Belajar Melodi Gitar Lengkap, Tips, Teknik, Tutorial, Rahasia Cara Bermain

Belajar Melodi Gitar Mudah Dan Lengkap Untuk Pemula, Cukup Dengan 3 Metode Ini


Bermain melodi gitar
dengan baik, enak, bagus dan berkualitas tentu merupakan impian setiap gitaris, namun faktanya tidak banyak yang mengetahui tips, metode, trik pendekatan cara bermain melodi yang benar, tepat dan lengkap

Video belajar gitar / video tutorial gitar berikut ini akan menjelaskan tutorial melodi gitar tentang 3 rahasia teknik bermain melodi gitar dengan pendekatan scale (tangga nada), chording / chordal (kunci) dan passing notes/chords berikut tangga nada kromatik.

3 konsep ini saya (Dani MKD) gunakan selama bertahun-tahun dalam memainkan berbagai melodi gitar dan sangat fleksibel untuk genre musik apapun.

saya cukup nyaman dan fokus dengan 3 metode bermain melodi gitar ini karena menurut saya, metode-metode ini sangat efektif, tidak monoton, unik jika di-combine serta bisa juga menghadirkan bunyi-bunyi yang lebih fresh

Selain itu permainan melodi kita juga lebih terkontrol dan kombinatif serta jika mampu mem-blending ketiga style ini, kita akan bisa menghadirkan banyak bunyi-bunyi yang khas dan unik serta berkarakter.

Banyak gitaris-gitaris dunia yang sanggup mengawinkan ketiga cara bermain melodi gitar ini dengan sangat kreatif dan inovatif, mereka bisa menemukan karakter bunyi yang fresh, unik dan enak sekali untuk didengar.



belajar gitar, belajar melodi gitar, cara bermain melodi gitar, teknik dasar melodi gitar



Cara Bermain Melodi Gitar Yang Tepat, Benar, Enak Dan Cerdas


Reyal Musik dalam pengalaman proses pengajaran untuk program les / kursus gitar menemukan banyak fakta diantaranya adalah banyak murid yang hanya tahu metode scale dalam permainan melodi, dan scale yang digunakan juga hanya berputar antara major scale dan minor scale.

Jarang sekali menyentuh scale-scale yang lainnya, padahal jumlah scale banyak sekali, dan faktanya juga ternyata permainan melodi yang hanya berkutat di scaling pun akan menghadirkan permainan melodi gitar yang cenderung monoton. 

Jika ada kombinasi antara scale (tangga nada) dengan chording (permainan melodi yang berasaskan pada formula chord / kunci, nada-nada pembentuk chord) dan apalagi ditambah dengan memiliki kemampuan meramu kromatik dengan teknik passing tentu akan menghadirkan suatu permainan yang jauh lebih enak dan berkelas

Untuk inilah Reyal Musik men-share video tutorial melodi gitar ini sebagai pembuka wawasan terutama untuk pemula agar mereka bisa memiliki mindset yang cukup untuk bisa memulai belajar gitar secara baik, tepat dan benar.



Video Tutorial Melodi Gitar / Video Belajar Melodi Gitar


Video belajar melodi gitar berikut ini dipecah menjadi 3 part (3 bagian) untuk mempermudah mempelajarinya secara step by step atau bertahap sehingga ilmu yang didapat bisa meresap secara baik.

Jika anda memang benar-benar ingin bisa bermain melogi gitar dengan baik dan benar maka mempraktekkan ketiga metode ini adalah keharusan

Silahkan lakukan eksperimen sendiri dengan ketiga metode ini dan temukan sendiri style yang paling cocok dan sreg untuk anda. Lengkapnya perhatikan 3 poin berikut ini : 

  1. Part pertama membahas tentang cara bermain melodi gitar berbasiskan scale (tangga nada) dalam hal ini tangga nadanya dicontohkan dengan tangga nada atau scale yang paling baku yakni major scale (tangga nada mayor), juga dilengkapi dengan penjelasan tentang progresi chord nya atau family chord nya.

  2. Part kedua membahas tentang cara atau teknik bermain melodi gitar berbasiskan chord (kunci) atau biasa disebut chording atau chordal, di video kedua ini juga akan dibahas jelas tentang apa itu chord tones / formula chord.

  3. Part ketiga adalah pembahasan tentang variasi-variasi melodi gitar dengan menggunakan teknik passing notes atau passing chords berikut contoh penerapan tangga nada kromatik untuk memperindah / memperkaya permainan melodi gitar.

Dengan mengetahui 3 rahasia bermain melodi gitar ini, anda tinggal menerapkan teknik-teknik gitar lainnya seperti bending, hammering (hammer on dan pull off), sliding (slide up, slide down, sliding chord), tapping, vibrato, double stop, dead note, sweep picking / sweeping arpeggio, skipping, thrill, pivot / pedal note, pinching harmonic, dan lain-lain, maka permainan anda akan terdengar PRO dan ideal baik dimainkan di gitar elektrik maupun gitar akustik.

Anda juga bisa melatih stamina jari (endurance) dengan memperbanyak latihan senam jari gitar (fingering) termasuk latihan picking (terutama alternate picking, menggunakan pick gitar) dengan tangga nada dasar seperti major scale

Lebih baik memainkannya dengan metronome agar kemampuan fokus pada tempo meningkat, suatu waktu jika anda sudah mahir bermain gitar dan sudah bisa memainkan teknik improvisasi gitar maka anda mengerti mengapa smua yang dibahas di artikel ini adalah sangat penting untuk pembentukan skill bermain gitar yang bagus, mantap dan ideal.

Untuk jelasnya silahkan disimak langsung saja, video tutorial gitar ini sangat berguna terutama sebagai wawasan awal untuk para pemula dan menengah sebelum memasuki atau mempelajari ilmu melodi gitar lebih dalam lagi, semoga bermanfaat dan selamat belajar



Belajar Bermain Melodi Gitar, Cara Bermain Dengan 3 Metode


1. Belajar Melodi Gitar Metode Scale (Tangga Nada)

2. Belajar Melodi Gitar Metode Chording (Formula Kunci)

3. Belajar Melodi Gitar Metode Passing (Kromatik)









( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )





Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

8 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama