Belajar Piano Keyboard - Latihan Chord Dim (Bridge Chords)

Belajar Kunci Chord Dim m7-5 Bridge Chords
Chord diminished atau biasa disingkat dim adalah kunci atau chord tingkat lanjut yang umumnya digunakan sebagai jembatan chord (bridge chord), chord ini harus benar-benar dikuasai sebelum menggunakannya, chord ini secara kodrati memang bernuansa gelap, suram, horor atau tegang, biasanya jika kita menganalisa semua musik yang nuansanya menegangkan dan megah pasti kita temukan banyak chord diminished didalamnya, karena chord inilah yang memberikan suasana tegang itu. Tapi di sisi lain, chord ini adalah 'pemanis' dan bisa menjadi terdengar indah jika kita manfaatkan sebagai bridge chord.

Musik-musik yang brilian, indah dan jenius biasanya banyak menggunakan chord dim sebagai pemberi warna khusus dari komposisi yang sedang dimainkan, chord dim lebih terasa smooth bila berperan sebagai bridge chord atau jembatan chord, progresi chord suatu lagu / musik akan terdengar baik dan enak jika didalamnya terdapat chord ini. Jadi bila kita mau permainan kita menjadi enak, cerdas dan baik, tentu mempelajari chord ini adalah suatu keharusan.

Bridge chord adalah chord penghubung atau jembatan chord, secara basic kunci-kunci bridge chord banyak bermain di chord dominant 7, untuk chord dim adalah pengembangan lanjutannya atau naik satu level diatas chord dominant 7. Bridge chord memiliki fungsi untuk memperindah perpindahan chord dalam suatu permainan musik, sebagai ornamen (hiasan) progresi chord.

Progresi chord yang digunakan di video ini sebagai berikut ; 

Am  Bdim  Bm7-5  E

Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak videonya...




(Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik)

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...