Kumpulan Istilah Musik Yang Salah Dipahami, Gagal Paham

Istilah Musik, Salah Paham dan Gagal Paham


Murid-Murid disini banyak yang terkaget-kaget ketika tahu jawaban dari 3 pertanyaan berikut ini (*mereka baru menyadari bahwa anggapan yang selama ini berkembang adalah anggapan yang keliru); 

PERTANYAAN;
  • Siapa pemain utama ritem (rhythm player) didalam band ?
  • Siapa pemain utama melodi didalam band ?
  • Pelajaran apa yg paling gampang di gitar, bass dan piano / keyboard ?

JAWAB;
  • Gitar ritem. (*ini jawaban yg salah -X-)
  • Gitar melodi / lead guitar. (*ini jawaban yg salah -X-)
  • Ritem. (*ini jawaban yg salah -X-)

JAWABAN YANG BENAR ADALAH;
  • Pemain Drum dan Bass.
  • Vokalis.
  • Melodi. 




BANYAK YANG KAGET DENGAN JAWABAN INI !!!.. ketika mereka diberikan penjelasan, penjabaran dan contoh-contoh permainan, baru mereka menyadari kekeliruan yang berkembang selama ini... 

Contoh; di gitar selama ini yang berkembang adalah anggapan bahwa permainan melodi adalah yang tersulit, ternyata keliru, ritem dan chording lebih sulit daripada bermain melodi, loh kok bisa? karena chord itu jumlahnya bisa ribuan diambil dari berbagai jenis dan pola serta memiliki kepadatan harmoni vertikal serta bisa dimainkan horizontal seperti arpeggio (*beda dengan melodi yang cenderung bermain di satu nada dan berputar-putar dalam scale tertentu).

Ritem juga lebih sulit karena ia bisa flexible dimainkan dalam format chord maupun format melodi serta menjadi pembentuk karakter genre (*banyak yang mengira ritem itu cuma genjrang genjreng, ini keliru besar!!!).

Bass pun demikian, bass adalah salah satu pemain ritem utama, bass dan drum menjadi penentu irama / ritem, beat, tempo, dan lain-lain.. serta bermain ritem di bass maupun drum adalah perkara yang tidak mudah... 

Vokalis adalah pemain melodi utama (*setelah itu baru gitar, piano, bass, dan lain-lain..), karena melodi memiliki makna yakni rangkaian nada-nada yang dibunyikan secara berurutan dan mengungkapkan suatu gagasan yang biasa kita sebut sebagai 'lagu' (*lagu adalah bahasa lain dari melodi).


Istilah-istilah musik yang dikenal umum tapi salah dipahami


Banyak juga para pemula yang tidak memahami atau sering salah paham tentang istilah-istilah yang kerap digunakan didalam dunia musik seperti skill, scale, fill, feel, feeling, teknik, soul, ritem, melodi, improvisasi, dan lain-lain.. akan dijelaskan dibawah ini apa itu menurut pengertian yg benar;


1. SKILL

Adalah kemampuan / kecakapan / keahlian bermain musik, skill meliputi semua yakni kemampuan teknis maupun feel (rasa). banyak yang mengira bahwa skill itu hanya kemampuan teknis saja, ini anggapan keliru, karena skill meliputi teknis maupun musikal / sentuhan (rasa).

2. FILL

Adalah isian, artinya kita mengisi nada atau chord variasi di iringan musik yang sedang berjalan (*biasanya diisi di sela-sela beat atau di beat tertentu, tujuannya supaya tidak terdengar kosong atau butuh hentakan untuk menaikkan tensi aransemen). banyak pemula yang sering tertukar istilah antara fill dan feel (*mungkin karena pengucapannya sama), padahal ini adalah 2 hal yang berbeda.

3. FEEL

Adalah rasa, ketika kita bermain musik dengan penuh penghayatan dan sentuhan-sentuhan musikal yang baik itulah yang dinamakan feel.

4. FEELING

Adalah perasaan, istilah ini sering disamakan dengan feel, walaupun secara kata memiliki makna yang sama tapi secara pengertian ini adalah 2 hal yang berbeda, feel itu adalah rasa yang terpancar dari si pemain berupa sentuhan-sentuhan musikal, sedangkan feeling adalah perasaan. tentu berbeda antara rasa yang berwujud sentuhan dengan perasaan saja.

5. TEKNIK

Adalah cara bermain, banyak pemula mengira teknik hanya yang bentuknya cepat-cepat saja, sedangkan yang medium atau slow tempo itu main rasa, kata mereka.. ini anggapan keliru, teknik meliputi semua cara bermain di berbagai tempo, baik tempo pelan, sedang ataupun cepat, semuanya memiliki teknik-teknik tersendiri.

6. SOUL

Adalah penjiwaan, istilah ini juga sering disamakan dengan istilah feel, padahal beda, soul adalah menjiwai apa yang kita mainkan maupun apa yang kita dengar, contoh: disaat bermain feel tentu kita fokusnya hanya pada permainan kita, sentuhan kita, sedangkan soul lebih dalam lagi yakni selain memberi rasa terhadap permainan sendiri juga memberi 'nyawa' setiap apa yang kita mainkan dan larut didalam skema permainan penuh, contoh: jika kita nge-band maka kita ikut menghayati juga permainan-permainan personil lain, menghayati lirik lagu, nada lagu, melodi, ritem, ketukan, nuansa, panorama, dan lain-lain.

7. RITEM

Adalah irama, istilah di musik adalah panjang pendeknya nada, sederhananya ritem itu adalah lekuk / cengkok yang memiliki ciri khas tersendiri, ritem inilah yg membedakan aliran-aliran musik. banyak pemula yang mengira ritem itu adalah gitar genjrengan, padahal anggapan ini salah, di band pemain ritem utama adalah drummer, dan di instrument-instrument tonal (bernada) seperti gitar, bass, piano, ritem itu bisa berbentuk chord maupun nada.

Jadi ritem itu bisa dalam bentuk melodi atau berbentuk nada per nada, bukan hanya dalam bentuk chord, banyak pemula 'gak mudeng' di ritem yang berbentuk nada, malah melodi yang keren itu adalah melodi yang ritmik, karena punya mood dan nuansa tersendiri, dan tidak semudah seperti bermain melodi biasa.

8. MELODI

Adalah lagu, istilah di musiknya adalah kumpulan nada-nada yang disusun dan memiliki suatu gagasan.. melodi ini biasanya jadi ujung tombak (sentral) komposisi musik.. melodi itu arti sederhananya adalah lagu, dan lagu itu ada dua versi: 

  • Lagu yang dibawakan manusia namanya vokal
  • Lagu yang dibawakan alat musik namanya instrumental
Nah sayangnya banyak pemula mengira bahwa melodi itu hanya melulu di gitar, ini salah ! .. melodi itu bisa dimainkan juga di bass, piano, biola, dan alat-alat musik lain dan bahkan melodi utama di band itu adalah vokal.

9. IMPROVISASI

Adalah pengembangan, perbaikan, perluasan. banyak sekali pemula yang biasanya disaat jamming berkata," udah di-improv aja, asal kena aja !" padahal bahan permainan belum ada, ini salah sekali..

Improvisasi itu adalah mengembangkan bahan yang sudah ada, bukan memainkan bahan yang belum ada, misal bahannya adalah birama 4/4, tempo: 110, progression chord nya C, Am, F, G, ritemnya: poprock, nah ini bahan mentah lalu dikembangkan chord-chord nya menjadi CM7, Am7, FM7, G7-9 lalu birama diubah jadi 6/8 serta memberikan banyak bridge chords, passing chords dan scale-scale melodi yang diperluas...


~ semoga mencerahkan ~



(Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik)




Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

4 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama