MUSIK itu Bikin CERDAS & bisa MENYEMBUHKAN (Menyehatkan)


Manfaat Luar Biasa Musik, Manfaat Belajar Musik
Ternyata MUSIK itu adalah obat yang bisa menyembuhkan sekaligus nutrisi untuk mencerdaskan… 





1. Kurang Fokus

Musik sangat baik dan memiliki efek luar biasa terhadap kinerja otak jika dipelajari dan dimainkan secara baik dan benar. Daya tangkap dan daya serap yang dihasilkan oleh pemain musik lebih unggul daripada yang bukan pemain musik, jadi bagi anda yang sering hilang fokus dan hilang konsentrasi, maka berlajar musik merupakan salah satu solusi yang paling tepat. Musik bisa meningkatkan level konsentrasi otak kita sehingga inilah yang menjadi pengaruh besar terhadap tingkat kecerdasan seseorang, yakni tatkala kemampuan konsentratif seseorang meningkat maka kemampuan ia menyerap ilmu dan wawasan apapun bisa meningkat tajam. Inilah jawaban mengapa musik memiliki efek mencerdaskan seseorang. 

2. Kurang Semangat

Musik memiliki unsur dinamika yang jelas dan amat dinamis, sehingga mampu mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang, bahkan di musik ada beberapa chord (kunci) yang memiliki efek sugesti yang bisa mempengaruhi keadaan mood seseorang, misalnya jika ingin suasana ceria maka diterapkanlah kunci mayor 6, suasana misterius bisa menggunakan kunci diminished, suasana penghayatan bisa memakai kunci minor, suasana bergairah bisa menggunakan kunci mayor 5 dan lain-lain…  

3. Kurang Lembut  

Bagi seseorang yang memiliki sifat kasar, musik bisa menyembuhkannya, dengan syarat harus mempelajari musik secara komprehensif, dari mulai musik yang lembut sekali, normal sampai yang agak kasar, sehingga kita mampu beradaptasi dengan berbagai style musikal yg mana hal ini juga bisa mempengaruhi sifat / karakter seseorang secara umum, daya kontrol diri meningkat tajam sehingga kemampuan menghadapi / menyikapi masalah bisa terpola dengan baik. Dari efek ini pula musik bisa juga memperbaiki sifat sabar, mengendalikan sifat marah, mengobati sifat ceroboh, dan sifat-sifat negatif lainnya... 

4. Kurang Komunikasi  

Musik bisa merubah karakter seseorang yang tadinya pendiam / tertutup menjadi lebih open (terbuka), karena sebenarnya tatkala kita bermain musik, kita sebenarnya sedang bercakap-cakap, berdialog, berdiskusi, bersahut-sahutan, bekerjasama dan berkomunikasi dalam bahasa musikal, alam bawah sadar kita bisa menggiring kemampuan musikal ini untuk merubah beberapa sifat-sifat tertutup yang ada pada diri seseorang.  

5. Kurang Percaya Diri  

Musik adalah salah satu ilmu yang paling cepat menghadirkan rasa percaya diri yang positif, jadi mempelajari musik sampai pada tingkat tertentu mampu merubah drastis kepercayaan diri seseorang, seorang musisi memiliki aura positif yang lebih banyak dibanding yang bukan musisi, dan umumnya pemain musik itu disukai oleh berbagai kalangan siapapun mereka. Musik bisa membaguskan sifat berani kita, sifat terobos kita dan karakter keyakinan kita. 

6. Kurang Sehat  

Dalam beberapa penelitian yang ilmiah, ternyata musik bisa menyembuhkan penyakit fisik maupun mental. Musik memiliki unsur edukatif maupun hiburan, sehingga dua unsur ini bisa membuat seseorang terbawa dalam suasananya, hal ini bisa meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh kita, sehingga dari imunitas yang baik inilah yang menyembuhkan beberapa penyakit yang ada pada tubuh kita baik fisik maupun mental. Musik menghadirkan kebahagiaan dan keceriaan, dari perasaan inilah timbul kekebalan dalam tubuh kita dalam menghadang / mengobati berbagai penyakit. Musik memiliki sifat menceriakan, menenangkan, mempersatukan dan menguatkan, dari sifat-sifat inilah musik mampu menghadirkan efek-efek yang luar biasa.




Itulah beberapa manfaat dan kegunaan musik yang memiliki efek yang tidak disangka-sangka, mampu menghadirkan berbagai kondisi positif dalam hidup kita, belajar musik sama seperti belajar berbagai gabungan ilmu dari mulai ilmu yang bersifat kalkulatif, imajinatif, estetik, artistik, ilustratif, dan lain-lain.. karena kombinasi ilmu yang begitu banyak didalam musik inilah yang menyebabkan musik bukan hanya memiliki efek MENCERDASKAN, namun juga memiliki efek MENYEMBUHKAN… selamat berlatih musik…. 

TAPI WAJIB DIINGAT !!! bahwa musik yang memiliki dampak positif hanyalah musik yang positif pula... sebab dunia musik terbelah 2 : ada yg positif dan ada juga yg negatif (*terpengaruh lifestyle yang buruk..musik jenis ini wajib dihindari karena bisa merusak diri kita...)



( Words by Dani Mkd @ReyalMusik ) 


 

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...