Bakat Adalah Syarat Mutlak Bisa Bermain Musik Dengan Baik Dan Musikal

Bakat Adalah Modal Terbesar Untuk Bisa Bermain Musik Dengan Baik, Indah Dan Musikal


bakat musik, latihan musik, belajar musik, wawasan musik, musikalitas


Bakat Jauh Lebih Penting, Urgen, Keren, Mantap, Mewah, Luar Biasa Dibanding Alat Musikmu


Ada yang curhat,"om, saya minder, alat musik saya murah dan jelek, tapi kata sohibku aku punya bakat yang bagus di musik, gimana ya om biar tetap semangat main musik tanpa harus minder ngeliat musisi-musisi berduit disana yang punya alat mahal-mahal?" 


JAWAB: seburuk apapun gitarmu jika tanganmu istimewa maka gelagat permainan cerdas akan tetap terdengar, sejelek apapun drummu bila otakmu mampu mengkalkulasi beat dan mentransformasi visi kedalam feel maka kamu akan tetap terlihat jenius, sekumel apapun bassmu jika nada-nadamu mampu menjadi penyeimbang dan menyelinap diantara alat musik tonal dan non-tonal maka kamu tetaplah gagah sebagai bassist.

Secempreng apapun sound keyboardmu atau pianomu bila tahu konsep penetrasi harmonik didalam komposisi aransemen band maka kamu tetaplah seorang jawara.

Kamu tahu berapa banyak orang yang memiliki alat-alat musik bagus, mahal dan mengerikan harganya namun sangat miskin skill dan wawasan? punya pesawat bila diterbangkan oleh supir bajaj tentu akan beda kualitas ‘terbangnya'.

Asah bakatmu maka kamu akan tetap istimewa di segala medan pertempuran, dan banggalah pada bakatmu karena itu jauh lebih mahal, berkelas, mewah.


Antara bakat alam dan latihan keras


Di dunia musik ada dua keadaan yang biasanya dialami oleh semua pemusik / musisi, yakni berangkat dari bakat alam / bakat natural / talenta atau bisa karena latihan keras, ini adalah dua keadaan yang sedikit berbeda.

Bakat alam di musik biasanya tidak terlalu membutuhkan latihan yang super keras, ia cukup mengasahnya atau menggosoknya maka akan berkilau kemampuannya, walaupun berlatih itu tetaplah mutlak dibiasakan.

Sebaliknya kemampuan bermain musik yang didapat dari latihan keras biasanya disebut kemampuan mekanik. Kemampuan teknik atau mekanik sangat penting juga karena merupakan dasar dan cara bermain, jadi kita wajib tahu dan bisa dulu di tahap ini. Namun tidak semua yang punya kemampuan teknikal disebut pasti berbakat di musik, ini lain soal.

Contoh, di dunia musik ada sebagian pemusik yang sebenarnya kurang berbakat natural (alami) di musik tapi bisa bermain musik dengan baik secara teknis, biasanya tipe musisi seperti ini cenderung ke reading (baca partitur not). Namun walau secara teknis cukup atau baik, dalam sudut pandang musikal belum tentu masuk kedalam kategori musisi / pemusik berbakat.

Musisi / pemusik berbakat umumnya punya hearing (pendengaran) dan feel/soul yang baik, mereka ini bisa bermain secara 'mandiri', spontan dan lebih musikal, ditambah lagi mereka punya kemampuan cepat menguasai sisi teknikal bermain musik. Bakat itu lebih ke anugerah atau pemberian-Nya, kadang disebut bawaan lahir, tidak bisa dilatih atau dibeli, bakat murni anugerah.

Sebaik-baiknya pemusik adalah yang mampu menggabungkan kemampuan alaminya dengan latihan keras (kemampuan mekanik), jika kombinasi ini ada didalam diri seseorang, maka dia adalah musisi / pemusik yang bagus sekali dan ideal.  




(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik) 





Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

2 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama