l

Perlukah Menjadi Sosok Perfeksionis Dalam Bermusik ?

PERLUKAH MENJADI SOSOK 'PERFEKSIONIS' DALAM BERMUSIK ?



JAWAB: jawabannya adalah bisa IYA dan bisa TIDAK.. jawaban untuk pertanyaan ini sangat fleksibel, IYA apabila tujuannya 'merapikan', 'meng-indahkan' dan 'memutukan' kualitas musik supaya jauh dari kesan asal jadi / asal kena tanpa memperdulikan kaidah bermusik yg benar. TIDAK apabila tujuannya ingin benar-benar sempurna tanpa cacat, ini mustahil, sebab 'human error' dalam bermusik tetap dibutuhkan bahkan faktor 'humanisnya' musik adanya di beberapa 'error-error' yang 'disengajakan', karena tanpa itu maka musik kita seperti aliran robotisme (*ada bunyi tapi tiada rasa).

# error atau kesalahan dalam bermusik adalah kebutuhan musik yang 'laten' (*terkesan tidak kentara padahal perlu), tapi error yang dimaksud adalah error yang bersifat lumrah / manusiawi yang kehadirannya menyebabkan adanya sugesti dinamisme dan humanisme, bukan error karena gak bisa atau gak sanggup bermain musik yang baik, ini beda.






(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)


0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *