Belajar Kunci Gitar 3 Jenis Chord: Open, Barre Dan Partial Chord

Cara Teknik Bermain 3 Macam Chord / Kunci Gitar: Open Chord, Barre Chord, Partial Chord


Apa itu kunci gitar OPEN CHORD?


Open chord
atau chord terbuka adalah tipe chord yang dalam memainkannya terdapat satu atau beberapa nada-nada pembentuk chordnya dimainkan secara open (los senar) atau tanpa ditekan, contoh open chord adalah kunci-kunci gitar atau chord gitar yang biasa kita mainkan seperti beberapa chord mayor diantaranya C, D, E, G, A atau kunci / chord minor seperti Am, Em, Dm.



Apa itu kunci gitar BARRE CHORD / BLOCK CHORD?


Barre chord / block chord adalah kunci / chord yang sangat familiar, sering dimainkan, jika dimainkan dari senar 6 kebawah maka contoh bentuk dasarnya adalah chord F Mayor (full chord, bukan chord F yang dipotong), jika dimainkan dari senar 5 kebawah contoh bentuk dasarnya adalah chord B Mayor.

Umumnya barre chord atau block chord sering mendapat sebutan sebagai berikut; 

  • Chord / Kunci Palang
  • Chord / Kunci Balok
  • Chord / Kunci Gantung
  • Chord / Kunci Tegak. 

Biasa dimainkan dengan tanpa los senar, semuanya ditekan dan satu jari (biasanya telunjuk) mem-blok beberapa senar sekaligus.



belajar kunci gitar open chord, barre chord dan partial chord, tutorial teknik cara bermain kunci gitar



Apa itu kunci gitar PARTIAL CHORD?


Partial chord atau biasa juga disebut chord / kunci potong, iris, kecil atau parsial adalah tipe atau pola chord yang dimainkan dengan hanya memainkan sebagian nada-nada pembentuk chordnya, jadi bentuk full chord seperti barre chord dipotong menjadi hanya beberapa nada saja dimainkan, tidak dimainkan secara full.

Latihan Teknik Bermain 3 Jenis Chord Gitar


Semua tipe / pola chord diatas sangat penting untuk dikuasai sebagai bekal / modal awal menguasai permainan gitar, efeknya bukan hanya kita menjadi pandai bermain chord namun juga sangat mempengaruhi permainan atau skill gitar secara umum hingga sampai ke permainan melodi gitar, harmoni gitar dan improvisasi gitar.

Konsep latihannya harus berlandaskan rumus teori dan teknik bermain yang baik dan benar. Dengan mengetahui karakter 3 pola jenis chord ini maka kita sudah memiliki 3 modal utama dalam bermain chord yang komprehensif.

Video Tutorial Belajar Kunci Gitar 3 Jenis Pola Chord Yang Wajib Tahu


Untuk mempelajari lebih lengkap, detail dan rinci mengenai perbedaan ketiga pola chord ini silahkan simak video belajar 3 jenis kunci / chord gitar berikut ini






(Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )



Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

Posting Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama