l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Jago Gitar Seketika, Cara Belajar Cepat Dan Mudah

Gitar adalah instrument atau alat musik yang sangat banyak peminatnya karena memiliki karakter bunyi yang enak didengar, mudah dicerna dan natural. Banyak sekali yang ingin bisa memainkannya, tapi banyak pula yang tak tahu harus belajar gitar mulai darimana.

Bahkan banyak pemain gitar yang sudah lumayan pun masih salah dalam mempelajari sistematika belajar gitar, salah di urutan, salah di pemahaman dasar dan salah teknik sekalipun terlihat bisa belum tentu benar, enak dan bagus cara bermain gitarnya.

Inilah uniknya gitar, dibutuhkan kesabaran, mengenal proses dan ketekunan super tinggi agar bisa menggapai skill atau kemampuan bermain gitar yang layak dan ideal.


belajar gitar, belajar melodi gitar, belajar petikan gitar, belajar genjrengan gitar



Jago Bermain Gitar Dengan Cara Mudah Dan Cepat ? 

Apakah bisa? tentu bisa, jika kita memahami konsep dasar gitar serta sistematika belajarnya maka kita akan cepat sekali bisa menguasai instrument atau alat musik ini.

Kebanyakan gitaris pemula terjebak di sistem dan metode belajarnya yang kurang tepat bahkan keliru, sehingga bertahun-tahun lewatpun tetap tidak membingkiskan skill bermain gitar yang diidamkan.

Inilah pentingnya konsep, sistem dan metode belajar, tanpa tahu ini maka umur kita akan terkuras habis dalam proses mempelajarinya, sangat tidak efektif dan tidak efisien.

Cara optimal atau maksimal untuk mendalami ilmu gitar adalah dengan benar-benar mencari tahu apa saja yang menjadi fundamental (dasar/basic) dari permainan gitar itu.

Mula-mula kita wajib mengatur mindset kita terhadap gitar, jika pola pikir belum terbentuk maka latihan sekeras apapun tidak akan memberi pengaruh banyak pada perkembangan skill bermain gitar.


Cara mudah, cepat, kilat bisa bermain gitar

Apa itu mindset?.. tentu maknanya adalah pola pikir, kita harus mengatur cara berpikir kita terhadap gitar, kita wajib tahu bahwa gitar itu punya urutan atau sistematika belajar yang tidak boleh di-skip (dilompati), harus berurut proses belajarnya.

Kita juga wajib tahu bahwa kemampuan bermain gitar itu paling banyak dipengaruhi oleh wawasan musik yang kita miliki, tanpa wawasan maka naluri gitaris susah terbentuk didalam skill bermain gitar kita.

Kita juga harus tahu bahwa kemampuan musikal itu bisa terbentuk jika hearing skill (kemampuan menyerap lewat kuping) kita baik, untuk melatih ini harus banyak menghafal lagu / musik, menganalisa lagu / musik dan coba menerapkan apa-apa yang kita dengar.

Intinya adalah 3 hal yakni bakat, metode belajar dan latihan keras, ketiga hal ini jika sudah ada di kita maka menguasai permainan gitar menjadi jauh lebih mudah, sebaliknya jika salah satu saja tidak ada maka akan banyak kesulitan yang menghalangi proses belajar gitarnya.

Berikut ini saya akan memberikan sistematika belajar gitar yang benar dan terurut, beserta video belajar gitar / video tutorial gitar nya ; 


1. Belajar Kunci Gitar 

Sudah sering saya bahas di artikel-artikel sebelumnya bahwa kunci atau chord gitar itu adalah hal yang sangat fundamental untuk dikuasai bahkan penentu utama dari bagus tidaknya kita bermain gitar dinilai dari bagus tidaknya kita bermain kunci gitar / bermain chord gitar.

Kunci atau chord gitar memang jumlahnya banyak sekali, apalagi jika persepktifnya adalah jenis dan pola (pattern) jumlahnya bisa tembus puluhan ribu secara total, namun yang saya bahas di video ini adalah basic nya, terutama cara kita memahami 2 kunci paling dasar yakni kunci mayor dan kunci minor.

Selain jenis chord mayor dan minor tentu masih banyak jenis chord lainnya seperti kunci dominant7, 9, 11, 13, mayor7, 9, 11, 13, suspended (sus2 dan sus4), mayor6, juga kunci-kunci minor lainnya seperti m6, m7, m9, m11, m13 ada juga kunci gabungan seperti m(M7), kemudian diminished (dim, dim7, m7-5), ada juga kunci add seperi add9, add11.. ada juga augmented (+), 7-9, 7+9, power chord (5), octave chord (8), dan banyak lagi lainnya.

Untuk mendalami kunci-kunci variatif diatas tentu anda sebaiknya ikut program les gitar, karena dibutuhkan penjabaran yang rinci, lengkap dan detil agar bisa benar-benar menguasainya.

Video berikut ini akan menjelaskan konsep dasar bermain chord mayor dan minor, lengkap dengan pengenalan fretboard (papan nada gitar), mengenal pola chord, teknik dasar yang benar, juga mengenal istilah chording (arpeggio), dan lain-lain, video ini cukup luas penjabarannya dan sangat penting untuk ditonton dan dipelajari terutama para pemula.






2. Belajar Petikan Gitar Dan Belajar Genjrengan Gitar

Teknik dasar bermain gitar yang harus sering dipraktekkan adalah cara menggenjreng gitar dan cara memetik gitar, karena dari dua teknik dasar inilah penentu perkembangan skill selanjutnya.

Jenis atau macam-macam genjrengan maupun petikan gitar memang banyak sekali, dan penentu utama bagus tidaknya skill ritmik (cara bermain ritem gitar) kita tergantung dari kualitas permainan genjrengan maupun petikan gitar kita.

Video belajar gitar berikut ini adalah tutorial dasar bermain petikan gitar yang wajib diketahui, video ini lengkap meliputi teknik petikan gitar dengan pick dan teknik petikan fingerstyle gitar (dengan jari), dua-duanya harus dikuasai jika kita ingin memiliki skill yang lengkap dan fleksibel.

Untuk video belajar genjrengan gitar diberikan contoh-contoh cara bermain ritem gitar dengan berbagai karakter atau genre musik, genjrengan atau kocokan gitar (guitar strumming) tak kalah pentingnya untuk secepat mungkin dikuasai.








3. Belajar Melodi Gitar

Bisa bermain melodi gitar umumnya dijadikan target skill bermain gitar yang diidamkan oleh banyak pemain gitar / gitaris pemula, hal ini bisa dimaklumi karena melodi gitar adalah tipikal permainan gitar yang paling menonjol.

Namun tahukah anda bahwa melodi gitar itu justru sebenarnya lebih mudah dipelajari dan dikuasai daripada mendalami chord gitar dan teknik ritem gitar, ini banyak yang gak ngeh, bahkan sebagian diluar sana menganggap bahwa jago bermain melodi gitar adalah skill puncak, padahal ini keliru, justru fakta lapangan berkata sebaliknya, jika anda mencari pemain melodi gitar yang jago, banyak jumlahnya, coba anda cari pemain gitar yang jago chord dan jago permainan ritmik? jarang.. 

Kok bisa begitu? karena melodi gitar itu sifatnya tunggal, dimainkan secara nada per nada, dan kemampuan daya serap manusia adalah lebih mudah menangkap bunyi nada tunggal daripada nada harmoni (chord).

Sedangkan skill ritem yang bagus tidak akan bisa digapai tanpa memiliki wawasan musik yang luas (tahu banyak lagu / musik dari macam-macam genre musik).

Dan faktanya juga, siapapun yang punya wawasan chord yang luas serta skill ritem yang bagus kemungkinan besar jago juga di melodi gitar, sebaliknya siapapun yang jago bermain melodi gitar, belum tentu jago chord dan ritem.

Nah video belajar melodi gitar berikut ini akan menjabarkan 3 rahasia pokok cara bermain melodi gitar termasuk cara bermain melodi mulai dari metode scale (tangga nada), juga metode chording (melodi berbasiskan formula chord) serta teknik passing.

Jika ingin permainan melodi gitar kita 'naik kelas' dan keren maka gunakan 3 metode ini, maka ia akan meng-cover bukan hanya teknik bermain melodi standar tapi juga memasukkan unsur chord berikut ritem kedalamnya sehingga permainan melodi menjadi lengkap dan 'bergizi tinggi'.






4. Belajar Improvisasi Gitar (Teknik Improvisasi Melodi Dan Kunci Gitar) 

Kata orang-orang belajar gitar itu ada puncaknya, dan puncak tertingginya adalah bisa bermain teknik improvisasi baik melodi maupun chord (kunci), kalau dilihat dari sisi komprehensifitas maka anggapan ini tentu benar karena improvisasi adalah pengembangan dan perluasan serta eksplorasi kita terhadap permainan gitar.

Jadi secara sederhana, improvisasi gitar itu bermakna memperkaya permaian gitar kita agar tidak terlalu terlihat sederhana atau biasa saja.

Syarat untuk bisa bermain impovisasi melodi gitar maupun improvisasi chord gitar memang cukup berat karena yang utama kita wajib matang secara teknik, punya wawasan musik luas, jam terbang tinggi, memahami betul antara teori dan praktek serta punya jiwa ekspansif dan eksploratif.

Video berikut ini akan menjelaskan kepada anda teknik dasar atau cara bermain improvisasi melodi gitar dan improvisasi kunci / chord gitar, khusus untuk para pemula dan menengah






Demikian penjabaran tentang cara jago bermain gitar seketika, cara mudah dan cepat bisa bermain gitar, artinya dalam artikel ini ditunjukkan sistematika (urutan) belajar gitar yang benar agar anda bisa lebih mudah dan cepat menguasai atau menggapai skill bermain gitar yang ideal, selamat mencoba, selamat belajar dan semoga berhasil...! 



** Jika anda ingin lebih serius lagi untuk mendalami ilmu gitar, Reyal Musik membuka program kursus / les gitar dengan menggunakan metode belajar yang paling efektif, terbaik, unik dan komprehensif yakni "Play By Ear & Multi Genre Approaching", ajaran yang profesional dengan biaya les yang murah dan terjangkau oleh semua, info lengkap hubungi WA ke 0812 8095 1862 atau klik Kursus / Les Gitar Metode Terbaik Di Jakarta, Biaya Murah





( Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik )




1 komentar:

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *