l

Cara Mencari Chord Kunci Lagu Dan Belajar Lengkap Chord / Kunci Gitar, Piano & Bass



Cara Menebak Chord / Kunci Lagu Dengan Gitar, Piano, Bass, Biola
Cara Mencari Kunci Lagu, Belajar Lengkap Chord Gitar, Piano Keyboard, Bass & Belajar Melodi Gitar, Piano Keyboard, Bass, Biola, Dll...







PENTINGNYA MEMAHAMI FORMULA CHORD (ASAL MUASAL CHORD) & KARAKTERNYA

ASAL MUASAL CHORD (FORMULA CHORD / CHORD TONES)

Karena gitar, bass, keyboard adalah alat musik yang identik dengan 'comping' yakni dimainkan untuk tujuan sebagai pengiring lagu/musik maka yang baik tentunya wajib terlebih dahulu memahami dan menguasai chord, sebab chord adalah 'rohnya' musik dan yang paling mutlak dimainkan ketika kita bermain musik tentunya, serta sebagai pondasi awal jika kita mau mendalami ilmu musik, kesimpulannya: jika kita tidak mampu bermain chord dengan baik tentunya mutu musikalitas kita patut dipertanyakan, kemampuan bermain chord atau biasa disebut chording adalah penentu hampir sekitar 80% skill bermusik, jadi ingat baik-baik ! belajar chord adalah pelajaran terpenting dalam ilmu musik.

Formula chord (chord-tones) adalah nada-nada pembentuk chord, kalau kita perhatikan jika kita memainkan chord C maka kita pasti akan membunyikan beberapa nada sekaligus, nah nada-nada itulah yang disebut formula atau nada-nada pembentuk chord, memahami formula chord merupakan pelajaran paling penting dalam musik, berikut ini beberapa contoh formula-formula chord dari chord-chord yang biasa kita mainkan (chord-chord major dan minor):

FORMULA CHORD MAJOR & MINOR:
chord C = C,E,G
chord Cm = C,D#,G
chord D = D,F#,A
chord Dm = D,F,A
chord E = E,G#,B
chord Em = E,G,B
chord F = F,A,C
chord Fm = F,G#,C
chord G = G,B,D
chord Gm = G,Bb,D
chord A = A,C#,E
chord Am = A,C,E
chord B = B,D#,F#
chord Bm = B,D,F#

CHORD-CHORD PERANAKAN 'MAJOR SCALE'

Major Scale : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13
atau dalam not-not hurufnya, misal (DO=C) : C,D,E,F,G,A,B,C',D',E',F',G',A'
(catatan: major scale terdiri dari 7 nada lalu mengapa dalam penjabaran chord ditulis sampai not ke 13 atau melebihi satu oktaf? karena umumnya batas akhir penggunaan simbol angka dalam chord adalah not ke 13 atau jika didalam tangga nada DO=C maka akhir angka simboliknya di not ke-13 yakni not A

1-5 = power chord (5)
1-8 = chord 8 (8)
1-3-5 = major
1-2-5 = sus 2
1-4-5 = sus 4
1-3-5-6 = major 6th (6)
1-3-5-7 = major 7th (maj7)
1-3-7-9 = major 9th (maj9)
1-7-9-11 = major 11th (maj11)
1-7-9-13 = major 13th (maj13)
1-3-5-9 = add9
1-3-6-9 = 6add9

Lalu ada lagi pertanyaan," itu yang diatas kan untuk kunci-kunci major, trus kalau untuk minor gimana om?"
JAWAB," mudah saja, formula major kan 1-3-5, dan formula minor 1-b3-5, nah dari penjabaran ini sudah kelihatan jelas bedanya major dan minor itu cuma di nada 3 nya, jadi semua chord-chord major diatas diturunin setengah nada 3 nya, formula yang lain gak perlu dirubah, contoh: chord major 6 formulanya 1-3-5-6 ketika kita ingin mengubahnya menjadi minor 6 cukup nada 3 nya yang diturunin setengah, jadi formula minor 6 seperti ini 1-b3-5-6... gampang sekali kan?" 

APAKAH CHORD BISA MEMBERI SUGESTI & MEMPENGARUHI PIKIRAN SESEORANG ?

JAWAB: bisa, chord atau yang biasa disebut kunci itu memiliki aura masing-masing dan punya kekuatan untuk mempengaruhi alam pikiran pendengar, contoh; coba anda bayangkan menonton film action, film horor, film comedy, film romansa, dan film-film lainnya tanpa adanya back sound atau cuma visual tanpa ada audio (suara), seru atau tidak? tentu tidak sama sekali, yang membuat seru adalah karena adanya sinkron antara visual dan suara, gambar/film tanpa suara tentu hilang maknanya, nah disini poinnya, yang jadi pertanyaan adalah apakah kita pernah membayangkan kira-kira chord latar apa yang dimainkan oleh sound tracker film, ketika ada adegan tegang, seram, lucu, romantis, santai, gembira, sedih dan lain-lain... nah disini diperlukan wawasan tentang chord agar 'matching' antara visual dan suaranya, matching antara pemilihan chord dan adegannya, inilah kira-kira sedikit ilustrasi bahwa seorang pemusik yg baik itu wajib memahami 'suasana' chord dan punya kemampuan untuk membayangkannya secara 'visual' meskipun cuma didalam kepala, dibawah ini beberapa chord beserta 'suasana' yang memancar darinya;

- Saat ingin menggambarkan situasi normal, biasa dan netral, cocok dengan chord major, contoh: C

- Disaat adegan tegang dan marah cocok dimainkan chord dominan, contoh; C7, C9, C11, C13

- Disaat adegan ceria atau sedikit suasana komedi, cocok dengan chord 6, contoh: C6

- Disaat sedang galau/sedih/khidmat dan juga sedang kasmaran, cocok chord minor, contoh: Cm

- Ingin suasana gelisah, kurang tenang, cocok dengan chord minor7, contoh : Cm7

- Ketika menginginkan suasana yg menyeramkan, menegangkan, suram/redup, horror, terror, maka cocok dengan chord diminished, contoh: Cdim, Cdim7 atau Cm7-5

- Tatkala menginginkan situasi yang tenang, santai dan cool, mainkan chord major 7,9,11,13, contoh: CM7, CM9, CM11, CM13

- Jika ingin membuat suasana penasaran, mainkan chord suspended, contoh: Csus2, Csus4 atau bisa juga digabung dengan chord dominan, contoh: C7sus2 atau C7sus4

- Ingin menggambarkan suasana yg penuh petualangan, mainkan chord slash (slash chord), contoh: C/B, G/F#, D/F#

- Mau memunculkan keadaan yang lantang/keras, mainkan chord 5 (power chord), jika dimainkan di gitar maka sertai dengan distorsi, contoh: C5

- Ingin suasana mencolok, coba mainkan chord augmented, contoh: Caug atau C+

dan lain-lain......


# amat disayangkan, memahami 'mood/suasana/sugesti/kesan' chord jarang didalami oleh para pemusik pemula padahal rahasia permainan cantik musik ada di trik ini, ada di seputaran chord...

NB: seandainya tahu cara penempatan peggunaan chord-chord diatas dalam permainan kamu, maka kamu akan menghadirkan permainan yang akan menyentuh hati orang lain, karena setiap chord diatas memiliki daya pikatnya masing-masing yang akan mampu mempengaruhi orang lain secara psikologis... dan sangat disayangkan jika yang kita tahu cuma chord-chord dasar seperti major dan minor tanpa mengetahui berbagai jenis chord lainnya. chord itu banyak sekali baik secara jenis maupun pola, dalamilah maka kamu akan menemukan banyak permainan luar biasa dan indah yang berangkat darinya...

Belajar Chord Gitar 
Belajar Kord Gitar
Belajar Kunci Gitar
Belajar Akord Gitar 
Belajar Chord Piano Keyboard
Belajar Kord Piano Keyboard
Belajar Kunci Piano Keyboard
Belajar Akord Piano Keyboard
Belajar Chord Bass 
Belajar Kord Bass 
Belajar Kunci Bass 
Belajar Akord Bass 




TIPS DAN CARA MENCARI CHORD / KUNCI SEBUAH LAGU DAN BELAJAR DASAR BERMAIN MELODI GITAR, PIANO / KEYBOARD, BASS, BIOLA, DAN LAIN-LAIN 

cari paling ampuh untuk mengetahui chord / kunci sebuah lagu adalah dengan mengenal Family Chords Dan Cousins Chords. 

FAMILY CHORDS, COUSIN CHORDS??? … apa itu !!?

Dalam dunia musik, tidak mungkin lepas dari apa yang biasa dinamakan grup / keluarga chord yang memiliki keterkaitan yang sangat erat, tanpa tahu teori ini maka seorang pemusik akan mengalami ‘KEBUTAAN’ dalam permainannya dan akan benar-benar ‘BUTA’ jika malas untuk tahu… :)

Dalam chord, ada beberapa istilah yg berkembang, diantaranya;

1). Family Chords (primary chords)
2). Cousins Chords (secondary chords)

Dalam musik, ada 3 jenis grup chord family yg merupakan pondasinya, yakni; major, minor dan dominant 7 …

Sedangkan untuk penjabarannya;

1). I – IV – V …  (major) … biasa disebut Family Chords, contoh: C, F, G,
2) II – III – VI – VII … (minor & diminished) … biasa disebut Cousins Chords, contoh: Dm, Em, Am, Bdim.
** umumnya baik family chords maupun cousin chords penyebutannya cukup dengan sebutan the fam atau family chords.

Progresi chord Selengkapnya;

DO=C
C (I) – Dm (II) – Em (III) – F (IV) – G (V) – Am (VI) – Bdim (VII)
untuk scale gunakan C major Scale; C, D, E, F, G, A, B

untuk progresi minor nya, tinggal urut dari chord ke 6 major
DO=C
Am (VI) – Bdim (VII) - C (I) – Dm (II) – Em (III) – F (IV) – G (V)
untuk scale gunakan A minor Scale; A, B, C, D, E, F, G


*PENJELASAN: semua lagu yang bernada dasar DO=C dipastikan chord-chordnya cuma berputar-putar di chord-chord C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim, nah pertanyaan sekarang adalah mengapa di nada dasar C itu chord tingkat duanya adalah Dm bukan D major? Em bukan E major? Am bukan A major? Bdim bukan Bm atau B major?  JAWAB: coba kamu perhatikan chord-tones atau formula tiap chordnya dibawah ini:

C = C,E,G
Dm = D,F,A
Em = E,G,B
F = F,A,C
G = G,B,D
Am = A,C,E
Bdim = B,D,F 

semua formula diatas ada di major scale nya C ya kan? misal Dm formulanya D,F,A. kenapa tidak D major, sebab formulanya D adalah D,F#,A dan nada F# itu tidak ada di major scale nya C, begitupun juga chord-chord lainnya, jadi cara mencari grup / keluarga chord adalah harus berpatokan pada tangga nada atau scale nya, paham ya?... nah lalu bagaimana cara menentukan atau mencari chord sebuah lagu? ya kita tinggal cari nada dasarnya, cara sederhana adalah cari nada bass lagu tersebut, perhatikan nada-nada bassnya lalu cocokkan nada-nada bass itu ada di scale apa? misalnya ketika kita mencari chord lalu yang kita temukan nada-nada bass seperti C, A, F, D, G, E maka dipastikan nada-nada bass ini masuk doremi nya C atau major scale nya C, berarti nada dasarnya DO=C, dan pasti putaran chordnya cuma berputar-putar diantara C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim. nah ini rahasianya...! lalu bagaimana bila nada dasarnya bukan di C tapi di D, E, F, G, A, B ? ya mudah saja, perhatikan interval (jarak nada) pada major scale C lalu tinggal naikkan sesuai dengan nada dasar yang dimainkan, misal nada dasar ada di DO=D, nah jarak nada C ke D kan berjarak satu, berarti semua keluarga chord C dinaikkan satu nada, perhatikan dibawah ini:

C dinaikkan satu jadi D
Dm dinaikkan satu jadi Em
Em dinaikkan satu jadi F#m
F dinaikkan satu jadi G
G dinaikkan satu jadi A
Am dinaikkan satu jadi Bm
Bdim dinaikkan satu jadi C#dim 

*kesimpulan: family chordnya D adalah D, Em, F#m, G, A, Bm, C#dim. semua lagu yang bernada dasar D pasti cuma berputar-putar di putaran chord-chord ini.. paham ya, mudah kan? untuk lebih lengkapnya simak dibawah ini keluarga chord (family chords) dari berbagai nada dasar;

DO=C ---> C Dm Em F G Am Bdim
DO=D ---> D Em F#m G A Bm C#dim
DO=E ---> E F#m G#m A B C#m D#dim
DO=F ---> F Gm Am Bb C Dm Edim
DO=G ---> G Am Bm C D Em F#dim
DO=A ---> A Bm C#m D E F#m G#dim
DO=B ---> B C#m D#m E F# G#m Bbdim

lalu ada lagi pertanyaan: seandainya ada chord-chord diluar family chord ini, itu apa ya dan gimana cara nentuin nada dasarnya? JAWAB: semua chord yang berada diluar rumus resmi diatas adalah biasanya chord-chord variasi, chord-chord penghubung / bridge chords, chord-chord lewat sebentar / passing chords, semua penggunaan chord ini sah dan halal digunakan didalam progresi sebuah lagu, jadi khusus chord-chord ini adalah pengecualian, contoh: ada lagu yang progresi chordnya seperti dibawah ini:

C, C/B, Am, Am/G, F6, D7, G7 atau Am, Am/G#, Am/G, Am/F#, F... nah nada dasarnya apa ya atau DO nya ada dimana? JAWAB: nada dasar dari kedua progresi diatas adalah DO=C, jadi nada dasarnya tetap di C sekalipun ada chord-chord diatas itu yang formulanya tidak masuk ke major scale nya C, chord-chord yang diluar rumus resmi diatas adalah bridge chords (chord penghubung) yang digunakan untuk memperindah perpindahan chord, jadi biar tidak terdengar flat (datar), penggunaan bridge chords seperti ini bisa meningkatkan kualitas permainan chord kita.

nah, dengan mengerti teori / rumus ini maka kita mendapat berbagai keuntungan wawasan yakni selain kita jadi mengerti cara mencari chord sebuah lagu, kita juga paham jalur bermain melodi, jalurnya yang mana ya ? JAWAB: contoh jika kita bermain lagu di DO=C maka gunakan C major Scale; C, D, E, F, G, A, B, dan chord-chord pengiringnya C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim. selama kita mengikuti teori ini maka permainan kita tidak akan pernah salah, fals, sumbang, dan lain-lain, sekalipun kita acak-acak urutan-urutan chord dan melodinya selama yang digunakan sesuai dengan rumus diatas maka permainan kita PASTI BENAR !!!... ini rahasia dan rumus cara mencari chord dan bermain melodi (selain menggunakan scale major dan minor, bisa juga mengambil nada-nada melodi dari major modes, seperti dorian, phrygian, lydian, mixolydian dan locrian... serta bisa juga menggunakan minor dan major pentatonic) 

semoga bermanfaat dan selamat berlatih... !

*klik TESTIMONY !

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)




cara mencari kunci sebuah lagu, tips mencari chord lagu, cara mencari kord lagu, tips mencari kunci lagu, cara mencari chord gitar, cara mencari kunci gitar, cara mencari chord bass, cara mencari kunci bass, cara mencari chord piano, cara mencari kunci piano, tips mencari chord kord kunci gitar bass piano ... cara mencari chord gitar, akord gitar, kord gitar, kunci gitar, cara mencari chord bass, akord bass, kord bass, kunci bass, cara mencari chord piano, akord piano, kord piano, kunci piano, cara mencari chord keyboard, akord keyboard, kord keyboard, kunci keyboard, pop, rock, blues, jazz, klasik, funk, R 'n B, rock n roll, metal, fusion, progresif, country, folk, punk, reggae, grunge, alternative, latin, flamenco, steady, ska, bossa, dan lain-lain...

*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.







Kumpulan Video Belajar Lengkap Gitar, Bass, Piano, Drum & Vokal Serta Teknik Aransemen Musik / Pembuatan Lagu, Video Pencerahan / Motivasi / Wejangan Tentang Musik dan Lain Sebagainya... PEMULA HARUS TONTON !!! *bisa menambah, menjelaskan dan memperkaya ilmu & wawasan tentang musik, klik link-link dibawah ini, semoga BERMANFAAT; 

47 komentar:

  1. artikel yg SANGAT BERMANFAAT terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2..smoga bermanfaat dan berguna untuk dipelajari

      Delete
  2. keren banget artikelnya thank you..

    ReplyDelete
  3. Sip itu teori musik yang benar, tepat guna, efektif efisien terarah, bikin main enak lagu apa aja bisa "dimakan" hitungan detik biar pun gak pernah ngulik sampe guling", keren sharing nya gan

    ReplyDelete
  4. Keren kang artikelnya.. ane yang gak bisa sama sekali permainan chord langsung nyantol dengan penjelasan di artikel ini... Semoga bermanfaat (y)

    ReplyDelete
  5. makasih ya. jadi semangat buat bikin lagu

    ReplyDelete
  6. Bro... gw saliut ma ente .. btw ngajar dimana? mau private bisa? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl minat les, silahkan langsung datang daftar ke:
      REYAL MUSIK,
      Jl.Tugu no.1 Cipayung Jakarta Timur
      (dekat Markas Pusat Teritorial TNI AD Cipayung)
      CP (Dani Mkd): 0857 1846 1872 / 0812 8095 1862
      (whatsapp/line/wechat, pin BB: 7617E598)

      Delete
  7. keren..master.... mkasih ilmunya

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. semoga bermanfaat..share ya artikelnya

      Delete
  9. keren blog nya, sangat membantu. thanks broo..

    ReplyDelete
  10. Mantaapp...membuka wawasan musikku..walau agak puyeng memahaminya...maklum newbie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat..share ya artikelnya

      Delete
  11. Mantaapp...membuka wawasan musikku..walau agak puyeng memahaminya...maklum newbie..

    ReplyDelete
  12. Pencari Kunci Kunci Miring - Chord SablengMay 12, 2016 at 3:18 PM

    Bagus sekali artikelnya

    ReplyDelete
  13. Salut bnget...sangat membantu..menambah semangat ku utk belajar music..jempol buat mas brow...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks..smoga bermanfaat..share ya artikelnya

      Delete
  14. Trimakasih mas....smoga ilmunya bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks..smoga bermanfaat..share ya artikelnya

      Delete
  15. Blog ilmu musik keren. Gw dulu waktu masih kelas 3 smp scr ga sengaja/otodidak mengerti "family chord" ini tp gw g tau nyebut apa. Shg ga terasa gw jadi "guru gitar" teman2 di kampung, klo ada lagu hit baru mrk tanya ke gw. Sayang gw g les utk dalami musik. Jd sedih

    ReplyDelete
  16. selamat pagi, mau nanya gimana cara menentukan cord pada not angka yang lagunya belum kita kenal,,,terimakasih

    ReplyDelete
  17. Keren dah artikelnya... Manfaat sekali terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat..share ya artikelnya

      Delete
  18. sangat bermanfaat sob chordnya .kalo main musik jadi gak fales lagi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat..share ya artikelnya

      Delete
  19. Komplit dan informatif, Gan. Makasih udah share.

    ReplyDelete
  20. bingung.. bisa jelasinnya pendeknya? tapi komplit.. bingung aku bacanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. *bisa jelasinnya agak pendek nggak, tapi komplit?

      Delete
    2. artikel ini sudah disampaikan dengan cara yang paling sederhana dan mudah dimengerti.... mau pake cara apalagi?

      Delete
  21. Kalo Misal Akord Sebuah Lagu nya Seperti Ini.

    B,C,D#m,,E,Em,,G,A

    Kok Itu Bisa Lepas Dari Family Chord ?

    ReplyDelete
  22. thank,s buat penjelasanya mas sangat membantu,,

    ReplyDelete
  23. thanks gan artikel di situs ini menambah referensi saya dalam membuat artikel belajar gitar akustik pemula di blog saya

    ReplyDelete
  24. Mantap, sukses selalu, sangat bermanfaat

    ReplyDelete

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *