Belajar Petikan Gitar Kunci Sus 2 Dan Sus 4 (Suspended Chords), Latihan Dasar Untuk Pemula

belajar gitar, belajar petikan gitar, belajar kunci gitar sus 2 sus 4, belajar chord gitar



Latihan menggunakan kunci chord sus 2 dan sus 4 untuk petikan gitar enak dan keren


Kunci sus atau suspended chord tergolong kunci dominant yang memiliki ciri di nada ke 2 dan 4 pada major scale (tangga nada mayor).

Chord sus ini termasuk jenis kunci yang paling sering digunakan sebagai chord variasi, mengapa demikian? karena kunci ini mudah dimainkan, memiliki karakter bunyi yang tidak terlalu berat, enak bunyinya baik dimainkan secara petikan maupun kocokan / genjrengan gitar.

Kunci suspended atau chord sus ini biasanya sering dimainkan di part intro, interlude, fill in, dan lain-lain dalam suatu komposisi permainan musik.

Bahkan kunci sus ini sering juga digunakan menjadi melodi chording (melodi yang berlandaskan chord-tones) seperti salah satu intro permainan solo melodi terkenal adalah melodi pada intro lagu sweet child o mine nya Guns 'N Roses, Slash di intro itu bukan memainkan melodi murni dari scale tapi memainkan chord-tones nya sus 4 tepat di iringan chord D mayor.

Inilah kelebihan kunci suspended chord ini yakni bisa multi fungsi.


Cara Bermain Petikan Gitar Dengan Kunci Chord Sus2 Dan Sus4, Mudah Dan Praktis


Chord ini memiliki (kesan / karakter bunyi) yang 'tanggung', karena sifat bunyinya yang tanggung inilah yang menyebabkan penasaran, sehingga jika kita bisa memaksimalkan penggunaan chord ini maka permainan kita akan membuat pendengar menjadi penasaran dan betah mendengar apa yang kita mainkan.

Untuk lebih jelas lagi biar paham dengan asal-muasal kunci ini jika diukur dari chord mayor, perhatikan chord-tones nya dibawah ini ;

  • C = C, E, G (chord mayor)
  • Csus2 = C, D, G (chord sus2)
  • Csus4 = C, F, G (chord sus4)

Perhatikan tangga nada mayor (major scale) di tabel ini


Urutan
1
2
3
4
5
6
7
Major Scale
C
D
E
F
G
A
B


Dari tabel diatas kita bisa melihat bahwa nada-nada sus itu ada di urutan 2 dan 4 dari tangga nada mayor, rumusnya dikenal dengan penyebutan angka 1,2,5 dan 1,4,5.

Kunci sus atau suspended chord ini seringkali dimainkan dalam versi petikan gitar, jika kita suka dengan lagu-lagu pop, ballad, rock, dan lain-lain maka pasti kita akan sering mendengar penggunaan kunci / chord ini. 

Juga kerap dimainkan dalam versi genjrengan gitar, memiliki ciri bunyi yang khas, kalau sudah terbiasa mendengar bunyinya tanpa melihatpun kita tahu bahwa yang dimainkan adalah chord sus.

Video berikut ini akan memberi 3 contoh permainan petikan gitar akustik kunci sus2 dan sus4. Selamat menyimak dan selamat belajar...







Belajar Petikan Gitar Mudah, Cepat, Lengkap Untuk Pemula


Jika anda masih pemula dan ingin belajar petikan gitar dasar yang lengkap, tepat, benar dan komprehensif, pembahasannya mencakup teknik petikan gitar fingerstyle dan teknik petikan gitar pickingstyle, lengkap dan akurat untuk pemula, dilengkapi dengan berbagai pola teknik cara memetik gitar baik dengan jari langsung (fingerstyle) maupun dengan pick gitar, maka video berikut ini adalah jawabannya.

Video belajar petikan gitar ini adalah video yang sangat penting dipelajari oleh setiap pemula karena cakupan materi pelajarannya sangat lengkap untuk pembentukan skill dasar bermain gitar terutama cara bermain petikan gitar. Pelajaran dalam video ini berlaku umum artinya bisa dipraktekkan di gitar akustik maupun gitar elektrik / gitar listrik.

Video belajar gitar ini berdurasi panjang sehingga konten pelajarannya lengkap dan bisa diikuti oleh siapapun baik yang masih nol maupun yang sudah punya sedikit dasar bermain gitar, selamat menyimak video tutorial petikan gitar ini dan semoga bermanfaat







( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

3 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama