Cara Mencari Melodi Sebuah Lagu Atau Musik

Cara Mencari Melodi Gitar, Piano Keyboard, Bass, Belajar Melodi Gitar Piano Keyboard, Bass, Biola


Cara Mencari Melodi Gitar, Piano Keyboard, Bass Pada Lagu/Musik



Baik melodi gitar, piano, keyboard, bass atau instrument lainnya selalu menggunakan ‘guide’ scale, artinya ada scale yang sedang berjalan dalam permainan melodi tersebut.

Dan sangat dianjurkan bagi para pemula untuk juga memahami pergerakan chord atau progresi chord, karena harmonisasi melodi tentu tak bisa berdiri sendiri, melodi membutuhkan iringan berupa chord dan ritem (irama)

Bahkan terkadang melodi-melodi yang bagus itu sedikit banyak terbantukan oleh progresi chord yang baik dan bagus

Lalu ada pertanyaan muncul, bagaimana cara kita mencari melodi baik di gitar atau instrument lainnya dari sebuah lagu / musik ? caranya sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kita sudah memiliki teknik bermain yang baik, wawasan teori musik yang bagus serta feel / soul bermusik yang mumpuni.

Saya sudah pernah membuat artikel sebelumnya yakni cara mencari chord / kunci sebuah lagu, di bagian akhir artikel ini sudah sedikit dijelaskan tentang rumus dasar latihan bermain melodi.


Umumnya permainan melodi bermain di major scale dan minor scale (scale dalam bahasa indonesia bermakna tangga nada) untuk variasinya biasanya cukup mengambil pola-pola mode dari major scale seperti : ionian, dorian, phrygian, lydian, mixolydian, aeolian dan locrian

Sebenarnya mode-mode ini hanya variasi interval dari major scale, namun memberikan atmosfir karakter suara (tone) yang berbeda, bahkan beberapa musisi-musisi dunia permainan melodinya banyak yang diidentikkan dengan mode tertentu.

Misalnya gitaris Steve Vai dan Joe Satriani identik dengan lydian mode, Yngwie Malmsteen identik dengan aeolian dan phrygian mode, Danny Gatton identik dengan mixolydian mode, dan lain-lain.


Cara Mudah Dan Cepat Mencari Melodi Gitar, Piano Keyboard, Bass


Cara tercepat untuk mengetahui melodi sebuah lagu atau musik adalah dengan menebak terlebih dahulu nada dasar nya, contoh jika kita temukan nada dasarnya adalah DO=C maka perputaran chord nya (progresi chord) adalah C Dm Em F G Am Bdim, dan scale yang dimainkan adalah major scale C = C, D, E, F, G, A, B

Belajar Mengenal Family Chord (Keluarga Chord)

Semua pergerakan progresi chord pasti memiliki keluarga masing-masing, berangkat dari satu tangga nada dasar, ini mutlak, artinya tidak mungkin jika pergerakan chord yang kita cari bermain di nada dasar C lalu kita mainkan major scale selain C, ini salah. Untuk lebih lengkapnya perhatikan dibawah ini ;

1. Family chord pada tangga nada dasar C 

DO=C
progresi chord  : C Dm Em F G Am Bdim
major scale : C, D, E, F, G, A, B

2. Family chord pada tangga nada dasar D

DO=D
progresi chord : D Em F#m G A Bm C#dim
major scale : D, E, F#, G, A, B, C#

3. Family chord pada tangga nada dasar E

DO=E
progresi chord : E F#m G#m A B C#m D#dim
major scale : E, F#, G#, A, B, C#, D#

4. Family chord pada tangga nada dasar F

DO=F
progresi chord : F Gm Am Bb C Dm Edim
major scale : F, G, A, Bb, C, D, E

5. Family chord pada tangga nada dasar G

DO=G
progresi chord : G Am Bm C D Em F#dim
major scale : G, A, B, C, D, E, F#

6. Family chord pada tangga nada dasar A

DO=A
progresi chord : A Bm C#m D E F#m G#dim
major scale : A, B, C#, D, E, F#, G#

7. Family chord pada tangga nada dasar B

DO=B
progresi chord : B C#m D#m E F# G#m Bbdim
major scale : B, C#, D#, E, F#, G#, Bb








Cara Bermain Melodi Pada Tangga Nada Minor (Minor Scale)


Bagaimana dengan melodi yang bermain di minor scale


Seperti kita ketahui semua bahwa mayoritas permainan melodi itu paling banyak dimainkan di minor scale, mengapa? Mungkin karena faktor karakter sound dari minor scale itu sedikit lebih sendu dan dalam daripada major scale yang terang itu (umumnya penikmat musik cenderung lebih menyukai karakter yang sendu, merdu dan dalam).

Padahal kalau disimak sebenarnya minor scale itu juga adalah mode nya mayor yang ke enam, artinya minor scale itu ya mayor juga, hanya beda di permulaan nada awalnya jika kita memainkan tangga nadanya. 

Ini yang namanya sejajar atau relatif. Contoh, major scale C = C, D, E, F, G, A, B itu relatif minornya adalah minor scale A = A, B, C, D, E, F, G

Perhatikan kedua tangga nada tersebut, sama kan? Hanya beda di susunan, isinya sama. Kita bisa menggunakan relatif minor maupun mayor sebagai alternatif variasi yang bisa saling menggantikan. 

Minor scale juga punya pecahan-pecahan scale yang banyak diantaranya pentatonik minor, harmonik minor, melodik minor, blues scale (pentatonik minor plus satu nada blue note), dan lain-lain. 

Diantara pecahan-pecahan minor scale yang paling banyak digunakan dalam permainan melodi, terutama melodi gitar adalah pentatonik minor, blues scale dan harmonik minor. Pemain bass juga banyak menggunakan pentatonik minor dan blues scale dalam permainan solo mereka. 

Kesimpulannya, jika kita ingin cepat mendapatkan melodi yang kita cari pada sebuah lagu / musik, maka pahami penjabaran diatas dengan baik, mulai dari cari terlebih dahulu nada dasarnya, dari nada dasar inilah kita akan mengerti akan bermain di scale apa, setelah nada dasar berikut progresi chord dan scale nya sudah kita ketahui maka kita akan jauh lebih gampang menebak nada-nada melodinya, cukup mudah kan?



Cara Membuat Melodi / Merangkai Nada Lagu / Musik


Terakhir, jika ada nada-nada yang berada diluar scale yang sedang kita mainkan, maka nada-nada tersebut biasa disebut passing notes atau nada-nada ‘bumbu’ (pemanis) yang hanya sekedar lewat, nada-nada yang fungsinya sebagai variasi supaya permainan melodi kita tidak terlalu lurus dan kaku. 


Melodi juga banyak diambil dari chord-tones (formula chord, nada-nada pembentuk chord), melodi tipe chording ini biasanya lebih menarik bunyinya, karena kita membuat suara ‘outline’ dari chord yang berjalan di belakang.

Kombinasi antara permainan scale, mode dan chording inilah yang membuat permainan melodi kita menjadi lebih menarik, bagus, cerdas, indah dan progres. 



Belajar Melodi Gitar, Piano Keyboard, Bass Untuk Pemula


Ingat penjabaran ini adalah pondasi musikal bagi para pemain gitar (elektrik maupun akustik), piano, keyboard, bass, biola, dan lain-lain, untuk para gitaris, pianis, kibordis, bassis, dan lainnya sangat dianjurkan untuk memiliki wawasan dasar ini

Pelajaran ini sangat fundamental untuk para pemula. Dan pelajaran ini bukan hanya berlaku untuk mencari (mengulik) melodi sebuah lagu / musik, tapi juga merupakan dasar-dasar latihan belajar membuat melodi atau merangkai nada-nada untuk lagu / musik

Selamat belajar... good luck folks.. 

Info les musik klik Info Lengkap Studio Reyal Musik



Klik !!! Kumpulan Video Tutorial Belajar Melodi Gitar



( Words / Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )

Reyal Musik

Reyal Musik adalah studio rekaman, kursus musik, jasa aransemen musik dan jasa pembuatan lagu terbaik dan profesional dengan biaya terjangkau, small price but BIG quality !

VISIT OUR OFFICIAL SITES :

www.studioreyalmusik.com

www.reyalmusik.com

3 Komentar

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Lebih baru Lebih lama