l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Mayor C C# D D# E F F# G G# A A# B LENGKAP !

kursus piano keyboard, les piano keyboard, kursus piano keyboard jakarta, les piano keyboard jakarta, kursus piano keyboard jakarta timur, les piano keyboard jakarta timur


Pelajaran paling penting didalam permainan instrument (alat musik) terutama alat musik bernada seperti piano, keyboard, gitar, bass, dan lain-lain adalah memahami dan bisa memainkan secara baik permainan chord atau kunci. Ini juga berlaku dalam permainan alat musik piano maupun keyboard

Minimal harus menggunakan 2 nada untuk membentuk chord, misalnya kunci C5 terdiri dari nada 1 dan 5 atau C dan G. Bunyi atau karakter chord yang hanya terdiri dari 2 nada masih terasa hambar, belum memiliki warna / karakter / ciri yang kuat.

Kunci atau chord yang lebih ideal itu memiliki chord tones / formula / nada-nada pembentuk chord sebanyak 3 nada atau biasa disebut Triad, kunci tiga nada, yang masuk kategori ini adalah kunci mayor, kunci minor, kunci augmented (aug/+) dan kunci diminished (dim).

Sedangkan kunci / chord yang memiliki formula diatas 3 nada (biasa disebut kunci kreatif, ada juga yang menyebut kunci miring) umumnya bermain di harmoni 7 seperti dominant chords atau kunci-kunci dominant 7 misalnya C7, D7, E7, C7sus4, C7+9, C7-9, C9, C11, C13, juga kunci-kunci minor 7 misalnya Cm7, Cm9, Cm11m Cm13, CmM7, juga kunci-kunci mayor 7 misalnya CM7, CM9, CM11, CM13, dan lain-lain.

Bermain chord / kunci pada piano / keyboard membutuhkan cara yang baik dan benar secara teknis, terutama dalam hal chord fingering yakni penggunaan jari-jari tangan kanan maupun kiri dalam menekan tuts piano untuk membunyikan chord / kunci

Belajar Kunci Dasar Piano Keyboard


Chord atau kunci adalah gabungan beberapa nada yang jika disuarakan serentak akan terdengar harmonis. Jenis chord itu banyak sekali, video belajar kunci / chord piano dibawah ini akan menjabarkan lengkap 12 kunci mayor yakni C, C# (Db), D, D# (Eb), E, F, F# (Gb), G, G# (Ab), A, A# (Bb), B

Juga disertakan 2 jenis pilihan penjarian (chord fingering), 2 jenis penjarian yang dijelaskan di video ini ; 

1. Conservative Chord Fingering (Penjarian Umum).
2. Alternative Chord Fingering (Penjarian Alternatif). 

Salah dalam penggunaan jari bisa membuat perkembangan permainan teknik piano kita menjadi terhambat, karena itulah kita harus betul-betul bisa mengenal teknik dasar bermain kunci / chord piano yang baik dan benar. 

Fakta lapangan membuktikan bahwa banyak yang bermain piano keyboard tanpa memiliki basic skill yang memadai, kebanyakan hanya sekedarnya, bahkan saya pernah punya seorang murid yang unik, begitu menyukai musik jazz (konon disebut genre musik paling rumit) namun apa daya ia terkendala di teknik dasar, padahal kualitas feel / soul dan musikalnya sudah ada.

Dalam mempelajari suatu instrument musik atau alat musik, yang harus pertama kali wajib kita kuasai adalah semua pelajaran dasarnya baik teknis maupun pola pikir kita terhadap instrument yang disukai itu, kalau dua poin ini kuat maka materi-materi selanjutnya akan lebih mudah dikuasai.

Video belajar piano berikut ini akan menjabarkan dan memberi contoh tutorial cara memainkan kunci-kunci dasar terutama chord / kunci mayor, video tutorial piano ini juga merupakan cara mudah, cepat dan praktis bermain dasar piano / keyboard. Bagi pemula, video ini adalah tontonan WAJIB ! selamat menyimak dan semoga bermanfaat.





Formula chord atau chord tones, biasa diartikan nada-nada pembentuk chord / kunci adalah teori atau rumus chord yang bisa dikatakan wajib dihafalkan oleh setiap pemain piano (pianis) maupun keyboardist (pemain keyboard) karena permainan piano / keyboard dalam berbagai tingkatan level tidak akan lepas dari teori ini, mulai dari permainan chord, harmoni, melodi hingga ke improvisasi pasti akan terus berhubungan dengan chord tones, oleh karenanya sangat dianjurkan (bahkan wajib) bagi kita untuk menghafal formula chord diluar kepala, berikut list daftar formula chord kunci mayor lengkap :

  • C = C E G
  • C# (Db) = C# F G# atau Db F Ab
  • D = D F# A
  • D# (Eb) = D# G A# atau Eb G Bb
  • E = E G# B
  • F = F A C
  • F# (Gb) = F# A# C# atau Gb Bb Db
  • G = G B D
  • G# (Ab) = G# C D# atau Ab C Eb
  • A = A C# E
  • A# (Bb) = A# D F atau Bb D F
  • B = B D# F# atau B Eb Gb

Setelah anda menghafal semua chord / kunci mayor di video tutorial diatas dan kemudian juga menghafal formula chord diatas, silahkan anda lanjutkan ke pelajaran berikutnya yakni menghafal pola-pola atau pattern atau biasa disebut chord inversions (inversi chord).

Apa itu inversi chord ? adalah bentuk variasi chord dengan cara merubah urutan susunan formula chord (tanpa merubah chord), jadi bisa dibilang inversi adalah opsi atau pilihan lain dari bentuk dasar chord / kunci tersebut, misalkan chord C mayor itu formulanya C E G, maka bisa dibuat menjadi 3 opsi yakni C E G (dasar), E G C (inversi 1), G C E (inversi 2).

Coba anda simak, chord nya tidak berubah kan ? yang berubah hanya urutan susunan formula chord nya, jadi chord / kunci mayor piano keyboard itu masing-masingnya bisa dimainkan dalam 3 pilihan pola inversi.

Lalu apa kegunaan dari inversi chord ? manfaatnya banyak, diantaranya berikut ini ; 


  • Memperkaya warna harmoni dari chord tersebut, ya memang tidak ada perubahan, pengurangan atau penambahan nada, namun karena pola susunan formulanya berubah, hal ini bisa menghadirnya karakter bunyi chord yang lebih variatif.
  • Membuat perpindahan chord / kunci menjadi lebih smooth (lembut) serta lebih mudah, praktis dan cepat.
  • Menghemat energi tangan, biasanya kalau kita cuma bermain di root (dasar), perpindahan antar chord nya (running chord) antara kunci satu dengan lainnya ada yang dekat dan lebih banyak yang jauh, sedangkan dengan inversi, anda bisa memilih inversi chord yang terdekat dari kunci yang sedang dimainkan.


Untuk lebih jelasnya, berikut gambar chord dan inversi nya ; 



belajar kunci chord piano keyboard, belajar inversi chord piano keyboard, major chord inversions

belajar kunci chord piano keyboard, belajar inversi chord piano keyboard, major chord inversions part 2

belajar kunci chord piano keyboard, belajar inversi chord piano keyboard, major chord inversions part 3


Jika anda merasa masih benar-benar pemula, baru mulai belajar piano keyboard atau sudah pernah belajar tapi masih bermasalah dalam hal penjarian (fingering) dalam menekan tuts-tuts piano keyboard, maka anda sebaiknya menyimak dan mempelajari video tutorial berikut ini, klik teknik-teknik dasar bermain piano keyboard

Silahkan baca juga artikel-artikel lanjutan dari artikel ini : 


Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Minor : Cm C#m Dm D#m Em Fm F#m Gm G#m Am A#m Bm LENGKAP !


Belajar Kunci Piano Keyboard 12 Chord Dominant : C7 C#7 D7 D#7 E7 F7 F#7 G7 G#7 A7 A#7 B7 LENGKAP !




Berikut ini adalah video kumpulan tutorial belajar piano yang enak dan mudah dipelajari, sangat baik dijadikan bahan belajar untuk para pemula dan menengah, video tutorial ini bisa anda pelajari jika pelajaran-pelajaran diatas sudah anda latih dengan baik, selamat menyimak dan selamat belajar 







====================================================================
Reyal Musik sudah meng-upload banyak video tutorial gratis belajar piano keyboard, untuk lengkapnya silahkan langsung kunjungi youtube Reyal Musik atau Klik !!! Kumpulan Video Tutorial Belajar Piano / Keyboard Lengkap Untuk Pemula


Belajar Petikan Gitar Lengkap, Mudah, Tuntas Untuk Pemula / Menengah



Belajar Melodi Gitar Lengkap, Mudah, Tuntas Untuk Pemula / Menengah 



Belajar Kunci Gitar Dasar Lengkap Untuk Pemula (Chord Mayor, Minor & Dominant7) - GAMBAR + VIDEO



( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik ) 





Kursus / Les Gitar, Piano Keyboard, Bass, Drum Di Jakarta Dengan Metode Terbaik Dan Paling Efektif "Play By Ear & Multi Genre Approaching", Ajaran Profesional Dengan Biaya Sosial !


Metode ajaran kami jarang ditemui di tempat-tempat lain karena kami lebih menekankan pada kemampuan musikal yakni melatih kepekaan pendengaran (ear / hearing) sehingga murid bisa memainkan musik secara alami, natural dan benar yakni lewat mendengar, meniru lalu memainkannya.

Tidak seperti tempat-tempat lain yang lebih menonjolkan reading (membaca not partitur / not balok) yang sesungguhnya reading itu justru berpotensi menumpulkan naluri musikal, feel (rasa) dan soul (penjiwaan) dalam bermain musik, hal ini dibenarkan oleh banyak musisi-musisi besar dan legendaris dunia, para pengamat musik bahkan para pakar musik pun mengiyakan.

Reyal Musik menawarkan program les paling efektif berbiaya minimal menjangkau semua, metode yang kami ajarkan akan membuat anda cepat bisa bermain alat musik dengan mandiri, artinya anda akan bisa mencari sendiri chord / kunci dari setiap lagu / nyanyian yang anda mainkan, anda akan bisa memainkan melodi dari lagu yang anda mainkan, anda akan bisa memainkan banyak irama musik, anda akan bisa memainkan berbagai harmoni dan bahkan anda akan bisa memainkan improvisasi. 

Anda akan menjadi musisi yang sejati dan sebenarnya yakni bisa bermain instrument / alat musik secara musikal yakni feel (rasa) dan soul (penjiwaan) sehingga anda akan mampu berkembang secara pesat sebagai seorang pemain musik atau calon musisi yang kreatif.

anda akan diarahkan untuk menjadi sosok pemusik yang cerdas, fleksibel, progresif serta berjiwa innovator. Diantara pilihan les musik yang kami tawarkan diantaranya; 




Jika berminat, silahkan hubungi kontak  dibawah ini  

REYAL MUSIK 
Jl.Tugu No.1 RT 004 RW 04 
Cipayung Jakarta Timur 
(WA/Call) : 0812 8095 1862
info klik Link1 atau Link2 atau Link3

8 komentar:

  1. videonya bagus banget, sangat membantu para pemula, trimakasih om

    ReplyDelete
  2. makasih banyak, lengkap pelajarannya..

    ReplyDelete
  3. artikel dan video yang sangat bermanfaat untuk kami yang masih pemula, terimakasih banyak

    ReplyDelete
  4. pantas saja masuk top rank, artikelnya bermutu banget, THANKS SIR !!!!

    ReplyDelete

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *