Belajar Gitar Fingerstyle Blues Untuk Pemula Dan Menengah

Cara Bermain Gitar Fingerstyle Blues (Fingerpicking) Untuk Pemula Dan Menengah


Didalam permainan gitar blues baik di gitar blues akustik maupun gitar blues elektrik menerapkan dua pilihan teknik utama, yakni ;

  1. Bermain gitar blues dengan pickingstyle (flatpickingstyle), menggunakan pick gitar.
  2. Bermain gitar blues dengan fingerstyle (fingerpicking), langsung menggunakan jari.

Dalam artikel kali ini yang dibahas adalah cara bermain gitar blues dengan pendekatan fingerstyle atau fingerpicking, langsung memetik senar dengan jari jemari.

Teknik fingerstyle gitar adalah salah satu teknik bermain gitar yang menarik dan harmonik, teknik ini bisa diterapkan ke berbagai musik termasuk permainan gitar blues baik untuk teknik improvisasi melodi maupun chord / kunci-kuncinya.

Teknik ini sangat menarik jika bisa kita aplikasikan dengan baik karena tipe permainan seperti ini sekaligus bisa memunculkan banyak unsur-unsur musik yaknik ritem, perkusi, melodi, harmoni, dan lain-lain.


belajar gitar fingerstyle blues, kunci chord, melodi, ritem, improvisasi untuk pemula


Blues adalah akar musik yang sepatutnya wajib kita tahu tipikal permainannya apapun genre musik kita. Karena blues mengajarkan kita cara bermain musik yang penuh rasa (feel) serta penjiwaan (soul), sangat ekspresif.

Kalau kita perhatikan kebanyakan musisi-musisi atau gitaris-gitaris yang tidak terlalu bisa nge-blues cenderung monoton permainan mereka, karena jiwa musikal mereka kurang terasah meskipun secara teknik permainannya bagus.

Bahkan ada beberapa gitaris yang memiliki teknik yang luar biasa namun secara musikal biasa-biasa saja, hal ini bisa dideteksi jangan-jangan karena jarang latihan blues.

Salah satu teknik yang menonjol dalam permainan blues adalah teknik permainan blues yang dimainkan dengan jari atau biasa dikenal dengan sebutan fingerstyle, teknik ini memiliki keunggulan dari sisi harmonik dan natural playing yang sugesti ini sulit didapat jika kita memainkannya dengan teknik-teknik lainnya.

Video belajar gitar berikut ini akan memberikan anda pelajaran dasar tentang cara bermain dengan jari (tanpa pick gitar), terutama cara menggunakan jari telunjuk dan jempol serta jari-jari lainnya untuk memaksimalkan tipikal permainan gitar blues.


Belajar Gitar Fingerstyle Blues Untuk Pemula, Tutorial Teknik Dasar

 
Video tutorial belajar gitar fingerstyle blues berikut ini berisikan beberapa teknik atau cara bermain pokok dengan style teknik ini, diantaranya menggunakan jari jempol, telunjuk, tengah dan jari manis, teknik ini bisa menghadirkan kualitas permainan yang lebih harmonik, smooth, cepat dan praktis.

Juga akan dijelaskan perbandingan dengan teknik pickingstyle (menggunakan pick gitar). Sebenarnya dua pendekatan teknik ini baik fingerstyle / fingerpicking dan pickingstyle (flatpickingstyle) sama-sama saling melengkapi dan saling dibutuhkan.

Masing-masing punya keunggulan teknis sendiri-sendiri serta masing-masing punya aura musikal sendiri-sendiri, jadi apabila kita bisa menguasai dua pendekatan teknik ini maka permainan kita akan lebih komprehensif, lengkap dan kombinatif.

Teknik-teknik bermain gitar yang ada didalam video tutorial ini diantaranya menerapkan ;  

  • teknik thumb and index
  • teknik skipping
  • teknik double stops
  • teknik octave playing
  • teknik dead notes
  • teknik hammering
  • teknik sliding
  • teknik perkusif
dan lain-lain....

Semua teknik tersebut sangat menarik untuk diterapkan dalam permainan gitar blues teknik fingerstyle, video tutorial gitar ini dikhususkan untuk para pemula dan menengah, selamat belajar dan berlatih keras...







( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama