l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Panduan Cara Membuat Aransemen Musik / Lagu Yang Baik, Bagus Dan Berkualitas

Aransemen musik adalah iringan musik yang ditata / disusun secara baik, terukur, harmonik sebagai pengiring musik maupun lagu. Cara membuat aransemen musik / teknik aransemen musik harus benar-benar dikuasai jika kita ingin menghasilkan karya musik yang utuh dan berkualitas.

Memang tidak mudah mengaransemen lagu / musik karena dibutuhkan sosok yang betul-betul memahami musik baik dari segi wawasan musik, instrumentasi, ide musikal, kemampuan menyerap nada lagu dan lirik lagu serta kemampuan atau skill blending (mencampur) berbagai unsur musik yang baik dan mumpuni.

Skill arranging atau kemampuan mengaransemen musik / lagu adalah skill yang biasanya diperoleh melalui berbagai tahapan proses perjalanan musikal seseorang, bisa dimulai dengan berbagai pengalaman menjadi player (pemain musik) terlebih dahulu, atau langsung fokus ke dunia aransemen musik juga bisa, tapi yang paling ideal awali dulu sebagai player karena pengalaman sebagai player bisa membuat kita mengerti banyak dimensi dalam musik.



cara membuat aransemen musik / lagu, teknik aransemen musik, panduan membuat aransemen musik


Menjadi Seorang Arranger Musik, Apa Saja Syaratnya ? 

Menjadi seorang arranger musik atau penata musik sangat dianjurkan untuk minimal menguasai tiga instrument / alat musik atau biasa disebut multi-instrumentalist, contoh: bisa memainkan gitar, piano dan drum dengan baik atau bisa bermain bass, keyboard piano dan drum dengan bagus.

Dengan memahami banyak instrument maka ia akan lebih mudah memahami harmonisasi antar instrument, hal ini sangat penting karena pada prinsipnya aransemen musik itu adalah memadukan berbagai unsur dan alat musik.

Apakah harus menjadi yang benar-benar ahli dalam memainkan alat musik ? jawabannya adalah tidak mutlak, setidaknya kita bisa memainkan alat-alat musik tersebut dengan baik, tidak harus menjadi seorang master.

Referensi musik, melodi lagu, lirik lagu, wawasan musik, pengetahuan tentang irama (ritem), tekstur lagu, warna lagu, tempo, dinamika, dan lain-lain adalah beberapa poin yang akan dijelaskan dalam video berikut ini yang merupakan poin-poin penting sebagai panduan cara membuat aransemen musik / lagu yang baik dan benar.

Jika anda ingin benar-benar menekuni atau mendalami dunia aransemen (entah anda ingin menjadi seorang arranger musik profesional atau hanya untuk menguatkan skill arranging anda sebagai seorang player dalam sebuah band atau format musik lainnya) maka 11 tips / teknik aransemen dalam video berikut ini sangat dianjurkan untuk diperhatikan dengan baik.


Antara Arranger Musik (Penata Musik) Dan Songwriter (Penulis Lagu)

Yang patut anda perhatikan adalah seorang arranger musik itu tidak kalah pentingnya dengan seorang songwriter (penulis lagu), bahkan untuk sebuah karya musik yang utuh, peran seorang arranger musik itu sedikit lebih besar jasanya daripada seorang songwriter, karena dialah yang menyatuhkan berbagai unsur musik sehingga menjadi suatu karya musik / karya lagu yang utuh, lengkap dan siap untuk dinikmati.

Dan untuk menjadi seorang arranger musik adalah sebuah proses yang lebih sulit daripada sekedar menjadi seorang penulis lagu. Siapa saja bisa menjadi seorang penulis lagu bahkan yang kurang berbakat dalam bermain musikpun masih bisa menjadi seorang penulis / pengarang / pencipta lagu, sebaliknya untuk menjadi seorang arranger musik dibutuhkan skill-skill khusus yang mumpuni.







Dan jika anda ingin betul-betul menjadi seorang arranger musik yang profesional dengan cara yang kilat, Reyal Musik menawarkan kepada anda program belajar kilat yang sangat efektif mencetak calon-calon arranger yang profesional hanya dalam 2 bulan, info lengkap klik kursus kilat aransemen musik, pembuatan lagu dan produksi musik


( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )






0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *