Belajar Melodi Gitar Teknik Pedal Note (Pivot), Latihan Bermain Nada Poros

Belajar Melodi Gitar Teknik Pedal Note (Pivot) / Pedal Point / Pedal Tone


Teknik bermain melodi gitar pedal note / pedal point / pedal tone / pivot adalah teknik yang menempatkan satu nada sebagai poros (pivot) pengulangan diantara nada-nada yang dimainkan, sehingga membentuk nada poros sebagai selingan memainkan antar nada.

Teknik ini banyak didapat dalam permainan musik klasik, rock, blues, country, metal, dan lain-lain. Teknik ini memiliki sugesti yang 'bergelombang' sahut menyahut, keren untuk didengarkan. Bisa diterapkan di banyak style permainan gitar mulai dari petikan gitar hingga melodi gitar


belajar melodi gitar pemula teknik bermain pedal note, pivot, pedal point, nada poros



Teknik melodi gitar ini juga merupakan teknik yang cenderung speed (cepat), sangat baik untuk dijadikan latihan rutin untuk membentuk kecepatan tangan, baik tangan kanan (picking hand) dan tangan kiri (fretting hand).

Teknik ini juga bisa melatih teknik string skipping sebab jika teknik ini dimainkan dari senar 1 sampai 5 lalu senar 2 dijadikan poros atau pedal not nya maka pasti ada string skipping (lompat senar) tatkala memainkan not-not melodi di senar 4 dan 5.


Cara bermain melodi gitar teknik pedal note / pivot, latihan nada poros


Teknik pedal note ini identik dengan nada atau not 1/8, dan juga sering dimainkan dalam not triplet / triol (satu ketuk bunyi 3 nada) yang memiliki bunyi yang lebih menarik, jadi memainkan teknik pivot ini juga bisa membentuk teknik triplet picking kita juga.

Teknik ini bisa dimainkan di gitar akustik maupun gitar elektrik. Teknik ini sebenarnya diadopsi dari gaya permainan biola dalam permainan musik klasik, walaupun selain classical music, style teknik pivot ini juga sering dimainkan biola dalam genre-genre lainnya seperti genre country, bluegrass, dan lain-lain.

Di kemudian hari teknik ini dikembangkan di gitar terutama di gitar elektrik dan menjadi semacam teknik wajib di era guitar heroes 70an dan 80an. Hingga saat ini teknik ini masih digunakan bahkan dalam genre-genre modern macam electro juga banyak menerapkan teknik pedal note / pivot ini.

Tutorial bermain melodi teknik pivot (pedal note) untuk pemula  


Video tutorial gitar atau video belajar melodi gitar berikut ini berisikan beberapa contoh cara mudah cepat bisa bermain teknik melodi gitar pedal note / pedal point / pedal tone / pivot, yang dimainkan baik dalam bentuk permainan melodi gitar maupun permainan petikan ritem gitar, selamat menyimak dan semoga bermanfaat...
 





( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )


Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

2 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama