Belajar Gitar Akustik Melodi Kunci Dim (Diminished Chord)

kursus gitar, les gitar, kursus gitar jakarta, les gitar jakarta, kursus gitar jakarta timur, les gitar jakarta timur
Belajar Gitar Akustik Melodi Kunci Dim (Diminished Chord) 

 



Kunci dim atau diminished chord tergolong jenis chord yang secara karakter bunyi sedikit berat. Oleh sebab inilah kunci dim ini tidak terlalu sering digunakan dalam beberapa iringan musik. Namun faktanya, chord ini jika mengerti cara penyisipan atau penerapannya maka akan memberi sugesti yang sangat spesial terhadap permainan musik yang sedang dimainkan.

Chord atau kunci dim ini tergolong tipe chord yang bisa menunjukkan seseorang itu cerdas atau tidaknya dalam bermain musik, umumnya musisi-musisi yang sudah berpengalaman mampu memainkan dan menerapkan chord ini dengan baik, tepat, cerdas dan asyik dalam permainan mereka, karena jika tahu penggunaannya maka permainan kita akan semakin kaya nada.

Berikut ini kunci-kunci dim atau diminished chords sekaligus chord-tones nya (nada-nada pembentuk chord atau formula chord), perlu diketahui bahwa kunci ini memiliki 3 tipe yang umum dimainkan ; 

1. dim = 1, 3b, 5b
2. dim7 (diminished 7th) = 1, 3b, 5b, 6
3. m7-5 atau m7b5 (half-diminished) = 1, 3b, 5b, 7b 

Kunci diminished atau chord dim ini memiliki sugesti (karakter bunyi) yang cenderung dark (gelap), suram, tegang, murung, horror dan redup. Jadi secara sifat, bunyinya memang agak bernuansa kelam, justru inilah sisi uniknya, karena sugestinya ini malah akan menambah warna permainan kita, walaupun secara umum kunci dim inipun bisa dibawakan dalam permainan musik yang ceria, kesan atau sugesti suram hanya berlaku pada fungsi khususnya. 

Chord ini juga merupakan kunci 'naik kelas' nya chord dominant, jadi diminished chord ini sangat keren jika dimainkan sebagai bridge chord (kunci penghubung).

Video berikut ini akan memberikan sedikit contoh permainan kunci / chord dim (diminished) dalam versi melodi chording, artinya chord-tones atau formula chord nya dimainkan secara broken (satu-satu) menyerupai melodi, untuk jelasnya silahkan disimak.... 





( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...