Rahasia Jago Bermain Gitar, Piano Keyboard, Bass, Biola, Dan Lain-Lain

Cara Belajar Orang Yang Jago Bermain Musik Seperti Apa?


Setiap ilmu itu memiliki rahasia-rahasia dan jalan pintas agar cepat ahli dan menjadi piawai. Ilmu musik pun demikian, jika kita tahu apa yang menjadi dasar yang paling dasar dari permainan musik itu, maka kita akan mampu menguasai cara bermain musik atau cara bermain alat musik diantaranya belajar gitar, belajar piano keyboard, belajar bass, belajar biola, dan lain-lain.


Semua proses pembelajaran akan menjadi lebih terarah, cepat dan mudah tentunya karena faktor kita telah memahami teknik-teknik fundamental yang merupakan konsep dasar bermain yang akan mempengaruhi kemampuan teknik secara komprehensif (menyeluruh), tidak hanya parsial (sebagian).

Musik itu memiliki akar yang namanya tangga nada (scale), lalu scale dikembangkan atau diaplikasikan ke bentuk chord / kunci, melodi, harmoni, improvisasi disertai dengan pemahaman teknisnya serta pembawaan musikal dari si pemain. Dan pada intinya bermain musik itu jika dilihat dari perspektif nada, sebenarnya cuma melatih dua kemampuan, yakni:

  • Bermain Lurus / Horizontal (Linear).
  • Bermain tegak / Vertikal (Struktur).


belajar gitar, jago bermain gitar piano keyboard bass, tempat belajar musik jakarta, sekolah musik jakarta


Cara Bermain Gitar / Piano Keyboard / Bass / Biola Dengan Teknik Linear (Horizontal)


Bermain lurus / horizontal (linear) adalah cara bermain musik dengan memanfaatkan jarak-jarak yang dekat, contoh; kita bermain dan merangkai melodi sederhana di nada-nada seperti C, D, E, F, G dan lain-lain.

Karakter linear ini cenderung berjarak dekat, makanya sangat cocok dalam pengolahan scale / mode untuk melodi. juga memiliki karakter yang lebih stabil dan terarah sehingga dalam permainan linear, satu scale atau satu mode saja bisa berjalan di banyak progresi chord. 

Cara bermain dengan teknik linear ini lebih mudah dipraktekkan karena syarat dari permainan teknik ini adalah cukup mengetahui jalur scale (tangga nada) nya, oleh karenanya teknik ini lebih sering dijadikan asas permainan nada /melodi dari para pemain musik.


Cara Bermain Gitar / Piano Keyboard / Bass / Biola Dengan Teknik Struktur (Vertikal)


Bermain struktur (vertikal) adalah cara bermain musik dengan menumpuk beberapa nada, biasanya interval nadanya sedikit jauh, contoh; bermain chord C, chord-tones nya kunci C = C, E, G. nada-nada formula C inilah yang kita olah baik dibunyikan serentak maupun dimainkan satu-satu dengan berbagai teknik. 

Permainan tipe ini lebih bebas, unik dan inovatif, tidak harus terikat di scale tertentu atau di nada dasar tertentu, bisa memunculkan bunyi-bunyi harmonik yang sangat variatif, permainan jenis ini tergolong sulit karena seorang pemain harus dituntut mampu kreatif dan reaktif dalam satu komposisi permainan serta wajib memiliki wawasan harmonik chording yang luas

Jika kita bisa mengoptimalkan tipikal permainan struktur dalam permainan musik kita maka akan ada sugesti-sugesti yang fresh didalamnya, apalagi jika mampu mengkombinasikan antara teknik linear dan struktur dengan apik dan kombinatif maka permainan kita akan mencapai satu titik permainan yang ideal dan musikal.

Sayangnya, banyak yang tidak meningkatkan kemampuan permainan struktur dalam bermusik kebanyakan terpaku di cara linear, padahal permainan yang berkarakter, progres, menarik dan inovatif itu kebanyakan berangkat dari permainan struktural. 

Dalam program les / kursus musik yang diadakan oleh Reyal Musik, penekanan keseimbangan melatih dua kemampuan ini sangat difokuskan, tentu tujuannya agar murid-murid disini mampu bermain musik secara ideal dan musikal, sanggup bermain kombinatif, inovatif, progresif, cerdas dan multi stylish. 

Reyal Musik memiliki kurikulum yang terpadu terutama dalam mengoptimalkan segala potensi bakat / kemampuan murid dan wawasan / ilmu yang akan diterima mereka. Berminat les ? klik ini Tempat Belajar / Les / Kursus Gitar, Piano Keyboard, Bass, Drum Murah Dan Terbaik Di Jakarta Timur, Menggunakan metode belajar yang terbaik, paling efektif, komprehensif dan cerdas. 




(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)



RM

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama