Belajar Melodi Gitar Teknik Kunci Oktaf (Chord 8)

kursus gitar, les gitar, kursus gitar jakarta, les gitar jakarta, kursus gitar jakarta timur, les gitar jakarta timur
Belajar Melodi Gitar Teknik Kunci Oktaf (Chord 8) 

 



Chord 8 atau kunci 8 atau kunci oktaf adalah chord yang hanya memiliki formula (chord tones) 2 nada, bahkan 2 nada inipun merupakan nada yang sama, hanya berbeda oktaf saja, karena sebab inilah chord 8 biasa juga disebut kunci oktaf atau octave chord.

Kunci 8 ini sekalipun berjenis chord, tapi penggunaannya sebagai chord pengiring tidak terlalu terasa berkarakter chord, penyebabnya adalah karakter bunyinya yang terkesan seperti 'single note' (padahal 2 nada, tapi berhubung hanya menerapkan nada yang sama sekalipun beda oktaf, karakter bunyinya tetap terasa 'tipis', kurang harmonik seperti chord pada umumnya). Sebaliknya jika chord 8 digunakan dalam permainan melodi, akan memberikan warna yang khas dan terkesan seperti 'stereo sound' bahkan terdengar 'classy' (berkelas), ini salah satu keunggulan chord 8 yakni bisa dieksplorasi, bahkan dalam permainan teknik improvisasi melodi terutama di genre jazz, fusion, funk, dan sejenisnya, kunci 8 ini seringkali dimainkan bahkan dijadikan 'tema' melodi. 

Contoh dan penjabaran chord-tones (formula chord) kunci 8 ; 

C8 = C, C' 

* perhatikan formulanya, hanya 1 jenis nada namun beda oktaf. 

Chord 8 ini memang kunci yang sangat sederhana, namun dibalik kesederhanaan itulah kita bisa memaksimalkan penggunaannya. Di video berikut ini saya mencoba memberikan contoh sederhana cara menggunakan chord 8 dalam permainan melodi gitar kita, cara yang bisa diikuti dan dipelajari dengan mudah dan cepat oleh siapa saja dari mulai pemula sampai level berikutnya, selamat menyimak dan semoga bermanfaat... 





 
(Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...