Cara Membuat Lirik Lagu Yang Baik, Bagus, Indah Dan Menyentuh


Cara membuat lirik / syair lagu yang baik, bagus, indah dan menyentuh

Dalam menikmati lantunan lagu / nyanyian ada unsur bahasa yang menyertainya sebagai 'ujung tombak' komunikasi yang diwujudkan dalam bentuk lirik / syair / puisi... bahkan pesan berkesenian yang paling mudah sampai dan melekat keras pada ingatan manusia adalah 'pesan' yang berupa kata-kata, lagu adalah bahasa yang dinadakan... 

lirik lagu mempunyai 2 pintu; pintu pertama mengajak pada kebaikan dan pintu kedua mengajak pada keburukan... jadi berhati-hatilah dalam merangkai kata... dari awal keberadaan manusia di bumi ini, faktor bahasa adalah modal terpenting manusia untuk berinteraksi, belajar ilmiah, hidup berdampingan, berkembang & bersatu.

Kemampuan membuat lirik lagu atau syair lagu berkaitan erat dengan minat baca dan tulis seseorang, jadi jika ada seseorang yang suka membaca syair, puisi, lirik, cerpen, novel, dan karya-karya sastra lainnya maka kemungkinan besar ia akan mampu menyerap makna-makna dan karakter-karakter kata maupun kalimat yang ia baca bersamaan dengan munculnya daya peka, daya jelajah, daya rasa dalam meng-eksplorasi kata maupun kalimat kedalam gaya bahasanya sendiri.

Jadi semua yang pernah ia baca bisa memunculkan kombinasi ide tulisan yang bisa dituangkan dalam bentuk syair maupun lirik lagu, jadi apabila kita menginginkan kemampuan yang baik dalam hal tulis menulis maka perbanyaklah baca, semakin banyak bacaan semakin luas cakrawala kata maupun kalimat yang semuanya bisa kita olah menjadi lirik atau syair lagu yang baik, bagus, dalam dan indah.

kemampuan ini tergantung juga dengan habitual dirinya dengan lingkungan atau kebiasaan yang sering dijumpai atau dilakukannya, misalkan jika ada seseorang yang biasa dan suka bergaul dengan orang yang sering berkata-kata kasar, maka bahasanyapun akan ikut kasar, bila ada seseorang yang sering berada di lingkungan yang terpelajar maka ia pun akan ikut terpelajar, juga apabila ada seseorang yang sering mengalami kerasnya kehidupan maka apa yang dialaminya itu bisa ia tuangkan dalam bentuk tulisan yang barangkali bertemakan tentang keluh kesah, kesedihan, kritik sosial, berontak, kemarahan, pantang menyerah, dan tema-tema yang sejenis itu.

Juga bila ada seseorang yang kesehariannya selalu diliputi dengan kesenangan, kebahagiaan dan cinta kasih maka ia bisa dengan mudah menuangkan keceriaan hidupnya itu kedalam bentuk syair maupun lirik lagu, jadi sederhananya dalam pembuatan lirik atau syair lagu sangat berkaitan erat dengan bakat tulis menulis, kemampuan menyerap keadaan di sekitarnya, kebiasaan hidup keseharian serta punya jiwa kreatif dan inovatif.

Memang betul kalau ada anggapan bahwa siapa saja bisa menulis kok, siapa saja bisa bikin syair kok, tapi kalau dilihat dari kacamata seni tulis menulis maka seseorang yang berbakat baik di seni tulis menulis ini pastilah berbeda dengan orang-orang yang cuma sekedar bisa, sebab menulis itu membutuhkan imajinasi, kreasi, inovasi, progresi, jiwa artistik serta tentunya bakat agar mampu memproduksi karya-karya tulis yang inspiratif, bagus, berbobot, menarik, unik, indah dan bermutu. 




Berikut ini tips-tips membuat lirik lagu atau syair lagu yang baik;

1. Tentukan tema lirik yang positif, bisa seputar cinta, rohani, lingkungan, persahabatan, kritik sosial, alam, dan lain-lain… (*usahakan suasana lirik selalu bernuansa yang santun dan baik, hindari tema-tema yang tidak baik atau yang menimbulkan gejolak / kontroversi)

2.  Pilih kata-kata yang bagus, jika suka dengan perumpamaan maka carilah kata-kata yang mewakili apa yang ingin disampaikan, misalnya “ kamu hanyalah lidah yang tak dihinggapi kata-kata… “ ini perumpamaan dari seseorang yang tidak ada manfaatnya, sebaliknya jika suka dengan bahasa-bahasa lugas, jelas dan mudah dicerna maka susun kata-kata itu sebaik mungkin dan supaya biar tidak dicap terlalu biasa maka carilah kosa kata yang sedikit unik, rangkai sebaik mungkin. 

Penggunaan bahasa gaul juga efektif tapi segmented (jangkauan terbatas) artinya tidak semua orang suka dengan lirik yang terlalu gaul, sama seperti tidak semua orang suka dengan lirik yang terlalu berat bahasanya, solusinya? ambil pertengahan, ini yang ideal, terutama jika bisa mencari kosa kata yang unik dicampur kosa kata normal lalu mampu meramu kalimat yang fresh. 

Ingat ! lirik lagu adalah salah satu faktor utama penentu keberhasilan karya lagu, bahkan banyak lagu-lagu yang menjadi terkenal karena faktor liriknya sekalipun nada lagunya biasa-biasa saja bahkan dibawah standar. Meskipun demikian, karya yang ideal itu tetaplah karya yang bagus dari berbagai perspektif baik secara lirik, nada maupun komposisi aransemennya. ini yang terbaik dan inilah tipe karya yang paling dihargai, bertahan lama dan inspiratif.

3. Dalam pembuatan lagu, ada beberapa cara; ada yang membuat lirik dulu baru kemudian nada lagunya, ada juga yang membuat nada lagu terlebih dahulu kemudian liriknya, ada juga yang bersamaan.. mana yang terbaik? Ya sesuaikan dengan mood kita pada saat itu, karena terkadang inspirasi awalnya datang dari nada kemudian lirik atau sebaliknya, jadi manfaatkan momen ide yang muncul saat itu lalu maksimalkan kreasinya. 

Untuk jenis aransemen musik yang memiliki pergerakan progresi chord yang lama dengan tempo yang slow maka bisa kita manfaatkan dengan menulis banyak lirik lagu, jika progresi chordnya bergerak cepat dengan tempo cepat maka sesuaikan juga liriknya. mungkin diantara kita ada yang sudah mengerti cara membuat lirik namun masih bingung dengan cara membuat nada lagu yang baik, enak dan bagus? baca artikel cara membuat nada lagu yang baik, bagus, enak dan berkualitas

4. Pahamilah sugesti (kesan) chord, sebab setiap chord memiliki kesan dan suasana tersendiri, misalnya jika kita memilih lirik lagu yang agak sedih maka cocok diiringi oleh chord-chord minor, lirik lagu yang ceria cocok dengan chord-chord major, lirik lagu yang bertemakan petualangan / perjalanan maka cocok diiringi dengan slash chord, dan lain-lain, untuk detilnya mengenai sugesti chord silahkan baca artikel Cara Mencari Chord Kunci Sebuah Lagu Dan Belajar Lengkap Chord Kunci Gitar, Piano, Bass

5. Ingin tahu contoh lagu yang mampu mengkombinasikan lirik yang baik dengan nada lagu dan aransemen musik yang berbobot (*lagu ini mendapat ribuan komentar positif dari musisi-musisi dan penyanyi-penyanyi seluruh dunia di situs musik terkemuka Reverbnation), penasaran dengan lagunya? klik disini  
Dan lain-lain...

** Jika anda sedang mencari jasa seorang pembuat / penulis lagu dan lirik yang mumpuni, yang berpengalaman membuat karya-karya yang berkualitas bahkan beberapa karyanya banyak diakui oleh musisi-musisi dan penyanyi-penyanyi seluruh dunia di situs musik terkemuka reverbnation (*mencatat rekor dengan mendapatkan ribuan testimoni dan komentar positif), serta tentunya berbiaya membumi yang menjangkau semua kalangan, silahkan baca artikel atau klik penulis lagu, lirik dan aransemen musik

Semoga bermanfaat…

*klik TESTIMONY !

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

http://reyalstudio.blogspot.com
http://rahasiailmumusik.blogspot.com
http://aransemenmusikdanlagu.blogspot.com
http://pembuatlagumusik.blogspot.co.id
http://www.instagram.com/reyalmusik
http://independent.academia.edu/ReyalMusik
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page2
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page1
http://www.facebook.com/reyalmusik
http://www.facebook.com/reyalmusik2
http://kursuslesmusikmurahjakarta.blogspot.com
http://les2bulan-jagomusik.blogspot.com
http://twitter.com/ReyalMusik
http://www.youtube.com/ReyalMusik
http://www.facebook.com/ReyalMusik.Page3
http://www.facebook.com/ReyalMusikCipayung
http://rekamanmurahhasilpro.wordpress.com
http://videobelajargitarpianobass.blogspot.co.id
http://videobelajargitarbasspiano.wordpress.com
http://reyalmusik.flavors.me


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

12 comments:

  1. makasih..keren artikelnya

    ReplyDelete
  2. LUAR BIASA TIPSNYA KEREN

    ReplyDelete
  3. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. trimaksih atas artikel yg sngat brmnfaat ini, smga saya dbgan mmbca artikel ini bisa mnjadi seorang musisi dunia ,,amin

    ReplyDelete
  7. trimaksih atas artikel yg sngat brmnfaat ini, smga saya dbgan mmbca artikel ini bisa mnjadi seorang musisi dunia ,,amin

    ReplyDelete
  8. artikelnya membantu sekali gan thanks
    http://jellygamat-qnc.xyz/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...