l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Antara Arranger Musik, Sound Engineer Dan Musisi

Terkadang ada sebagian sound engineer yang juga mengaku-ngaku sebagai seorang arranger musik (penata musik), padahal beda skali, lain ilmu, lain bidang. Seorang sound engineer belum tentu seorang arranger musik juga, begitupun sebaliknya. Kalau anda butuh saran musikal, ya sebaiknya jangan ke sound engineer (karena seorang sound engineer umumnya cuma paham dunia tracking / recording, mixing, mastering, sound system, dll...), kalaupun tahu dunia aransemen, biasanya cuma sekedarnya aja, tidak terlalu mendalam.


Arranger Musik (Penata Musik)

Terus, untuk saran musikal sebaiknya kita bertanya kemana? tentunya carilah arranger musik jika kebutuhan anda adalah ingin tahu ide-ide, solusi dan inspirasi musikal, arranger musik yang bagaimana? pastinya arranger musik yang sejati, karena sekarang banyak yang ngaku-ngaku arranger musik tapi sebetulnya tak paham musik, kurang ahli bermain alat musik dan diperparah lagi dengan wawasan musik yang tidak luas, terus..yang sejati itu gimana? yang punya keahlian bermain alat musik secara natural (bukan 'midi oriented'), punya pengalaman dan bukti hasil kerja yang banyak, mengerti banyak genre musik serta mampu memainkannya, punya karya yang berkualitas dan diakui, dan jika ia juga adalah seorang songwriter (penulis lagu) maka itu adalah nilai yang sangat plus.



Studio Rekaman dan Les Musik Jakarta
Studio REYAL MUSIK


Sound Engineer (Penata Audio)

Sound engineer adalah ilmu yang khusus mengolah / memproses audio (suara), seorang sound engineer sangat dibutuhkan didalam dunia audio production diantaranya untuk proses rekaman di studio, rekaman live panggung, dan lain-lain. Seorang sound engineer tidak mutlak harus bisa bermain musik (jika bisa, tentu jauh lebih baik), selama ia memiliki skill meramu audio yang baik maka itu sudah cukup sebagai keahliannya. Secara ilmu dan praktek tentunya lebih sulit menjadi seorang arranger musik (penata musik), karena cakupan ilmunya yang sangat luas serta kemampuan teknisnya juga butuh latihan yang benar-benar keras, konsisten dan sistemik, dan arranger musik yang ideal itu harus bisa menguasai minimal 3 alat musik, lebih dari 3 lebih bagus, bukan perkara mudah bisa menguasai 3 instrument sekaligus. Namun uniknya seorang arranger musik pun belum tentu punya kemampuan menata audio atau sound engineering yang baik.


Musisi (Pemain Musik)

Uniknya juga, seorang pemusik / musisi yang jago main alat musikpun belum tentu jago aransemen, sebab kemampuan arranging itu membutuhkan banyak backup ilmu atau ilmu-ilmu pelengkap lainnya, selain instrumentasi, tentu dibutuhkan juga wawasan musik yang luas, daya serap & daya tangkap yg bagus, bakat musikal, memiliki kemampuan harmonik artinya mampu menyatukan berbagai unsur, rajin / tekun, cerdas, dan lain-lain. Sedangkan seorang musisi tidak harus demikian. Musisi umumnya fokus di karya dan permainan musik/lagu. Lalu adakah seorang musisi sekaligus seorang music arranger? tentu ada, tapi jumlahnya tidaklah banyak karena memiliki keterampilan multi (bisa berbagai ilmu) tidaklah semudah yang dibayangkan.

Kesimpulannya, masing-masing bidang memang memiliki tantangannya sendiri-sendiri, saya termasuk salah satu yang mendalami sekaligus dunia aransemen musik, sound engineering dan musisi, dari pengalaman saya, menjadi arranger musik lebih membutuhkan usaha yang lebih keras meskipun tidak menjamin bahwa seorang music arranger bisa pula memiliki skill sound engineer maupun skill seorang musisi, banyak juga penata musik yang tidak memiliki kemampuan songwriting (menulis lagu) sebaik para musisi.

Semoga pembahasan ini bermanfaat.



( Words by Dani MKD @ReyalMusik )





0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *