2 Jenis Skill Musik Yang Menjadikan Kita Musisi Sejati

Studio Rekaman Dan Les Musik Murah Di Jakarta
Ada dua jenis kemampuan yang biasanya selalu ada di setiap musisi atau pemain musik, yakni kemampuan tonal dan kemampuan ritmik, berikut ini penjelasannya.

1. KEMAMPUAN TONAL

Kemampuan tonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan skill mengolah nada, tentu musik itu pondasi dasarnya adalah nada, intisarinya adalah nada, oleh karena itu setiap pemain musik pasti memiliki kemampuan ini, bedanya hanya di tingkat eksplorasi dan kreasi, tentu setiap musisi punya skill yang berbeda-beda, ada yang bagus, ada yang biasa dan ada yang dibawah standar. tonal atau nada adalah 'ujung tombak' dalam permainan komposisi musik, nada adalah hal yang paling mudah diingat oleh siapapun, dari nada yang biasanya terkonsep dalam tangga nada inilah muncul nada-nada lagu dan nada-nada instrument, nada-nada lagu diwujudkan dalam bentuk suara dan nada-nada instrument keluar dari alat-alat musik tonal (bernada) seperti gitar, piano keyboard, bass, biola, suling, terumpet, harmonica, dan lain-lain..

2. KEMAMPUAN RITMIK 

Kemampuan ritmik adalah kemampuan yang berhubungan dengan irama musik atau ritem, kita semua tahu pengertian irama itu adalah cengkok musik, lekuk musik, warna musik. Irama biasanya sangat berhubungan dengan kemampuan perkusif (alat musik pukul), seseorang yang piawai memainkan alat musik pukul pastinya memiliki kemampuan ritmik yang baik, irama atau ritem itu adalah tulang punggung permainan musik, artinya tidak ada musik yang tanpa irama. dari irama inilah lahir berbagai macam aliran (genre) musik, dari mulai pop, rock, blues, jazz, klasik, hiphop, RnB, country, dan lain-lain.. irama mampu memberikan ciri yang kuat sehingga masing-masing aliran musik pasti tercirikan dengan kuat menurut warnanya masing-masing, pemain ritem / irama paling utama dalam format band adalah drummer. pemain drum adalah pembentuk irama, penegas beat dan penjaga tempo.. irama itu ada di setiap instrument apapun, gitar ada permainan ritmiknya, begitu juga piano, bass, biola, dan lain-lain..

Sebaik-baiknya pemusik adalah yang mampu menyeimbangkan kemampuan tonal dan ritmik secara proporsional, ada sebagian musisi yang lebih condong ke ritmik ada juga sebagian musisi yang lebih condong ke tonal, bahkan ada yang terlalu jauh kecondongannya di salah satu. Yang terbaik itu adalah membuatnya seimbang, walaupun fakta lapangan mengungkapkan bahwa mayoritas musisi itu sulit sekali menyeimbangkan kedua kemampuan ini, selalu berat di salah satu. musisi yang jago bermain nada belum tentu bagus di pola ritemnya, begitupun sebaliknya musisi yang hebat bermain ritem belum tentu paham cara meng-eksplorasi nada. lalu bagaimana cara membuat kedua kemampuan ini menjadi imbang? musisi yang bisa menyeimbangkan kemampuan ini biasanya musisi yang sudah memiliki bakat bawaan, artinya secara alami dia sudah memiliki kemampuan hitungan yang baik (ritem membutuhkan banyak kalkulasi / hitungan) dan juga punya imajinasi yang bagus (mengolah nada membutuhkan banyak imajinasi dan ide), oleh karena faktor-faktor tersebut maka seorang pemusik yang memiliki kemampuan yang imbang baik tonal maupun ritmik kemungkinan besar bisa bermain berbagai alat musik baik tonal maupun perkusif, serta bisa juga memainkan banyak aliran musik, karena memiliki dua kemampuan ini sama seperti kita memiliki multi skill yang bisa membuat kita mampu bermain secara multi style, lebih fleksibel, lebih kreatif dan inovatif.

Di REYAL MUSIK, ada materi pelajaran khusus yang bisa membuat anda menyeimbangkan dua kemampuan ini jika ikut program les kami (*pilihan instrument: gitar elektrik, gitar akustik, piano keyboard, bass dan drum), artinya anda akan dilatih dan dibimbing untuk menjadi pemusik yang multi skill dan fleksibel, jika berminat silahkan ikuti program les di tempat kami REYAL MUSIK, info selengkapnya klik DISINI


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com  
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...