l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Ritem Sering Disepelekan, Benarkah Bermain Ritem Itu Mudah ???

Belajar Ritem (Irama)













Ritem Sering Disepelekan, Benarkah Bermain Ritem Itu Mudah ? Apa Itu Ritem ?

Terlalu banyak pertanyaan sejenis ini," Om, gimana sih cara main melodi gitar?" hampir tidak ada yang menanyakan bagaimana cara bermain rhythm (ritem) gitar atau bermain chording (main kunci) yang baik, benar dan menarik.


Ritem secara sederhana bisa diartikan irama, cengkok, logat, aksen. RITEM (rhythm) didalam permainan musik memiliki fungsi entertaint dan juga sebagai pembeda style maupun genre musik. Jika seorang musisi atau grup band terserang penyakit 'miskin ritem', maka musikalitas mereka pasti cuma mentok di genre yang itu-itu saja (monotone).


Dalam pandangan ilmu musik jika dihadapkan dengan realita lapangan maka unsur musik seperti MELODI jauh lebih mudah dibuat oleh siapa saja, namun untuk RITEM perlu penanganan/keterampilan khusus, karena untuk memainkannya kita butuh wawasan musik yang luas, fleksibel terhadap genre, kuat berhitung (birama), memahami betul timing dan fill in, mampu memberi sugesti, nuansa dan mood yang spesifik ketika bermain..."
 
#Ingat! ritem itu bukanlah seperti anggapan yang berkembang di kalangan anak-anak band yakni main gitar dengan genjreng biasa, bukan itu! ritem itu ada di setiap instrumen (bahkan didalam band, ritem pokok itu ada di drum dan bass), bermain ritem itu adalah mampu memainkan musik secara dinamis, ekspresif, stylish serta memiliki touching yang pas dan variatif, dan jika dimainkan di gitar, bass atau keyboard maka ritem itu bisa dimainkan secara harmonik (akord) dan melodik.
 
- SELAMAT BER-RITEM RIA -



(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)




1 komentar:

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *