Mau Jago Atau Hebat Main Musik ? Latih Dua Kemampuan Ini

Bermain musik itu sebenarnya cuma melatih dua kemampuan, yakni:

1). Bermain Lurus / Horizontal (Linear).

2). Bermain Vertikal (Struktur).

*bermain lurus / horizontal (linear) adalah cara bermain musik dengan memanfaatkan jarak-jarak yang dekat, contoh; kita bermain dan merangkai melodi sederhana di nada-nada seperti C, D, E, F, G dan lain-lain, karakter linear ini cenderung berjarak dekat, makanya sangat cocok dalam pengolahan scale / mode untuk melodi. juga memiliki karakter yang lebih stabil dan terarah sehingga dalam permainan linear, satu scale atau satu mode saja bisa berjalan di banyak progresi chord.

*bermain struktur (vertikal) adalah cara bermain musik dengan menumpuk beberapa nada, biasanya interval nadanya sedikit jauh, contoh; bermain chord C, chord-tones nya kunci C = C, E, G. nada-nada formula C inilah yang kita olah baik dibunyikan serentak maupun dimainkan satu-satu dengan berbagai teknik. permainan tipe ini lebih bebas, unik dan inovatif, tidak harus terikat di scale tertentu atau di nada dasar tertentu, bisa memunculkan bunyi-bunyi harmonik yang sangat variatif, permainan jenis ini tergolong sulit karena seorang pemain harus dituntut mampu reaktif dalam satu komposisi permainan serta wajib memiliki wawasan harmonik chording yang luas. 

## sayangnya, banyak yang tidak meningkatkan kemampuan permainan struktur dalam bermusik kebanyakan terpaku di cara linear, padahal permainan yang berkarakter, progres, menarik dan inovatif itu kebanyakan berangkat dari permainan struktural.


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...