l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Sejarah Singkat Musik Rock


tips, cara dan metode belajar gitar rock


ini pertanyaan yg mungkin banyak orang penasaran dengan jawabannya....

JAWAB: bahasa sederhananya, musik rock adalah musik yang memiliki karakter nada dan irama yang cadas, keras, macho, jantan, dan biasanya agak cepat (walaupun ada juga yang bertempo lambat) serta lirik yang berani, secara garis besar musik rock itu terbagi kedalam dua jenis umum yakni; ROCK BLUES (BLUES ROCK) dan ROCK METAL, rock blues lebih dulu lahir, hasil dari percampuran rock n roll, lifestyle, penemuan-penemuan teknologi seperti efek-efek, dan lain-lain... rock metal lahir di kemudian hari... lalu apa perbedaan keduanya??? rock-blues atau blues-rock itu masih memiliki suasana blues yg kental terutama pada lick-lick dan riff-riff serta dinamika dan ekspresinya sesuai dengan kaidah dasar blues yang bermain dengan irama 'triplet/triol' seperti swing (triol tapi nada keduanya mati, jadi yang hidup cuma nada pertama dan ketiga), nah itu ciri-ciri blues yang total mempengaruhi blues-rock secara umum termasuk anak-anaknya seperti country rock, funk rock, jazz rock / fusion, slow rock, pop rock, alternative rock, dan lain-lain.


Nah untuk rock metal ini sedikit beda, rock metal sudah banyak terpengaruh musik klasik yg cenderung memiliki beat yang datar, groove blues hanya dipakai di part-part tertentu sedangkan mayoritas bermain dengan ritem yang datar dan cepat disertai penyisipan banyak komposisi-komposisi classical music, rock metal inilah yg melahirkan anak-anak genre seperti speed metal, thrash metal, dan metal-metal lainnya, dan ternyata karakter speed yang flat (datar) yang menjadi ciri khas metal mengadopsi musik atau genre punk, makanya ada yang bilang bahwa metal itu adalah gabungan dari blues rock, musik klasik dan punk rock, dan opini ini memang betul adanya jika melihat sejarah terbentuknya musik metal. Lebih lengkapnya metal itu sebenarnya perpaduan dari blues rock, acid rock, psychedelic rock, punk rock dan classical music. Motorhead adalah salah satu bapaknya metal yang memperkenalkan unsur punk rock kedalam musik metal, dan sejak itu metal melahirkan subgenre yang sangat cepat yakni speed metal dan thrash metal. Kalau kita tarik ke belakang, punk rock asalnya dari rock and roll, dan rock and roll adalah cucunya blues.

Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok diantara blues rock dan metal, diantaranya blues rock melahirkan banyak anak genre yang lebih variatif dan kontras sedangkan rock metal cenderung satu warna artinya anak-anak genrenya antara satu dengan lainnya tidak memiliki perbedaan yang kontras alias beda-beda tipis. kini istilah rock metal lebih dikenal dengan sebutan heavy metal atau metal saja. Dan sekarang ini banyak sekali subgenrenya bahkan fusinya dengan genre-genre lain.





Jika ingin tutorial lebih banyak lagi, klik Kumpulan Video Belajar Gitar Rock Metal Untuk Pemula




( Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik )


1 komentar:

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *