Mengapa Seorang Vokalis Harus Bisa Juga Memainkan Alat Musik ?



Ada yg tanya," om, perlu gak sih vokalis atau penyanyi itu bisa main alat musik?"

JAWAB: perlu sekali, bahkan salah satu syarat menjadi penyanyi atau vokalis yang kreatif, bagus, enak, cerdas, unik, atraktif, impresif dan inovatif adalah mampu memainkan minimal satu instrument musik, karena dengan memahami instrument kita akan lebih memahami pergerakan-pergerakan nada, eksplorasi nada, ritem / irama, harmoni, improvisasi dan lain-lain yang semua ini kurang efektif jika cuma diasah di latihan vokal.. range nada vokal itu tidak selebar instrument, juga perpaduan harmonik chording akan sangat membantu menemukan nada-nada yang spesial ketika bernyanyi, ini akan sulit sekali dipahami tanpa mengenal konsep-konsep yang ada di instrument, terutama di instrument gitar dan piano. 

Dengan memiliki kemampuan instrumentasi selain mampu meningkatkan skill vokal juga bisa menumbuhkan skill baru yakni mampu juga menjadi seorang instrument player, song writer, music arranger, dan lain-lain... jadi bagi yang merasa VOKALIS / PENYANYI maka sangat dianjurkan bagi anda untuk belajar instrument, dan instrument yang paling dianjurkan adalah gitar atau piano (*drum dan bass juga boleh, hanya saja range frekuensi vokal berada di wilayah yang sama dengan instrument gitar atau piano, oleh karena itu 2 instrument ini paling cocok dan klop untuk mengasah dan membantu meng-upgrade skill bernyanyi kita) .. terserah boleh pilih salah satu atau mempelajari keduanya lebih bagus lagi, atau ditambah dengan mempelajari drum dan bass, pasti jauh lebih WOW lagi, karena drum dan bass sangat dekat dengan ritem, groove, hook, cengkok musikal, jadi bisa mengasah kemampuan ritmik pada vokal. 




(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...