Contoh Aransemen Musik Lagu Pop/Rock Dengan Konsep Progress





Aransemen musik secara perumpamaan seperti 'pakaian' nya lagu, jika ada lagu yang belum ada aransemen musiknya maka biasa disebut 'karya mentah', supaya bisa disajikan secara matang, full dan artistik maka diperlukan penataan-penataan musik yang harmonik untuk dijadikan iringan musik sebuah lagu, inilah yang biasa kita sebut sebagai karya musik. untuk tipe karya musik terbagi dalam dua pengelompokan umum: 

 1. Karya musik instrumental (hanya musik).
 2. Karya musik lagu (ada penyanyi / vokalis). 

dahulu, di abad-abad pertengahan, orang-orang lebih suka dengan musik-musik instrumental, di zaman itu komposisi-komposisi yang artistik mulai bermunculan, terutama di era-era kejayaan classical musik. Seiring jaman trend / selera masyarakat musik dunia mulai berubah ke bentuk yang lebih natural yakni ada penyanyinya, ini tak lepas juga dari peran musik blues yang lebih banyak menonjolkan sisi naturalisme dalam bermusik, lebih mengedepankan melodi-melodi yang dibawakan oleh seorang penyanyi, lebih ritmik dan soulful. 

musik klasik dan blues sangat berperan dalam perjalanan sejarah musik di segala era, meskipun secara karakter dan pembawaan, kedua tipe musik ini sangat bertolak belakang, namun di sisi lain 'saling melengkapi', laksana suami istri, dua dunia yang bertolak belakang bersatu dalam satu kesatuan harmoni musikal. musik klasik cenderung ke konsep-konsep baku, secara karakter mudah dicerna, bisa dipelajari secara sistematis, memiliki warna dari mulai yang sederhana sampai ke yang megah, sebaliknya musik blues lebih dekat ke bakat alam, tidak memiliki teori musik yang terlalu baku alias lebih ke penjiwaan dan naluri musikal, lebih spontan dan inovatif karena faktor tidak terlalu terikat aturan. Dari dua inilah lahir segala macam aliran-aliran musik (genre) yang ada saat ini, termasuk diantaranya genre pop dan rock. 

Itulah sekilas sejarah tentang musik, ketika kita mengerti sejarah, maka kita akan benar-benar menjiwai apa yang kita geluti, oleh karena itu jika kita mau memiliki skill musik yang bagus atau salah satu faktor utama yang membuat seseorang menjadi piawai bermusik adalah mengerti sejarah musik

Salah satu dari sekian tanda seseorang itu bagus skill bermusiknya adalah mengerti cara membuat aransemen musik yang baik, bagus dan indah. ingat !! lagu yang bagus bisa menjadi jelek jika aransemen musik nya tidak baik, sebaliknya lagu jelek bisa menjadi bagus jika aransemen musik nya baik, bisa dibayangkan jika lagu bagus lalu aransemen musiknya baik, inilah titik ideal yang kita cari.

Berikut ini sedikit tips, terutama untuk para pemula dan menengah, tips tentang cara membuat aransemen musik genre pop rock.

Membuat aransemen yang biasa saja atau ala kadarnya memang jauh lebih mudah, namun tentunya akan terdengar biasa-biasa saja juga alias tidak ada yang istimewa dan tidak ada kesan impresif, lalu bagaimana cara agar aransemen Pop / Rock lebih terdengar bagus, berkelas, bermutu dan menarik, tentu ada cara-cara dasarnya supaya kita lebih mudah memahaminya, lebih mudah mempraktekkannya serta lebih mudah mengembangkannya, dibawah ini ada beberapa contoh pengembangan chord dari chord-chord standar menjadi lebih progres (kreatif), dengan nada dasar C. 



DO=C

*) Dasar : C - Am - F - G

*) Pengembangan 1 : C - C/B - Am - Am/G - F - G - G7

*) Pengembangan 2 : C - E - Am - Gsus4 - F - D7 - G - G7

*) Pengembangan 3 : C - Gm - E7 - Am - Am/G - F - D/F# - Gsus4 - G - G7

*) Pengembangan 4 : C - Caug - Am - Am7b9 - F - Faug - G - Gaug 

# untuk pilihan lead melodi gunakan major scale C (*beserta variasi mode-modenya seperti dorian, phrygian, lydian, mixolydian, locrian), minor scale, pentatonik minor & major, minor harmonik, dominant scale, whole tone scale, kromatik, serta chord tones. ingat! melodi utama di band adalah vokal, setelah itu gitar, piano lalu bass. Vokalis itu adalah pemain melodi utama karena ia membawakan nada-nada tunggal, dinyanyikan secara berurut dan memiliki pola, jadi lagu itu ya melodi yang diberikan lirik. seorang vokalis yang baik tentu harus paham scale dan mode juga, jadi belajar scale dan mode itu bukan cuma tugas pemain alat musik seperti gitar, piano atau bass, tapi seorang vokalis harus paham juga (*jika ingin disebut profesional, bukan amatiran), malahan seorang vokalis yang keren itu harus bisa scat-singing, apa itu? yakni menyanyikan nada mengikuti improvisasi melodi gitar, piano atau bass, umumnya dimainkan di gitar, ya memang permainan jenis ini paling banyak dimainkan di musik-musik improvisasi seperti blues dan jazz, tapi bisa juga dipraktekkan di genre pop maupun rock, tentu akan terdengar lebih berkelas dan variatif. untuk gitaris, harus mampu memberikan banyak ide-ide harmonik, karena gitar adalah alat musik harmonik, tugas pokoknya adalah memberikan iringan progresi chord yang baik dan indah, dan tugas lainnya adalah bermain melodi sama seperti vokal, ada sesi lead nya (solo gitar) dalam part-part komposisi musik, juga sebagai pemberi nuansa ritem.

# untuk pemain bass dan keyboard piano, sama seperti teori gitar diatas itu yakni menggunakan pendekatan scale dan mode untuk lead nya, untuk permainan chord, gitar dan piano sama karena berada di range wilayah frekuensi nada yang sama, oleh karena itu harus diatur supaya tidak 'saling nabrak' frekuensi, contoh kalau pemain gitar main di chord C open, maka si pianis atau keyboardist sebaiknya memainkan di satu oktaf lebih tinggi atau satu oktaf lebih rendah (agar range frekuensi nadanya menjadi lebih lebar, sebab jika kedua instrument itu berada di frekuensi yang sama biasanya terdengar bising, kurang nyaman didengar, apalagi ditambah pola mainnya sama, lebih tidak nyaman lagi), khusus untuk bass lebih aman frekuensinya karena bass bermain di frekuensi rendah (low freq), hanya saja permainan bass harus diatur rapi dengan bass drum (kick), karena kedua unsur ini adalah penentu ritme / irama band, jadi harus nge-blend. untuk itu diperlukan pemain yang mengerti dan saling memahami satu sama lain. Bass juga bermain nada sama seperti gitar dan piano, hanya saja bass lebih fokus di nada-nada yang bersifat blocking, umumnya permainan bass bermain di nada-nada tunggal dan root (nada dasar), tapi seorang bassist yang kreatif biasanya paham penggunaan chord-tones, artinya dia bukan hanya main di root (nada dasar) tapi juga memainkan harmoni formula chord, misalnya ketika bermain di chord C maka si bassist gak hanya nge-blok di nada C tapi juga memainkan variasi di nada E dan G, karena chord C itu memiliki formula (nada-nada pembentuk chord) = C,E,G. Jadi Bassist harus tahu tentang ini.. 

# untuk drum, harus kuat di ritem, karena seorang drummer mempunyai tugas pokok yakni sebagai pembentuk irama, juga sebagai penjaga tempo dan penyemarak komposisi musik. harus tepat menggunakan teknik artinya jangan sampai kurang teknis maupun over teknis, kemampuan teknis harus dikontrol oleh kemampuan feel / soul (rasa dan penjiwaan), tanpa merasa dan menjiwai maka permainan kita laksana robot, laksana sayuran tanpa garam, hambar tak ada rasa, seorang drummer yang baik, bagus dan bijak mampu menempatkan permainannya menjadi patokan bagi player-player yang lain, karena jangkauan frekuensi drum merupakan yang terlebar diantara semua instrument musik, oleh karena itu seorang drummer harus lebih fokus dalam menjaga kestabilan permainannya, seorang drummer harus mengerti ritem (irama), jika ingin paham ritem / irama berarti harus paham juga tentang birama, nah dibawah ini ada tiga birama pokok yang biasanya sering dimainkan di banyak aliran-aliran musik termasuk pop dan rock;  
- birama 4/4 (tempo: slow & medium)
- birama 2/4 (tempo: fast/cepat)
- birama 6/8 (jika ingin ada nuansa blues) 


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)


kami menawarkan JASA ARANSEMEN MUSIK, ARANSEMEN LAGU dan PEMBUATAN LAGU (all genre) untuk proyek rekaman anda, dengan biaya yang minim, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, ditangani oleh seorang arranger yang sudah berpengalaman menangani berbagai klien dari berbagai genre musik, yang juga seorang songwriter yang sempat memiliki karya fenomenal yakni menembus chart 3 besar dunia di situs musik terkemuka reverbnation, serta mencatat rekor dengan mendapatkan ribuan komentar positif dari musisi-musisi dan penyanyi-penyanyi seluruh dunia... jadi kapan lagi ditangani oleh yang PRO dengan budget miring ? 

jika berminat, silahkan datang langsung ke 

REYAL MUSIK,
Jl.Tugu no.1 Cipayung Jakarta Timur
(dekat Markas Pusat Teritorial TNI AD Cipayung)
CP (Dani Mkd): 0857 1846 1872 / 0812 8095 1862
(whatsapp/line/wechat, pin BB: 7617E598)



 

*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

1 comment:

  1. keren .. banyakin lagi artikel kyak gini..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...