Teknik Improvisasi Gitar - Jazz Guitar Improvisation

Cara bermain / teknik improvisasi gitar dengan menggunakan pendekatan mode... permainan seperti ini sering terdengar di genre-genre jazz, smooth, fusion, dan lain-lain... enjoy it folks, selamat menikmati....

Banyak yang tanya,” om, main improvisasi itu kayak gimana sih?”

JAWAB: improvisasi itu bermakna pengembangan, perluasan dan perbaikan, biasanya untuk bisa bermain improvisasi seorang pemain dituntut wajib memiliki wawasan musik yang luas, paham ilmu musik yang baik yakni diantaranya mengenal dan paham banyak tentang chord, scale, timing, touching, rhythm, dan lain-lain.. banyak yang bilang teknik improvisasi merupakan teknik tertinggi / puncak dalam bermain musik, ya memang betul adanya, karena syarat untuk bisa bermain improvisasi itu banyak.. namun apakah sesulit itu ? tentu setiap hal sulit biasanya ada langkah mudahnya, termasuk teknik ini, seperti video berikut ini, saya hanya memainkan scale yang sederhana yakni major scale, ada yang tanya,” om, major scale kok bunyinya bisa begitu, kayak bukan major ? ya itulah yang namanya improvisasi, banyak trik yang menyertainya, sesuatu yang mudah bisa terdengar rumit, padahal biasanya cuma bermain pola atau mode dengan beberapa permainan timing yang acak serta pemilihan nada yang kadang bermain di interval dekat dan kadang skip disertai harmonic playing… ya silahkan disimak videonya dan selamat menikmati video sederhana ini... semoga bermanfaat. 








(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)


http://reyalmusik.flavors.me

*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

9 comments:

  1. dengerinnya enak tapi pas nyoba ngikutin susah juga hehe, mantav gan......

    ReplyDelete
  2. Teknik tertinggi ya? Harus lebih sering latihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.. banyak latihan itu syarat utama untuk berhasil

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...