Belajar Melodi Gitar Teknik Bermain Chording Arpeggio (Chordal)

belajar melodi gitar teknik bermain chording arpeggio chordal untuk pemula


Cara Bermain Melodi Gitar Chording / Arpeggio / Chordal Untuk Pemula


Salah satu cara terbaik untuk bermain melodi baik yang dimainkan di alat musik gitar, bass, piano, dan lain-lain adalah dengan memanfaatkan konsep 'outline' chord sebagai progresi permainan nada-nada melodinya. 

Bermain chording mampu membuat permainan melodi kita menjadi lebih 'grafis' dan 'visual', tentu berbeda jika kita hanya terpaku mengandalkan scale maupun mode. 

Chording lebih variatif, dinamis dan acceptable. Chording juga membuat permainan melodi kita terlihat dan terdengar lebih cerdas dan unggul.


Latihan Bermain Melodi Gitar Teknik Chording Arpeggio


Contoh: jika progresi chord yang kita mainkan C - E - F - D/F# - G - G+

Maka kemungkinan scale yang digunakan adalah major scale (C), minor harmonic (A), natural minor (A), blues scale (A), chromatic, dan lain-lain.

Juga bisa menggunakan modes seperti dorian, phrygian, lydian, mixolydian, locrian. Permainan melodi dengan pendekatan scale / mode memang cenderung linear (lurus / datar)

Adakah cara lain bermain melodi selain mengandalkan scale maupun mode?... ternyata kita bisa menerapkan chording approach (pendekatan chord) dalam permainan melodi kita, yakni memainkan nada-nada chord (formula / chord tones) sebagai variasi dari scaling yang kita mainkan.

Permainan kombinasi melodi antara scale dan chord inilah yg membuat permainan melodi kita 'naik kelas'... better and best... ! try it.....

Contoh formula chord untuk bahan nada melodi yang akan dimainkan

  • Chord/kunci C mayor memiliki formula nada C,E,G
  • Chord/kunci E mayor memiliki formula nada E,G#,B
  • Chord/kunci F mayor memiliki formula nada F,A,C
  • Chord/kunci D/F# memiliki formula nada F#,A,D
  • Chord/kunci G mayor memiliki formula nada G,B,D
  • Chord/kunci G+ atau Gaug memiliki formula nada G,B,D#

Cara penerapannya ??? ketika kita bermain melodi dan chord yang sedang berjalan misalnya E maka kita mainkan harmonic minor (A) scale, lalu kita terapkan juga permainan chording E yakni nada-nada E,G#,B kita bisa mainkan berurut seperti arpeggio umum maupun acak (tidak perlu berurut), juga bisa dimainkan dengan teknik skipping, dan lain-lain.

Dengan cara bermain seperti ini, permainan melodi kita akan terdengar lebih dinamis, padat, megah, cerdas, dan unik.

Video Tutorial Belajar Melodi Gitar Teknik Chording / Arpeggio / Chordal


Berikut ini adalah video tutorial belajar latihan bermain melodi chording, dijelaskan secara detail dan terukur, silahkan disimak dengan teliti karena ada pesta ilmu didalamnya, selamat belajar, good luck folks !





( Words / Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

1 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama