l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Belajar Kunci Dim (Diminished Chord) - Manfaat Dan Kegunaannya

Belajar Kunci Dim (Diminished Chord) - Manfaat Dan Kegunaannya


Ada yg tanya," om, chord diminished itu selain buat nyeremin aransemen, bisa juga kan buat jembatan chord, trus saat main chord ini biasanya pemain gitar, drum sama bass mainnya kayak gimana biar nyambung, jawab ya om, thanks?”




JAWAB: chord atau kunci diminished selain memperindah aransemen juga memperdalam, melebarkan dan memberi sugesti-sugesti dark, horror, tegang, takut, cengang, dan lain-lain.. chord ini bisa jadi pengganti chord dom7 sebagai bridge chord, bisa juga dimainkan panjang untuk memberi kesan gamang, semi full, journey, dan lain-lain. 

Untuk prakteknya; apabila gitar meng-genjreng chord ini (*chord ini lebih pas dimainkan secara horizontal / petik satu-satu daripada vertikal, supaya sugesti kuatnya bisa keluar), maka si pemain bass bisa memainkan chord-tones nya sebagai penyahut gitar, ini akan memberi suasana yang kuat, begitupun sebaliknya jika gitar bermain chord-tones nya sang bassist cukup mainkan beberapa chord-tones lebih lambat pergerakannya atau lebih sedikit nadanya dari gitar, disaat gitar dan bass bermain seperti ini maka sang drummer lebih pas bukan memainkan rhythm beat tapi lebih ke fill in, supaya lebih berkelas beri pukulan-pukulan gantung atau delay, ini semua berlaku untuk bridge yang panjang kurang lebih diatas 4 bar, tapi kalau cuma untuk bridge biasa misalkan dari C mau ke Dm jadi seperti ini urutan chord progression nya: C – C#dim – Dm, maka pukulan drum biasa aja, bass juga cukup ambil rootnya… ingat! ini chord cerdas, jika digunakan secara bijak akan memberikan kualitas ‘classy’ serta sugesti yg kuat didalam aransemen kita.


Belajar Chord / Kunci Diminished

Kunci ini ciri khasnya seperti bunyi kunci mayor yang meredup, karena memang asal dari chord ini adalah kunci mayor yang nada 3 dan 5 nya diturunkan setengah, rumus formula (nada-nada pembentuk chord) kunci mayor = 1 3 5, lalu di-dimiminished-kan menjadi 1 b3 b5, tentu suara yang dihasilkan dari penurunan ini adalah suara yang seperti disebut di paragraf atas, suaranya memiliki mood yang redup, suram dan gelap. Kunci diminished secara garis besar dibagi menjadi 3 macam :

1. Kunci Diminished (dim), contoh : Cdim = 1 b3 b5
2. Kunci Whole Diminished (dim7), contoh : Cdim7 = 1 b3 b5 6
3. Kunci Half Diminished (m7-5), contoh : Cm7-5 = 1 b3 b5 b7






(Words/Lesson By Dani MKD @ReyalMusik)

0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *