3+ Belajar Kunci Gitar (Video, Gambar) Chord LENGKAP, DASAR, MUDAH Untuk Pemula - REYAL MUSIK BERBAGI ILMU



3+ Belajar Kunci Gitar (Video, Gambar) Chord LENGKAP, DASAR, MUDAH Untuk Pemula

belajar kunci gitar, belajar chord gitar, belajar kunci gitar dasar, belajar kunci gitar mudah, belajar kunci mayor gitar, minor gitar, dominant7 gitar, chord mayor gitar

Ada 3 jenis chord paling utama, paling dasar, paling penting dan paling pokok dalam dunia musik yang wajib diketahui oleh para pemula, cara mudah dan cepat belajar kunci / chord gitar dasar dengan penjelasan yang gampang diikuti, mudah dipahami, komprehensif (membahas berbagai dimensi lainnya) serta sangat fundamental untuk diketahui terutama oleh para pemula.

  • Chord / Kunci Mayor 
  • Chord / Kunci Minor
  • Chord / kunci Dominant 7


Sebelum membahas ketiga jenis chord diatas, mari kita pahami dulu apa itu chord. Chord atau biasa disebut kunci (*saya lebih setuju jika penamaannya chord, kord atau akord, sebab kunci itu sebenarnya beda lagi dalam ilmu musik, tapi berhubung kebanyakan orang sudah terbiasa menamakannya kunci maka ra opo-opo, boleh..). 

Chord adalah sekumpulan nada-nada harmonis (normalnya 3 nada, ada juga yang 2 nada, ada juga yang 4 nada atau lebih) yang dibunyikan serentak (bisa juga dipetik satu-satu) untuk mengiringi lagu atau musik

Ini pengertian sederhananya… jadi tujuan bermain chord adalah sebagai ‘temannya’ lagu / musik yang sedang dibawakan, chord merupakan unsur paling penting didalam permainan musik, dan kemampuan bermain chord adalah penentu utama bagus tidaknya skill bermusik seseorang. 


3 Tangga Nada Pokok / Utama Dalam Musik


Tangga Nada (Scale) C Mayor 


1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
B
C’
  
Tangga Nada (Scale) C Minor 



1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
Eb
F
G
Ab
Bb
C’

Tangga Nada (Scale) C Dominant 7 

1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
Bb
C’


Chord yang biasa kita mainkan seperti mayor dan minor adalah jenis chord yang  memiliki formula 3 nada atau biasa disebut triad, apa itu formula atau chord tones ? formula adalah nada-nada pembentuk chord. 

Darimana asalnya chord itu ? chord berasal dari tangga nada (scale), misalnya chord C major atau cukup ditulis C memiliki formula 1,3,5 atau C,E,G diambil dari nada pertama, ketiga dan kelima dari tangga nada C major, ini rumusnya chord C mayor, nada-nada formula ini harus dihafalkan, jangan cuma menghafal letak atau posisi chord pada fretboard gitar tapi kita wajib tahu juga nada-nada pembentuknya agar bisa berkembang skill bermusik kita.

Mengetahui chord tones atau formula adalah syarat utama supaya kita mampu bermain harmonik, melodik dan improvisasi, jadi sangat-sangat penting menghafal formula itu. 

Sebelum membahas daftar formula lengkap chord-chord mayor, minor dan dominant, kita wajib tahu terlebih dahulu jumlah total nada atau biasa disebut tangga nada kromatik, nada totalnya berjumlah 12, rinciannya perhatikan dibawah ini;

Tangga Nada (Scale) Kromatik


belajar kunci gitar dan tangga nada kromatik

Itulah sebabnya ada beberapa pakar musik yang berkata,”sebenarnya didalam musik itu, tugasnya kita cuma mengolah 12 nada kromatik, diolah sebaik dan sebagus mungkin, tidak ada lagi yang lain…”. 

Ya memang betul adanya, karena permainan musik apapun pasti cuma berputar di 12 nada kromatik (*apa sih kromatik? artinya kumpulan nada-nada yang berjarak setengah, kalau di gitar dan bass, jarak setengah nada itu = 1 fret).. 

Ada lagi yang tanya,”om itu apa maksudnya C# kok dibawahnya ada Db?” jawab: itu namanya nada enharmonik, apa itu? satu nada tapi punya dua nama, jadi nama lain dari C# itu ya Db, ingat tanda # (kruis) dibaca ‘is’ artinya naik setengah, contoh: C# dibaca Cis, D# dibaca Dis, dan seterusnya… 

Untuk tanda b (mol) dibaca ‘es’ artinya turun setengah, contoh: Bb dibaca Bes, Gb dibaca Ges, dan seterusnya… paham kan? 


Nah setelah membahas tangga nada kromatik, sekarang waktunya kita tampilkan video dan gambar lengkap kunci / chord mayor, minor dan dominant lengkap dengan formulanya serta juga dengan beberapa pola pilihan main, selamat menyimak tutorialnya, video belajar kunci / chord gitar berikut ini ;


PENJELASAN RINCI BELAJAR CARA BERMAIN 12 CHORD MAYOR GITAR





PENJELASAN LENGKAP CARA BERMAIN 24 CHORD MAYOR / MINOR GITAR LENGKAP DENGAN PENJELASAN TAMBAHAN VARIASI PERMAINAN SEPERTI ARPEGGIO, MELODI, IMPROVISASI, Dll...





Penjelasan belajar 24 jenis chord mayor dan minor dalam video ini sangat lengkap penjabarannya, hingga membahas tentang teknik arpeggio (chording) gitar, teknik melodi gitar, teknik improvisasi gitar, berbagai voicing chord (variasi pembunyian chord), dan banyak lagi lainnya, silahkan simak videonya untuk menyerap banyak ilmu-ilmu penting tentang gitar.


Untuk menyimak gambar detil cara bermain kunci / chord mayor, minor dan dominant, klik link-link berikut ini : 




POLA CHORD (CHORD PATTERN) 

Pola chord, apa itu? pola chord adalah kita memainkan chord yang sama di tempat yang berbeda-beda atau posisi yang berbeda-beda di fretboard gitar, pola chord sekalipun berbeda lokasi, bentuk dan gaya tekan chord pada hakikatnya tidak merubah formula chord tersebut, isi nada-nada pembentuknya tetap sama.

Pola chord jumlahnya sangat banyak bahkan bisa mencapai ratusan pola (ini yang paling membuat mumet para pemula), apalagi mendalami bentuk-bentuk voicing chord atau inversi chord, tapi yang wajib kita tahu minimal di 3 tempat, yakni; open chord, barre chord dan partial chord.

Tiap pola memiliki sugesti masing-masing, open chord kesannya santai, barre chord atau block chord kesannya serius, groovy dan berwatak, partial chord kesannya melodik dan terang.

Kita boleh memainkan mana saja yang kita suka, tapi alangkah baiknya disesuaikan, misalnya ada lagu yang butuh suara gitar yang besar dan ramai maka cocok dengan open chord atau barre chord, kurang pas jika suasananya ramai lalu kita mengiringi lagu dengan partial chord.

Begitupun jika kita ingin suasana yang santai maka cocok dengan open chord, suasana yang semarak cocok dengan barre chord, suasana yang butuh fokus, detil dan harmonik melodik maka cocok dengan partial chord.

Ini kira-kira gambaran penggunaannya, gunakan sebijak dan setepat mungkin. Jika anda ingin mendalami sugesti chord dan macam-macam chord lainnya silahkan baca artikel Cara Mencari Chord Kunci Lagu Dan Belajar Lengkap Chord / Kunci Gitar, Piano & Bass 

Tidak semua chord ada versi open chordnya, apa sih open chord? Open chord adalah chord yang memiliki satu atau lebih formula nada yang di los (dibunyikan tanpa ditekan), open chord adalah chord-chord paling populer karena biasa dimainkan seperti chord C, Am, G, Em, Dm, dan lain-lain… 

Diantara chord-chord major yang memiliki versi open adalah C, D, E, G, A. untuk chord minor nya adalah Dm, Em, Am. Untuk chord dominant nya adalah C7, D7, E7, F#7, G7, A7, B7

Barre chord (*baca: bar) atau block chord (*lucunya di anak-anak muda kita sering disebut kunci balok hehe.. ini sebenarnya kata yang kepleset dari kata block), chord ini terlihat bonafit dan elegan.

Dan memang kebanyakan pemain profesional bermain di barre chord karena lebih fleksibel dan luwes untuk bergerak kemana saja, lebih mudah untuk pembentukan pattern-pattern permainan serta lebih powerful dan padat

Ciri barre chord adalah tidak ada satupun nada yang di los, semuanya diblok. Dan memang harus diakui bahwa melatih barre chord ini lebih sulit daripada open chord.

Partial chord, adalah chord atau kunci yang dipotong dari versi full nya, biasanya partial chord ini adalah potongan dari barre chord, sebut saja barre chord versi mini.

Partial chord atau chord kecil cocok untuk permainan-permainan chord yang membutuhkan nada-nada yang lebih mendetil, karena memang permainan partial ini biasanya cuma bermain di dua, tiga atau empat senar, tidak pernah full, jadi cocok untuk mencari titik fokus nada permainan.
 


(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)



6 komentar:

  1. TERIMAKASIH BUAT BAGI-BAGI ILMUNYA.. MANTAF

    ReplyDelete
  2. Banyak banget om, makasih udh mau berbagi
    Semoga ReyalMusik semakin maju, Amin

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak sharingnya mas, sepertinya harus rajin latihan biar paham benar.

    ReplyDelete

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *