Belajar Melodi Gitar Teknik Kunci Oktaf (Chord 8)

Belajar Kunci Gitar
Belajar Melodi Gitar Teknik Kunci Oktaf (Chord 8) 

 



Chord 8 atau kunci 8 atau kunci oktaf adalah chord yang hanya memiliki formula (chord tones) 2 nada, bahkan 2 nada inipun merupakan nada yang sama, hanya berbeda oktaf saja, karena sebab inilah chord 8 biasa juga disebut kunci oktaf atau octave chord.

Kunci 8 ini sekalipun berjenis chord, tapi penggunaannya sebagai chord pengiring tidak terlalu terasa berkarakter chord, penyebabnya adalah karakter bunyinya yang terkesan seperti 'single note' (padahal 2 nada, tapi berhubung hanya menerapkan nada yang sama sekalipun beda oktaf, karakter bunyinya tetap terasa 'tipis', kurang harmonik seperti chord pada umumnya). Sebaliknya jika chord 8 digunakan dalam permainan melodi, akan memberikan warna yang khas dan terkesan seperti 'stereo sound' bahkan terdengar 'classy' (berkelas), ini salah satu keunggulan chord 8 yakni bisa dieksplorasi, bahkan dalam permainan teknik improvisasi melodi terutama di genre jazz, fusion, funk, dan sejenisnya, kunci 8 ini seringkali dimainkan bahkan dijadikan 'tema' melodi. 

Contoh dan penjabaran chord-tones (formula chord) kunci 8 ; 

C8 = C, C' 

* perhatikan formulanya, hanya 1 jenis nada namun beda oktaf. 

Chord 8 ini memang kunci yang sangat sederhana, namun dibalik kesederhanaan itulah kita bisa memaksimalkan penggunaannya. Di video berikut ini saya mencoba memberikan contoh sederhana cara menggunakan chord 8 dalam permainan melodi gitar kita, cara yang bisa diikuti dan dipelajari dengan mudah dan cepat oleh siapa saja dari mulai pemula sampai level berikutnya, selamat menyimak dan semoga bermanfaat... 





 
(Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...