l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Daftar Gitaris Terbaik Dunia Dari Perspektif Musikal dan Teknikal

List / Daftar Gitaris Terbaik Dunia Dari Perspektif (Sudut Pandang) Skill Musikal dan Skill Teknikal


Sebelum saya bahas tentang daftarnya, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu perbedaan gitaris musikal dan gitaris teknikal, gitaris musikal adalah gitaris yang lebih condong ke sisi musik (feel/soul dan karakter) daripada sisi teknis bermusik, gitaris-gitaris yang ada dalam golongan ini cenderung memiliki karya lagu / karya musik yang dikenal luas dan berpengaruh serta memiliki style permainan yang dinamis (tidak monoton), memiliki teknik yang variatif dan setiap nada yang dimainkannya memiliki sugesti musikal yang kuat. Gitaris teknikal adalah tipe gitaris yang lebih menonjolkan sisi teknik bermain (meskipun feel/soul bermain juga tetap ada tapi lebih menonjol tekniknya), umumnya gitaris-gitaris bertipe teknikal memiliki kemampuan teknik bermain gitar yang sangat tangkas, sangat baik dan stabil bahkan ada yang mendekati sempurna dan mereka ini banyak dijumpai di genre-genre musik yang speed (cepat) seperti rock, metal, bluegrass, gypsy, dan lain-lain. Kesimpulannya adalah taste (selera) kita, semua dikembalikan ke taste masing-masing apakah kita lebih suka yang musikal atau teknikal, yang paling bagus adalah berada di tengah-tengah antara musikal dan teknikal secara persentase 50:50, 55:45, 45:55, 60:40, 40:60. Lebih baik hindari yang terlalu ekstrim ke musikal (tanpa memperdulikan teknik) atau ekstrim teknikal (tanpa memperdulikan feel/soul bermain musik), sebab umumnya yang ekstrim itu cenderung monoton (membosankan).



Kumpulan Pemain Gitar Terbaik Dunia


Berikut ini list atau daftar gitaris terbaik dunia (menurut saya) dari perspektif musikal :

- George Harrison (Gitaris The Beatles)
- Eric Clapton
- BB King
- Carlos Santana
- Brian May (Gitaris Queen)
- Mark Knopfler (Gitaris Dire Straits)
- Jimi Hendrix
- David Gilmour (Gitaris Pink Floyd)
- Jimmy Page (Gitaris Led Zeppelin)
- Ritchie Blackmore (Gitaris Deep Purple)
- Joe Perry (Gitaris Aerosmith)
- Chuck Berry
- Steve Vai
- Joe Satriani
- Eric Johnson
- Joe Pass
- John McLaughlin
- Al DI Meola
- Paco De Lucia
- Stevie Ray Vaughan
- Steve Lukather (Gitaris Toto)
- Pat Metheny
- Garry Moore
- Wes Montgomery
- Django Reinhardt
- George Benson
- Robert Johnson
- The Edge (Gitaris U2)
- John Frusciante (Gitaris RHCP)
- Frank Zappa
- Roy Buchanan
- Jeff Beck
- Keith Richards (Gitaris The Rolling Stones)
- Slash (Gitaris Guns 'n Roses)
- Johnny Greenwood (Gitaris Radiohead)
dan lain-lain... 

Berikut ini list atau daftar gitaris terbaik dunia (menurut saya) dari perspektif teknikal 

Shawn Lane
- Jason Becker
Yngwie Johann Malmsteen
Danny Gatton
- Michael Angelo Batio
- Bireli Lagrene
- Buckethead
- Uli Jon Roth
Alan Holdsworth
- Paul Gilbert
- Vinnie Moore
- Eddie Van Halen
- Marty Friedman
- Frank Gambale
John Petrucci
Randy Rhoads
- Ritchie Kotzen
Zakk Wylde
Synister Gates
Herman Li
dan lain-lain...

Sebenarnya list / daftar gitaris terbaik dunia diatas bukanlah memutlakkan style permainan sang gitaris di golongan / tipe permainan tertentu, karena faktanya seperti paco de lucia, al di meola, john mclaughlin, george benson, joe pass, wes montgomery, dan lain-lain, selain punya sisi musikal yang kuat juga memiliki kemampuan teknikal yang luar biasa, sebaliknya di list gitaris teknikal seperti danny gatton, frank gambale, bireli lagrene, alan holdsworth, dan lain-lain itu juga memiliki skill musikal yang luar biasa, jadi kesimpulannya penggolongan list diatas tidaklah mutlak alias hanya mengambil sample dari style permainan mereka secara umum diukur dari segi variasi permainan, karya lagu / musik, speed (kecepatan) dan influence (pengaruh) musikalitas. dan perlu dicatat juga bahwa masih banyak sekali gitaris-gitaris hebat lainnya yang belum disebut diatas, list ini saya susun berdasarkan dari yang pernah saya simak saja, bisa jadi ada beberapa yang pernah juga saya simak tapi tidak saya sebut diatas, mungkin karena faktor sudah terwakilkan oleh yang lain secara style permainan atau bisa juga faktor lupa. Atau bisa pula masih ada gitaris-gitaris hebat lainnya yang tidak saya sebut diatas karena faktor belum tahu. Karena faktanya gitaris-gitaris yang baru dan hebat akan terus lahir yang bisa jadi hadir memberikan style permainan yang lebih fresh, pemain gitar hebat ternyata banyak juga didapati di sosok-sosok musisi yang tidak terlalu muncul ke permukaan (tidak terlalu terkenal tapi memiliki skill bermain gitar yang luar biasa). Intinya list diatas hanya untuk wawasan saja. Dan juga list diatas masih lebih dominan ke pemain gitar elektrik, untuk gitaris akustik yang juga memiliki skill luar biasa diantaranya tommy emmanuel, john william (classical guitar), paco pena, andres segovia, adrian legg, chet atkins, don ross, leo kottke serta yang gitaris zaman now macam sungha jung, andy mckee, dan lain-lain.

List diatas juga bisa disebut daftar gitaris terbaik sepanjang masa, walaupun belum semua tersebut diatas tapi setidaknya sudah mewakili para monster-monster gitar di berbagai era dan genre, terutama gitaris-gitaris besar yang memiliki skill diatas rata-rata (luar biasa) serta sosok-sosok pionir (perintis) yang sangat mempengaruhi / memiliki influence yang besar terhadap perkembangan musik dunia. 



( Words by Dani Mkd @ReyalMusik )




3 komentar:

  1. saya paling suka sama vinnie moore, rapi banget mainnya

    ReplyDelete
  2. bang,mau benerin
    yang bener Synyster Gates, bukan synister, terima kasih

    ReplyDelete

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *