l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Belajar Gitar Improvisasi Dasar Untuk Pemula

Improvisasi secara kata bermakna pengembangan / perluasan / perbaikan, secara definisi berarti merubah bentuk biasa (standar) ke bentuk permainan musik yang lebih padat, luas, kaya dan baik.

Syarat untuk bisa bermain teknik improvisasi gitar baik teknik improvisasi melodi gitar maupun teknik improvisasi chord (kunci) gitar adalah memahami secara baik rumus (teori) musik seperti wawasan tentang chord dan scale serta juga memiliki kemampuan teknik bermain musik yang baik seperti ritem (rhythm), chording, melodi, feel/soul yang terasah lewat wawasan musik yang luas, dan lain-lain.



Teknik Improvisasi Melodi Gitar Dan Chord Gitar


Memainkan improvisasi memang bukan hal yang mudah dalam permainan gitar, apalagi teknik improvisasi ini tergolong teknik puncak gitar yang biasanya dikuasai setelah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun menggeluti dunia pergitaran. Ada yang mengatakan bahwa gitaris yang bisa memainkan improvisasi adalah gitaris yang diberi 'hadiah' atas perjuangan panjangnya menekuni ilmu gitar. Jadi bisa memainkan improvisasi termasuk kebanggaan setiap musisi maupun gitaris karena ini jadi tolak ukur secara musikalitas atau kualitasnya dalam bermain musik.




Belajar Teknik Improvisasi Gitar Itu Susah ??? Betulkah ???

Seperti yang sudah-sudah atau yang sering saya tulis bahwa semua yang sulit akan menjadi lebih mudah jika kita terbiasa dengan itu artinya tidak ada hal yang sulit jika kita terus menekuninya, karena pada akhirnya hal itu tetap bisa diraih, pastinya oleh sosok-sosok yang tekun, rajin dan memiliki effort yang luar biasa dalam mempelajari gitar. Dan juga apalagi jika kita tahu trik-trik pintasnya atau jalan tikusnya pasti akan lebih cepat bisa.

Dalam memandang improvisasi, kita harus berada di titik tengah, artinya jangan terlalu menganggapnya susah dan jangan pula menganggapnya gampang, sebab mindset negatif yang sudah terbentuk adalah tembok besar menuju gerbang solusi, jadi belajarlah seperti air, mengalir alami mengikuti alirannya, kadang arusnya mengecil, kadang membesar dan pada akhirnya berkumpul di muara. Improvisasi juga tidak bisa dibuat-dibuat, ia adalah kemampuan yang alami, eksplorasi teknik, feel dan soul bermain disini, jadi jangan ngaku-ngaku kalau belum sampai, sayapun sampai detik ini masih terus belajar, belajar dan belajar. Intinya dalam bermain improvisasi itu harus memperhatikan poin-poin berikut ini :


  1. Teknik Bermain Gitar Yang Sudah Baik.
  2. Wawasan Musik Yang Luas (Kenal Banyak Genre Musik).
  3. Memahami Teori Musik Terutama Scale, Chord, Dan Lain-Lain.
  4. Punya Bakat Alami Secara Musikal.
  5. Memiliki Karakter Yang Tekun, Keras Berlatih Dan Imajinatif.
  6. Punya Jiwa Kebersamaan (Tidak Egois), Karena Improvisasi Yang Bagus Dan Utuh Itu Contohnya Seperti Dalam Permainan Grup Band.

Video Belajar Improvisasi Gitar Dasar Untuk Pemula

Video tutorial improvisasi gitar berikut ini berisikan dasar-dasar cara bermain improvisasi melodi dan chord gitar, dimulai dengan merubah chord-chord atau kunci-kunci standar ke bentuk chord-chord harmoni 7 (mayor7, dominant7, minor7 dan diminished), serta penjelasan tentang bagaimana cara bermain ala blues / jazz yang cenderung swing-feel dibandingkan dengan permainan musik pop yang condong straight-feel (flat/datar) terutama dalam aplikasi penggunaan tangga nada paling dasar yakni tangga nada mayor atau major scale.

Video tutorial gitar ini sangat penting untuk disimak oleh para pemula yang ingin memahami basic (dasar) teknik bermain improvisasi pada gitar, selamat menyimak dan semoga bermanfaat.







( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )



0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *