l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Belajar Teori Musik Untuk Gitar, Piano Keyboard, Bass Itu Penting

Belajar Notasi Musik, Belajar Not Balok, Belajar Tablatur / Tabulasi / Diagram

Belajar Teori Musik Untuk Gitar, Piano Keyboard, Bass Itu Penting

Sebelum membahas tentang teori musik, kita harus pahami dulu apa itu teori musik, karena fakta lapangan membuktikan bahwa banyak yang menyamakan belajar teori musik itu ya belajar not balok (partitur) atau belajar teori musik ya belajar membaca (reading).

Anggapan diatas sebenarnya keliru , karena belajar teori musik itu tidak harus dengan not balok (partitur), mengenal notasi (sistem nada dalam musik) tidak harus dengan belajar not balok, jadi intinya belajar teori musik itu beda dengan belajar not balok, jika kita ingin menjadi seorang musisi (pemain musik) yang baik maka belajar teori musik itu sangatlah penting, karena akan sangat memudahkan kita dalam memahami instrument (alat musik) secara baik, benar dan efektif. Bagaimana dengan belajar not balok? apakah penting? tidak! not balok itu cuma media penyampai berupa transcript / catatan, bukan rumus fundamental bermusik, apalagi didalam permainan musik yang dimainkan dalam format band, not balok hampir tidak berfungsi disini, not balok hanya cocok untuk musik-musik yang cenderung classical, sedangkan musik-musik umum seperti pop, rock, blues, jazz, fusion, reggae, metal, rock & roll, country, ballad, rap, r’nb, dan lain-lain tidak membutuhkan not balok.

Sayangnya ada anggapan berkembang bahwa belajar teori musik itu diidentikkan dengan belajar not balok, ini sangatlah salah! sebab not balok hanya ‘media penyampai’ berupa catatan notasi, sedangkan teori musik adalah rumus bermain musik yang sesungguhnya dan sangat dianjurkan untuk kita ketahui seperti mengenal jenis-jenis chord, scale, mode, harmoni, improvisasi, dan lain-lain, semua pengenalan ini tidak membutuhkan not balok, kita hanya fokus menghafal / mengetahui / meng-analisa semua rumus / teori musik, misalnya kita belajar kunci C mayor, maka sebaiknya kita mengetahui kunci / chord ini terbentuk dari 3 nada yakni C (do), E (mi) dan G (sol), ini yang dinamakan formula chord (chord-tones) / nada-nada pembentuk chord, contoh lainnya jika kita ingin bermain melodi di chord-chord dasar seperti C Am F G maka kita tinggal gunakan tangga nada mayor (major scale) nada dasar C : C, D, E, F, G, A, B. Inilah yang disebut teori / rumus, jadi tidak perlu not balok untuk memahami ini, dan tatkala kita sudah paham teori ini maka tinggal langsung dipraktekkan di alat musik pegangan kita. Dan salah satu keuntungan utama jika kita belajar teori musik tanpa menggunakan not balok adalah kita secara otomatis juga akan meningkatkan level feel / soul bermusik karena telinga kita terasah baik lewat latihan yang dijalani yakni meniru dan memainkan. Tentu berbeda jika kita mempelajarinya via not balok, feel / soul bermusik akan cenderung menurun.

Dari semua penjelasan diatas, kita bisa menarik beberapa kesimpulan diantaranya; 


1. belajar teori musik itu adalah sangatlah penting, karena sebagai musisi yang baik tentu kita harus mengetahui jenis-jenis chord berikut formulanya, scale (tangga nada), mode (variasi tangga nada), harmoni (paduan nada), dan lain-lain, semua teori ini akan mempermudah kita dalam menguasai permainan alat musik.

2. Belajar teori musik itu berbeda dengan belajar not balok, sebab belajar not balok itu hanyalah salah satu cabang dari belajar teori musik, masih banyak cabang-cabang teori musik lainnya yang lebih efektif dan praktis untuk ditekuni. Belajar teori musik bisa dikatakan sangat ditekankan (penting) sedangkan belajar not balok itu tidaklah penting (bisa ditinggalkan dan diganti dengan metode bacaan lainnya yang lebih efektif seperti tablatur, diagram, tabulasi, dan lain-lain…), not balok bisa menjadi penting dan dibutuhkan jika bermain di genre klasik (classical music) mulai dari instrumental klasik seperti gitar klasik, piano klasik, biola klasik hingga orchestra.

3. Jika ada sebagian yang beranggapan bahwa teori musik tidak perlu dipelajari maka sangat rugilah dia, karena bermain tanpa rumus (teori) sama seperti orang yang berjalan di kegelapan. Dengan teori, semua menjadi terang dan mudah, teknik bermain musik di gitar, piano keyboard, bass, biola, dan lain-lain akan lebih mudah dikembangkan, dieksplorasi, diinovasi dengan teori musik.







( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )



  


0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *