l

Musisi Seharusnya Musikal Sekaligus Teknikal

tipe, jenis dan golongan musisi / pemusik
Musisi Seharusnya Musikal Sekaligus Teknikal, Mampu Memenuhi Unsur Feel / Soul Maupun Teknik Bermain Musik Yang Baik.


Dewasa ini, kalau kita analisa lebih dalam, musik terbagi menjadi 2 golongan ekstrim :

(1) Ekstrim teknis
(2) Ekstrim non teknis

Ekstrim teknis (berlebihan dalam sisi teknis) adalah permainan musik yang lebih mengejar unsur teknikal, biasanya banyak didapat di genre-genre musik speed, terutama genre-genre progresif, ekstrim jenis ini biasanya sedikit mengabaikan unsur 'feel & soul' bermusik alias sedikit menggeser unsur 'musikal', lebih terbius unsur 'wow' dan technical oriented dengan meng-eksplorasi kerumitan-kerumitan yang bisa diaplikasikan kedalam beat, tempo, fill, dinamika, harmoni, improvisasi, dan lain-lain. 

Ekstrim non teknis (tidak memenuhi unsur teknis yang baik) adalah permainan musik yang sekenanya, tidak didukung kemampuan teknis yang memadai, lebih cenderung ke 'feel & soul' versi dirinya sendiri (*belum tentu versi yang ideal), versi ini penggiatnya banyak karena siapapun bisa nimbrung di versi ini, bahkan yang baru belajar chord (kunci) kemarin sore pun bisa ikutan, tidak ada syarat ketat dalam bermain musik tipe ini. Biasanya tipe ekstrim non teknis ini mayoritasnya sebenarnya bukan pemusik atau musisi sejati melainkan orang-orang yang rajin bermimpi (*berkhayal) tapi kurang ikhtiar (malas belajar), tujuan bermain musik bagi tipe ini adalah sekedar gaya (style) dan memimpikan popularitas. Ciri pokok mereka adalah bermain musik apa adanya, tidak terlalu memikirkan unsur artistik, edukatif, inovatif dan kreatif.  

Lalu timbul pertanyaan, dimana sebaik-baiknya posisi seorang musisi (pemain musik) ???

JAWAB: menurut saya (*opini pribadi, bisa saja beda dengan yang lain dan berbeda itu lumrah).. pemain musik yang ideal itu berada ditengah-tengah alias pertengahan, dan pertengahan itu adalah mampu me-mix dua unsur terpenting dalam musik secara imbang dan proporsional yakni unsur teknikal dan musikal.. kalau ngikut bahasa anak sekarang ; “gak perlu lebay” atau “gak perlu ngalay”, cukup ambil yang tengah-tengah.. biasanya yg tengah-tengah ini mampu menjangkau lebih banyak telinga dan hati, lebih taktis dalam komposisi musiknya, lebih visioner, variatif dan fleksibel, bahkan fakta di lapangan membuktikan dengan jelas bahwa hampir semua musisi-musisi atau pemusik-pemusik legendaris atau yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan musik dunia adalah golongan musisi yang cerdas karena mampu memposisikan diri mereka sebagai golongan pertengahan, mampu mengolah kemampuan teknis maupun musikal sama baiknya, sesuai porsi yang ideal dan memenuhi kaidah feel / soul bermusik.

Ingat !!! Musik itu balancing.. jangan dibuat berat banget sampai melupakan unsur musikal..dan jangan pula dibikin alay banget sampai melupakan unsur teknikal...


( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )




2 komentar:

  1. SETUJU...MANTAP ARTIKELNYA

    ReplyDelete
  2. artikel yang bijak.. setuju

    ReplyDelete

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *