Cara Membuat Aransemen Musik Pop Dan Rock, Tips Teknik Metode Praktis (Part.2)

TIPS CARA MEMBUAT ARANSEMEN MUSIK POP DAN ROCK (Part 2)


tips teknik cara membuat aransemen musik pop rock (part.2)


Setelah membaca artikel part sebelumnya (part.1) maka berikut ini poin-poin lanjutannya yang juga sangat dianjurkan untuk diterapkan dengan baik, diantaranya sebagai berikut ;

1. Menerapkan Mode Melodi

Sering kita mendengar komposisi yang terlalu ‘root note’, coba biar pop atau rock nya kamu lebih memiliki kesan ‘berkelas’ alias gak picisan, maka bumbui dengan bermain mode pada gitar, bass dan keyboard piano, jika progresi chord nya jarang pindah.

2. Aksen Drum

Sekali-kali si drummer memperbanyak aksen pada beat kedua atau keempat (supaya sedikit goyang perkecil pukulan beat 1 dan 3).

3. Slash Chords Gitar, Bass, Piano Keyboard

Jika tujuan pembuatan lagu / musik kalian ingin agar para pendengar ikut 'masuk kedalamnya' maka jangan pakai chord-chord yang statik tapi gunakan chord-chord yang memiliki leading pada bass atau gabungkan 2 chord kedalam satu permainan seperti slash chords.

4. Tangga Nada Mayor, Minor Dan Pentatonik

Musik pop umumnya bermain di major dan minor (do dan la) dan rock di pentatonik dan blues scale, coba biar pop nya berasa rock kasih blues scale dan kalau mau rock nya ada nuansa pop nya kasih major atau minor scale.

5. Bridge Sebelum Chorus

Cara agar chorus lagu menjadi kuat (*selain pemilihan nada yang menarik) adalah awali dengan bridge yang bagus, sebab bridge yang keren itu akan membuat chorus nya memiliki klimaks yang panjang dan memuaskan :-)

6. Solo Instrument (Lead)

Gitar memang sering leading dalam instrument, namun sekali-sekali beri kesempatan pemain bass untuk solo sejenak sebelum interlude atau sebelum lead, atau bisa juga drum soloing di part-part yang sejenak.

7. Peran Pemain Keyboard

Keyboardist harus paham penempatan kapan main piano dan kapan string blocking, dan tahu fill in yang manis disela-sela beat.

8. Lagu Catchy, Aransemen Mumpuni

Bungkam para pengkritik musik kalian dengan lagu yang catchy (karena pop dan rock identik dengan catchy sound) namun ungguli dalam aransemen yang mumpuni, (*aransemen yang berkelas tidak harus terdengar ribet, justru yang paling berkelas itu jika terdengar gampang tapi ketika dikulik ternyata komposisinya rumit, ini baru luar biasa :) 


~SELAMAT MENCOBA

klik link berikut untuk membaca artikel sebelumnya...




(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik) 


rahasia ilmu musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

2 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama