atau tidak cakap dengan kemampuan arranging (aransemen) anda sendiri maka sangat direkomendasikan untuk mencari JASA ARANSEMEN MUSIK yang mumpuni untuk proyek rekaman anda, baik anda sebagai seorang soloist / solo singer maupun dalam format band, jangan main-main dengan aransemen musik jika anda tidak ahli sebab seperti kata pepatah,"Aransemen musik yang buruk itu bisa merusak lagu yang bagus, sebaliknya aransemen yang baik itu bisa membuat lagu jelek terdengar bagus." dari pepatah ini bisa anda bayangkan sendiri betapa pentingnya aransemen musik itu. 


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

Musik Yang Baik Adalah Perpaduan Nada Pas Dan Nada Sumbang

Sering kita mendengar ada orang berkata,"ah fals itu, gak masuk, sumbang, gak enak !!!" dan perkataan-perkataan sejenisnya... mari kita bahas...

Sesungguhnya tidak ada nada sumbang / fals didalam dunia musik, yang ada itu adalah nada yang 'salah penerapan', contoh skala kromatik: C,C#,D,D#,E,F,F#,G,G#,A,Bb,B,C'... smua nada-nada ini bisa dicampur aduk dengan berbagai harmoni maupun lead, contoh: jika pengiringnya chord A dan pemain lead memainkan nada-nada formula chord Bb tentu secara teoritis ini keliru (gak masuk) tapi secara feel belum tentu, jika nada-nada yang tidak 'inside' alias 'outside' ini dimainkan dengan teknik ritem tertentu dan timing yang unik maka akan tetap terdengar sah alias masuk bahkan akan menghasilkan bunyi yang sangat menarik, impresif dan cerdas.. loh kok bisa bgitu? nah inilah uniknya musik, ada bagian-bagian musik yang bisa dijelaskan secara teoritis tapi ada juga yang 'tanpa penjelasan' tapi sangat musikal bahkan punya kekayaan nada yang lebih daripada yang normal... lalu bagaimana cara belajar yang demikian? silahkan datang daftar les ke REYAL MUSIK, ada perincian yang amat rinci yang sulit dijelaskan dengan kata-kata atau tulisan tapi lebih 'mudeng' jika diajarkan langsung...


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

Cara Menjadi Seorang Multi-instrumentalist (Mampu Memainkan Banyak Alat Musik)

Gimana Caranya Jadi Seorang Multi-instrumentalist (Mampu Memainkan Banyak Alat Musik) ???

Ada yang bertanya," om admin, gimana caranya bisa jadi seorang multi-instrumentalist kayak om yang bisa mainin gitar, bass, keyboard dan drum, bisa memainkan banyak alat musik keren banget om, gimana tips belajarnya, susah banget ya om?"...

JAWAB: menjadi seorang multi-instrumentalist adalah tantangan yang sangat menantang, seorang multi-instrumentalist mampu bermain di banyak medan laga, serta punya touching musikal yang lebih ok daripada yang single instrument, tentu ini juga berguna sekali jika kita ingin jadi seorang arranger (*arranger harus bisa memainkan minimal 3 instrument, supaya mampu memahami harmoni instrument), caranya menjadi multi-instrumentalist tentunya harus diawali dulu dengan mampu memainkan satu instrument dengan baik, lebih bagus awali dulu dengan gitar, setelah bisa tinggal transfer ilmu gitar ke bass, lalu keyboard / piano kemudian drum, didalam dunia musik ada yang namanya kemampuan tonal dan kemampuan perkusif, yang memiliki skill tonal tentu tidak otomatis punya skill perkusif juga, begitupun sebaliknya, misalkan seorang gitaris yang jago bermain nada tidak otomatis dia juga jago bermain drum, lalu gimana caranya mengawinkan kemampuan tonal dan perkusif? diatas sudah saya sebut awali dulu dengan gitar, karena gitar adalah instrument paling merakyat dan murah meriah serta mudah dimainkan dimana saja, di gitar kemampuan tonal dan perkusif bisa diasah, utk perkusif perbanyak latihan ritem dari berbagai genre, jika bisa dijamin kita akan mampu bermain drum secara otomatis, karena naluri perkusif sudah terbentuk di ritem gitar, nah ini sedikit triknya, mau lebih detil? silahkan datang daftar les... 



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

Mau Jadi Ilmuwan Nada atau Seniman Nada ?

ILMUWAN NADA atau SENIMAN NADA ???

Ilmuwan nada cenderung melihat pola, grafis, bacaan, hitungan, pergerakan (movement), berada di wilayah nada-nada yang aman / baku, condong ke melodi (*melodius), butuh preparasi dalam permainan / berkarya alias tidak main spontan, tidak harus selalu terpaku pada telinga bahkan tanpa mendengarpun (*seperti beethoven yang tuli di usia emasnya) masih sanggup membuat karya meski tanpa difilter telinga dan rasa. 


Seniman nada cenderung memainkan musik dengan feel (rasa) dan soul (jiwa), tidak terikat bacaan, selain bermain di wilayah aman / baku juga banyak bergulat di nada-nada yang tak aman / tak lazim (*eksplorasi nada), seimbang antara unsur melodik dan ritmiknya, terkadang juga cenderung memiliki banyak hook, groove / cengkok lekuk, ritem / irama dan ide inovatif, suka dengan improvisasi dan spontanitas, menggunakan telinga dalam memfilter semua touching musikal…


Pilihan ada pada anda. Silahkan memilih...



(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...