l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Belajar Petikan Gitar Untuk Pemula - Lengkap, Mudah, Tuntas !

Belajar petikan gitar adalah suatu keharusan bagi setiap orang yang ingin bisa bermain gitar, karena petikan gitar atau cara memetik gitar serta pola petikan gitar mampu membawa berbagai nuansa atau sugesti baik kesan sedih, ceria, semangat, romantis, indah, dan lain-lain. 

Video belajar gitar atau video tutorial gitar berikut ini adalah video belajar petikan gitar yang paling lengkap, mudah serta tuntas untuk para pemula karena dilengkapi dengan berbagai style atau teknik petikan dasar gitar yang pokok dan penting. 

Belajar petikan atau cara memetik gitar adalah teknik dasar gitar yang sama pentingnya dengan belajar genjrengan / kocokan / strumming gitar atau cara menggenjreng gitar. Jadi dua teknik ini adalah pondasi skill dari permainan gitar akustik maupun gitar elektrik (gitar listrik).

Gitar adalah instrument atau alat musik yang fleksibel (luwes) bisa untuk berbagai style / genre musik. Gitar juga alat musik paling digemari, paling merakyat dan terjangkau secara harga sehingga tidak mengherankan jika di setiap rumah di muka bumi ini kemungkinan besar pasti memiliki instrument ini. Beberapa sebab mengapa gitar menjadi instrument / alat musik favorit diantaranya:
  1. Harganya terjangkau.
  2. Bunyinya enak dan alami (natural) di telinga.
  3. Bentuknya praktis, mudah disimpan dan dibawa kemana-kemana.
  4. Mudah untuk dipelajari, jika hanya untuk sekedar bisa mengiringi lagu sederhana, namun jika ingin benar-benar jago main gitar tentu membutuhkan proses dan perjuangan belajar yang ketat dan keras. Untuk mempermudah proses, kebanyakan orang lebih memilih ikut program les / kursus gitar, karena lebih kilat proses belajarnya.
  5. Cool! alias keren, tentu bisa bermain gitar bisa menambah dan memperkuat pesona diri, apalagi jika anda laki-laki maka bisa bermain gitar menjadi semacam 'keharusan'.
  6. Gitar adalah instrument harmonik (banyak nada) yang sangat menghibur.

Belajar Gitar, belajar petikan gitar, belajar gitar untuk pemula, belajar petikan gitar untuk pemula, cara bermain petikan gitar, cara belajar petikan gitar, cara cepat bisa memetik gitar


Belajar Petikan Gitar Dan Cara Memetik Yang Sangat Penting Untuk Pemula

Reyal Musik sudah berpengalaman mengajar banyak murid, dari pengalaman ini kami menyimpulkan bahwa banyak orang-orang yang ingin belajar gitar memiliki semangat yang tinggi dan luar biasa namun terkendala di metode belajar atau cara / teknik bermain yang benar dan lengkap. Reyal Musik sedikit berbagi (sharing) video berikut ini yang merupakan salah satu video yang sangat penting untuk disimak dan dipelajari khususnya untuk para pemula. Mengapa penting? karena video ini memiliki konten yang fundamental untuk memulai belajar gitar secara baik dan benar terutama cara atau teknik bermain petikan gitar.

Video Belajar Petikan Gitar Yang Lengkap Dan Wajib Tonton Bagi Para Pemula

Bila anda ingin bisa bermain gitar yang baik, benar, enak dan tepat maka video ini adalah video yang wajib tonton. Didalam video tutorial gitar ini akan dijabarkan mulai dari teknik fingerstyle atau belajar petikan fingerstyle gitar (menggunakan jari) hingga ke teknik petikan pickingstyle gitar (menggunakan pick gitar). 

Materi yang ada di video ini jarang dibahas di video-video lainnya, karena video ini memiliki beberapa tips dan trik bermain petikan gitar mulai dari teknik bermain hingga rahasia-rahasia penggunaan nada yang enak dan keren sebagai variasi petikan gitarnya, jadi sangat sayang jika anda melewatkan atau tidak menyimak pesta ilmu yang ada didalam video yang berdurasi hampir 1 jam ini. 

Setelah anda nantinya mulai bisa mengikuti pelajaran di video ini, silahkan anda praktekkan dengan mencoba mengiringi lagu yang mudah, cari lagu yang sederhana yang hanya 4 chord misalnya C Am F G lalu praktekkan pola petikan yang sudah dipelajari di video ini, mulai dari tempo yang pelan, setelah agak lancar silahkan lanjut ke lagu atau musik yang temponya sedang (normal), jika sudah lancar juga praktekkan di lagu yang bertempo cepat. lebih baik gunakan metronome untuk belajar mengontrol tempo. Jika anda bermimpi ingin jadi pemain gitar atau gitaris yang handal tentu pelajaran ini tidak bisa dilewatkan. Berikut ini beberapa progresi chord yang bisa anda terapkan untuk melatih petikan gitar
  • C - Am - F - G
  • D - Bm - G - A
  • E - C#m - A - B
  • F - Dm - Bb - C
  • G - Em - C - D 
  • A - F#m - D - E
  • B - G#m - E - F#
Jika anda sudah melatih progresi chord diatas dengan baik, maka anda bisa mengembangkan progresi chord nya menjadi lebih padat dan variatif, kunci terakhir tiap progresi bisa anda ganti dengan kunci dominant (7), misalnya progresi chord C = C - Am - F - G menjadi C - Am - F - G7. Setelah sudah terbiasa dengan progresi ini lalu naikkan lagi level pelajarannya dengan menyisipkan bridge chords (kunci jembatan) yang lebih banyak di tiap transisi chord, juga passing chords (jika anda sudah mengerti teknik passing), contoh berikut ini :
  • Progresi chord standar C = C - Am - F - G 
  • Disisipi bridge chords dengan menggunakan slash chords dan dominant 7 menjadi C - C/B - Am - Am/G - F - D/F# - G - G7
Variasi terakhir yang bisa anda terapkan pada permainan petikan gitar anda adalah memberi berbagai variasi nada di tiap chord, panduannya ada di video tutorial dibawah ini tentang menerapkan variasi 10 nada dalam satu chord. Intinya video belajar gitar ini berisikan teknik petikan gitar / teknik memetik gitar dasar yang wajib dikuasai agar skill bermain gitar kita cepat terbentuk dengan baik dan tepat.

Tanpa perlu panjang lebar silahkan simak tutorial belajar petikan gitar / cara memetik gitar / pola petikan gitar berikut ini yang berdurasi hampir satu jam. Tonton dari awal sampai tuntas, menonton sepotong hanya akan membuat ilmu yang didapat terpotong dan tidak utuh. Semoga bermanfaat, selamat belajar dan berlatih







( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik)



0 komentar:

Post a Comment

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *