Perbedaan Sweeping Arpeggio, Sweep Picking dan Arpeggio, Tutorial Teknik Melodi Gitar

Belajar Teknik Melodi Gitar Sweep Picking, Arpeggio Dan Sweeping Arpeggio


Tahu teknik sweeping di gitar ? teknik yang sering dikaitkan dengan arpeggio atau broken chord dan merupakan satu diantara teknik-teknik gitar yang cukup banyak disukai para pemain gitar (gitaris) terutama pemain gitar melodi (lead guitarist).

Sweep Picking

Teknik sweep picking adalah teknik sekali menyapu dari atas ke bawah atau sebaliknya, umumnya memang dimainkan di chord-tones atau formula chord atau biasa dikenal dengan sebutan broken chord atau arpeggio. Sweep picking bisa juga untuk memainkan scale (tangga nada) yang memiliki nada-nada yang sedikit atau bisa juga sweep picking digunakan untuk memainkan dead notes (bunyi perkusif di gitar).

Arpeggio

Arpeggio adalah memainkan satu per satu nada-nada formula chord (chord tones) secara teratur. Arpeggio bisa dimainkan secara lambat, sedang maupun cepat. Dan bisa juga dimainkan secara fleksibel baik dengan bantuan flat-pick (pick gitar) maupun langsung dengan jari tangan (fingerstyle).

Sweeping Arpeggio

Adalah memainkan arpeggio secara cepat dan kilat, umumnya dengan menggunakan pick gitar dan seringkali ditemukan dalam permainan melodi-melodi genre musik rock dan metal yang speed (cepat). Umumnya para gitaris yang gemar memainkan teknik ini disebut gitaris shredder.

Dari penjelasan singkat diatas bisa disimpulkan bahwa tidak semua arpeggio itu dimainkan secara sweep picking atau sweeping arpeggio, karena masih ada opsi cara bermainnya dengan versi yang berbeda yakni bisa dimainkan lambat, sedang (normal) dan cepat.


belajar teknik melodi gitar sweeping arpeggio dan sweep picking, tutorial cara bermain melodi gitar



Ada juga kesan yang berkembang bahwa arpeggio hanya melulu di minor dan major, padahal di chord-chord yang lain justru lebih kaya harmoni soundingnya, contoh arpeggio di chord-chord berikut ini; CM7, Cdim, Caug, C7, C9, dan lain-lain, akan terdengar lebih kaya nada. tidak terlalu 'lurus' seperti umumnya sound mayor dan minor.






(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik) 


Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama