l
<< REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >> << REYAL MUSIK - Studio Rekaman Dan Les Musik Di Jakarta, Biaya Murah Tapi PRO ! >>


Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula / Menengah | Lengkap & Sistemik

Belajar Gitar Dasar (Akustik Dan Elektrik)Belajar gitar atau belajar bermain gitar atau bisa bermain gitar adalah keinginan banyak orang, banyak sekali yang ingin latihan bermain gitar agar bisa piawai atau jago memainkannya.

Namun kebanyakan terkendala dengan cara belajarnya atau metode belajar gitar agar bisa cepat lihai memainkannya, tentunya jika ingin cepat bisa bermain gitar cara terbaiknya adalah ikut program les gitar atau kursus gitar, karena dengan adanya guru akan sangat mempermudah kita untuk cepat menguasai permainan gitar. 

Reyal Musik menawarkan banyak program les musik, termasuk diantaranya kursus gitar. Namun jika anda punya kendala untuk ikut les gitar maka Reyal Musik memberikan anda pelajaran gitar gratis via video belajar gitar / video tutorial gitar yang berjumlah ratusan dan sudah diupload ke channel youtube Reyal Musik.


Video Belajar Gitar

Jika anda memang betul-betul ingin mengetahui cara bermain gitar yang mudah, cepat dan benar maka video-video tutorial yang kami sajikan ini adalah video belajar musik yang fundamental dan sangat penting untuk diketahui terutama untuk para pemula bahkan juga untuk yang menengah.

Ratusan video belajar gitar yang kami upload adalah sharing ilmu yang semoga bisa membantu anda dalam memahami cara bermain gitar yang baik, bagus, sistemik, fundamental serta benar, dengan memahami semua ini anda akan dengan cepat bisa menguasai instrument gitar baik gitar akustik maupun gitar elektrik. Silahkan kunjungi channel youtube Reyal Musik untuk menyimak ratusan tutorialnya, klik gambar dibawah ini.


belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah bermain gitar, cara cepat bermain gitar, teknik dasar bermain gitar, cara belajar gitar, les gitar, kursus gitar

Teknik-Teknik Bermain Gitar

Teknik bermain gitar terbagi menjadi dua tipe :

1. Teknik Fundamental, bersifat harus dikuasai, seperti cara bermain kunci gitar atau chord gitar yang benar, cara memetik gitar atau belajar petikan gitar yang benar, cara menggenjreng gitar atau belajar genjrengan gitar yang benar, cara bermain ritem gitar yang benar, cara bermain melodi gitar yang benar, dan lain-lain.

2. Teknik Lanjutan / Variasi, bersifat tidak wajib dikuasai tapi bisa memainkannya adalah nilai tambah yang sangat baik, serta teknik-teknik lanjutan ini adalah teknik-teknik yang menjadi ciri pemain gitar yang jago, misalkan bisa bermain teknik perkusif gitar, bisa bermain melodi gitar yang cepat, bisa memainkan nada-nada gitar yang musikal (enak didengar), bisa memainkan ritem gitar yang kombinatif dan unik, bisa memainkan kunci-kunci gitar yang rumit / susah, bisa memainkan harmoni dan improvisasi gitar dengan piawai, dan lain-lain.

Kesimpulannya bagi para pemula, harus terlebih dahulu menguasai teknik-teknik dasar atau fundamental dari gitar, setelah itu baru boleh melangkah ke tahap selanjutnya yakni teknik lanjutan, untuk yang menengah, jika teknik fendamental sudah bisa maka silahkan lanjut ke teknik-teknik variasinya karena bisa bermain gitar hanya dengan teknik fundamental masih belum cukup dianggap sebagai seorang gitaris yang ideal.

Isi video belajar gitar / tutorial gitar yang kami share di channel youtube Reyal Musik sudah banyak yang mencakup latihan-latihan gitar dasar seperti belajar petikan gitar, belajar kunci gitar, belajar melodi gitar bahkan sampai ke belajar improvisasi gitar, beberapa video menjelaskan teknik-teknik bermainnya yang sangat sayang jika anda tidak menontonnya. 

Video tutorial gitar terbagi menjadi 2 macam yakni ada yang bersifat umum (bisa dilatih di gitar akustik maupun gitar elektrik, contohnya seperti teknik fingering gitar, belajar kunci gitar mayor dan belajar kunci gitar minor, dan lain-lain), ada juga yang bersifat khusus seperti teknik bermain gitar fingerstyle perkusif yang umumnya dimainkan di gitar akustik atau teknik tapping melodi yang umumnya dimainkan di gitar elektrik, dan lain-lain.



Lebih Efektif Mana, Belajar Gitar Lewat Video Atau Ikut Les Gitar ? 

Sebaik-baiknya belajar adalah lewat ahlinya langsung atau lewat guru, video tutorial sifatnya hanya sebagai pendukung dan pembuka wawasan, sedangkan untuk pendalaman dan penguasaan tentu cara terbaiknya adalah dibimbing oleh ahlinya langsung, karena dengan belajar langsung akan sangat interaktif, efektif dan komprehensif yang semua ini susah didapat jika cuma mempelajarinya via video tutorial.

Jadi dalam hal ini kita wajib objektif bahwa belajar dengan guru adalah cara terbaik belajar gitar atau belajar musik, namun jika ada kendala, bisa diganti dengan belajar otodidak via video tutorial. 

Jika anda berminat les, Reyal Musik menawarkan program yang sistemik, efektif dan komprehensif, bukan cuma belajar instrument, juga belajar cara membuat lirik / syair lagu, cara membuat lagu yang bagus dan enak didengar, teknik aransemen musik hingga belajar produksi musik (rekaman musik).

Untuk info lengkapnya klik Kursus / Les Gitar, Piano Keyboard, Bass, Drum Terbaik Tapi Murah Di Jakarta Timur.



Apa Saja Yang Harus Dikuasai Dalam Permainan Gitar ? 

Secara umum Reyal Musik membagi tahapan besar belajar gitar menjadi 5 tahapan besar diantaranya chord / kunci, ritem, melodi, harmoni dan improvisasi. Jika anda belajar disini, maka 5 tahapan ini harus diikuti jika ingin memiliki skill bermain gitar yang ideal dan komplit. 

Jika anda otodidak (belajar sendiri) maka carilah informasi yang lengkap tentang 5 tahapan diatas, lalu anda coba pelajari pelan-pelan dan harus sistemik (berurut) karena kebanyakan faktor yang menyebabkan seseorang itu gagal memiliki skill atau kemampuan bermain gitar yang baik dan bagus adalah karena tidak mempelajarinya secara sistemik atau tidak memiliki metode belajar yang benar.



Perlukah menambah wawasan musik ?

Ya, sangat. Bahkan penentu utama bagus tidaknya seseorang dalam bermain musik adalah faktor luas tidaknya wawasan musik yang ia miliki. Wawasan musik adalah pengetahuan kita tentang musik terutama seberapa banyak kita mengenal aliran-aliran musik, menghafal lagu / musik, menyerap apapun yang kita dengar, menganalisa musik, dan lain-lain

Seseorang yang belajar gitar namun memiliki wawasan musik yang kurang akan berakibat pada kemampuan inspiratif, variatif, kreatif yang tidak ideal, sebaliknya jika wawasannya bagus, tahu banyak lagu, bisa membedakan genre-genre musik maka ia akan jauh lebih mudah untuk menguasai gitar, mengapa demikian? 

Karena kupingnya sudah terlatih, semakin banyak mendengar maka kemampuan telinga pasti meningkat, ini akan secara otomatis juga meningkatkan kemampuan musikal, feel (rasa) dan soul ( penjiwaan) musik akan kuat, semua ini akan memudahkan dan mempercepat penguasaan instrument gitar

Seseorang yang tahu dan sering mendengar musik pop, rock, jazz, funk, blues, metal, klasik, alternatif, folk, country, RnB, fusion, dll..tentu jiwanya jauh lebih musikal daripada yang hanya mendengar musik pop saja.


Belajar Gitar Akustik Atau Elektrik ? 

Jika anda seorang yang benar-benar pemula, maka bisa memulainya dengan belajar gitar akustik (gitar bolong), atau anda memang lebih menyukai gitar akustik daripada gitar elektrik maka itu terserah pada minat anda. Gitar akustik cocok untuk tipe-tipe permainan yang mandiri (sendiri). 

Sebaliknya jika anda ingin membentuk grup band, maka gitar elektrik adalah pilihan yang tepat, gitar elektrik atau gitar listrik adalah pilihan gitar yang paling pas untuk format band. Secara umum teknik maupun ilmu yang ada di gitar akustik maupun gitar elektrik adalah sama, perbedaannya cuma pada karakter dan musik yang dibawakan serta beberapa teknik-teknik khusus. 

Umumnya jika anda les gitar, anda hanya akan fokus pada pilihan tipikal akustik atau elektrik, Reyal Musik justru menawarkan metode komprehensif, jika anda les disini, anda akan diajarkan teknik-teknik kombinatif yang ada di gitar akustik maupun gitar elektrik sehingga murid-murid disini akan memiliki skill yang fleksibel (luwes), bisa bermain gitar akustik dan elektrik sama baiknya.


Pilihan kembali kepada anda, jika anda ingin cepat bisa bermain gitar dengan metode belajar yang tepat dan benar maka ikut les adalah cara terbaiknya, jika anda ingin belajar sendiri (otodidak) maka menonton video-video belajar gitar adalah cara yang praktis dan bisa membuka wawasan musik anda dan Reyal Musik sudah men-share banyak video-video belajar musik gratis diantaranya video belajar gitar, video belajar piano keyboard, video belajar bass, dan lain-lain.

Apakah via video sudah cukup? cukup untuk starting point (pembuka wawasan), namun jika ingin memperdalam, anda harus dibimbing langsung oleh ahlinya baik via les musik (versi berbayar) atau versi non bayar seperti memiliki teman / kenalan yang jago maka manfaatkan dengan banyak bertanya atau belajar padanya.






( Words by Dani MKD @ReyalMusik )






4 komentar:

silahkan ketik pertanyaan anda jika ingin bertanya atau butuh penjelasan lebih lanjut mengenai postingan artikel ini, admin akan segera merespon dan memberikan jawaban secepatnya, dan mohon untuk tidak spamming di kotak komentar, beriklan atau bertanya diluar topik (out of topic) karena admin akan menghapus hal-hal demikian, terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Contact Form

Name

Email *

Message *